Heboh beruang terlantar di Kebun Binatang Bandung, begini respon Ridwan Kamil

Rappler.com
Heboh beruang terlantar di Kebun Binatang Bandung, begini respon Ridwan Kamil
“Kebun Binatang Bandung itu milik pribadi/yayasan.”

JAKARTA, Indonesia — Walikota Bandung Ridwan Kamil meminta masyarakat tak menyalahkan Pemerintah Kota Bandung atas isu beruang madu yang tak terurus di Kebun Binatang Bandung.

Sebab Kebun Binatang Bandung bukan milik Pemerintah Kota Bandung, melainkan milik pribadi atau swasta. “Kebun Binatang Bandung itu milik pribadi/yayasan,” demikian tulis Ridwan Kamil dalam laman Facebooknya, Kamis 19 Januari 2017.

Seperti diberitakan sebelumnya, beruang madu yang berada di Kebun Bintang Bandung dilaporkan dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Mereka kurus-kurus dan terkesan tak dirawat.

Kondisi beruang-beruang madu tersebut menarik perhatian internasional setelah harian Daily Mail memberitakannya. Daily Mail mengunggah video rekaman beruang-beruang madu tersebut.

Ridwan Kamil mengatakan pihaknya telah menempuh berbagai cara untuk mengatasi persoalan satwa di Kebun Binatang Bandung, mulai dari mengirimkan surat teguran hingga menawarkan mencari investor baru.

(Baca: Melihat lebih dekat beruang madu di Kebun Binatang Bandung, benarkah mereka kelaparan?)

Mereka juga telah mengirimkan surat komplain kepada Kementerian Lingkungan Hidup sekaligus meminta kementerian tersebut bertindak tegas. “Karena tahun lalu ada gajah mati tidak terurus,” tulis Ridwan Kamil.

Selain itu, Ridwan Kamil melanjutkan, surat teguran juga sudah dilayangkan ke yayasan pengelola kebun binatang. Karena isu tak sedap akan adanya pembiaran terhadap satwa mempermalukan nama baik Kota Bandung.

Ridwan Kamil menilai apa yang telah dilakukan Pemerintah Kota Bandung sudah cukup maksimal. Ia tidak bisa menutup atau mencabut izin operasional kebun binatang karena itu bukan domain pemerintah kota.

“Pemberian Izin, teguran hukum atau pencabutan izin operasional semua kebun binatang se-Indonesia itu secara hukum itu kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup melalu BKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam),” tulis Ridwan. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.