Hasil lengkap fase grup Piala Presiden 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hasil lengkap fase grup Piala Presiden 2017
Bagaimana jalannya pertandingan Piala Presiden di babak penyisihan grup?

 

JAKARTA, Indonesia — Untuk memanaskan suasana sebelum kompetisi liga dimulai, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali menggelar turnamen Piala Presiden 2017.

Sebanyak 20 tim yang dibagi ke menjadi 5 grup akan berusaha memperoleh poin terbanyak agar melaju ke babak perempat final. Nantinya, tim yang menjuarai turnamen ini akan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 3 milyar, sementara runner-up akan mendapatkan Rp 2 miliar.

(BACA: Jadwal pertandingan Piala Presiden 2017)

Setelah fase grup usai pada Minggu, 19 Februari, telah terpilih delapan tim yang berlaga di babak 8 besar, yakni lima tim juara grup dan tiga tim runner-up terbaik. Mereka adalah: Mitra Kukar (juara Grup 1), Arema FC (juara Grup 2), Bhayangkara FC (runner-up Grup 2), Persib Bandung (juara Grup 3), Pusamania Borneo FC (juara Grup 4), Sriwijaya FC (runner-up Grup 4), Semen Padang (juara Grup 5), dan Madura United (runner-up Grup 5).

Pengundian untuk pertandingan babak 8 besar rencananya akan dilangsungkan pada Selasa, 21 Februari. (BACA: Hasil lengkap perempat final Piala Presiden 2017)

Bagaimana jalannya pertandingan Piala Presiden di babak penyisihan grup? Berikut laporan lengkapnya:

Minggu, 19 Februari

Grup 5: PSCS Cilacap vs Madura United

Skor akhir: 0-1

Jalannya pertandingan: Madura United memastikan diri melaju ke babak 8 besar Piala Presiden sebagai salah satu dari runner-up terbaik setelah berhasil mengalahkan PSCS Cilacap dalam laga pamungkas di laga fase grup pada Minggu, 19 Februari.

Gol tunggal pembawa kemenangan Madura United dicetak oleh Luiz Junior tiga menit setelah babak kedua dimulai.

Grup 5: Perseru Serui vs Semen Padang

Skor akhir: 0-6

Jalannya pertandingan: Semen Padang mengokohkan posisinya sebagai pemuncak klasemen Grup 5 sekaligus lolos ke babak 8 besar Piala Presiden lewat kemenangan telaknya saat melawan Perseru Serui.

Adalah Marcel Sacramento, penyerang andalan tim Semen Padang yang berhasil membawa kemenangan dengan mencetak hattrick yang terjadi pada menit ke-10, ke-33, dan menit ke-64.

Saat Semen Padang memimpin 2-0, Perseru Serui justru membuat kesalahan lewat gol bunuh diri bek mereka, Boman Aime Irie yang membuat babak pertama berakhir dengan skor 3-0.

Sementara dua gol lainnya masing-masing dicetak oleh Irsyad Maulana pada menit ke-49. Sementara gol penutup dicetak Boas Atururi pada penghujung babak kedua.

Sabtu, 18 Februari

Grup 4: Barito Putera vs Bali United

Skor akhir: 2-1

Jalannya pertandingan: Tuan rumah Grup 4 Bali United gagal melaju ke babak 8 besar Piala Presiden setelah tidak berhasil memetik kemenangan saat menjamu Barito Putera di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Bali United yang membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak berikutnya kalah 2-1 dari Barito Putera. Adalah Nazarul Fahmi yang berhasil mencetak gol pertama untuk Barito Putera pada menit ke-34.

Bali United sempat menyamakan kedudukan lima menit sebelum babak pertama usai lewat gol bek asal Korea Selatan Ahn Byung-keon. Namun gol dramatis pada menit ke-93 dari sundulan Aron Muniz Teixeira mengubah skor menjadi 2-1 untuk kemenangan Barito Putera.

Meskipun menang, Barito Putera tetap tidak lolos ke babak selanjutnya karena kalah selisih gol dari Sriwijaya FC yang berada di peringkat 2 klasemen Grup 4.

Grup 4: Pusamania Borneo FC vs Sriwijaya FC

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Pusamania Borneo FC berhasil lolos otomatis ke babak 8 besar Piala Presiden 2017 setelah menang tipis 1-0 atas Sriwijaya FC.

Gol tunggal bagi tim Pesut Etam dicetak oleh pemain sayap Fandi Ahmad yang berhasil membobol gawang Teja Paku Alam pada menit ke-74.

Ini merupakan kemenangan pertama sekaligus gol satu-satunya bagi Pusamania Borneo FC di turnamen Piala Presiden tahun ini karena mereka selalu mendapatkan hasil imbang 0-0 dalam dua pertandingan sebelumnya.

Sementara Sriwijaya FC harus menunggu nasib apakah mereka akan lolos ke putaran selanjutnya, mengingat hanya 3 tim runner-up terbaik yang akan bertarung di babak 8 besar Piala Presiden.

Jumat, 17 Februari

Grup 3: Persiba Balikpapan vs PSM Makassar

Skor akhir: 1-3

Jalannya pertandingan: PSM Makassar meraih kemenangan pertama sekaligus pembuka harapan untuk melaju ke babak 8 besar Piala Presiden 2017.

PSM Makassar berhasil menang 3-1 atas Persiba Balikpapan lewat gol Hamka Hamzah pada menit ke-6, gol Ghozali Siregar pada menit ke-8, dan gol Wiljan Pluim pada menit ke-20.

Sementara satu-satunya gol Persiba Balikpapan dicetak pada babak kedua oleh Marlon da Silva di menit ke-57.

Dengan hasil ini PSM Makassar berada di peringkat 2 klasemen sementara Grup 3 dan masih memiliki harapan untuk melaju ke babak 8 besar jika menjadi salah satu dari tiga runner-up terbaik.

Grup 3: Persela Lamongan vs Persib Bandung

Skor akhir: 0-2

Jalannya pertandingan: Tuan rumah Persib Bandung tampil meyakinkan di fase penyisihan Grup 3 dengan menyapu bersih seluruh pertandingan dengan kemenangan.

Dalam pertandingan terakhir fase grup, Persib kembali unggul atas Persela Lamongan dengan skor 2-0.

Kemenangan bagi tim asuhan Djadjang Nurjaman kali ini diraih lewat dua gol di babak kedua. Gol pertama dicetak oleh Choirul Huda pada menit ke-68 dan gol Van Dijk pada menit ke-86.

Hasil ini memastikan langkah Persib menuju babak 8 besar Piala Presiden 2017.

Kamis, 16 Februari

Grup 2: PS TNI vs Arema FC

Skor akhir: 0-4

Jalannya pertandingan: Tuan rumah Arema FC berhasil meraih kemenangan kedua sekaligus memastikan langkah menuju babak 8 besar Piala Presiden 2017 setelah menang telak 4-0 atas PS TNI.

Bomber andalan Arema Cristian Gonzales menyumbangkan gol pembuka lewat titik penalti pada menit ke-38. Di babak kedua, pada menit ke-50 Gonzales kembali mencetak gol dan membuat skor sementara berubah menjadi 2-0.

Sementara dua gol lainnya dicetak oleh Dendi Santoso pada menit ke-62 dan Esteban Vizcarra selang empat menit kemudian.

Grup 2: Persija Jakara vs Bhayangkara FC

Skor akhir: 0-1

Jalannya pertandingan: Perjalanan Persija Jakarta di Piala Presiden 2017 berakhir setelah kalah tipis 1-0 dari Bhayangkara FC.

Persija yang butuh hasil seri untuk tetap berada di peringkat dua klasemen sementara Grup 2 sempat menahan imbang tanpa gol Bhayangkara FC. Namun akhirnya Bhayangkara FC unggul dan menyalip posisi Persija di klasemen lewat gol Ilham Udin Armayn pada menit ke-85.

Rabu, 15 Februari

Grup 1: Persegres Gresik vs PSS Sleman

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Persegres Gresik berhasil mempertahankan harapan untuk lolos ke babak 8 besar setelah memetik hasil imbang tanpa gol dari PSS Sleman. 

Sementara PSS Sleman harus terpuruk di posisi buncit klasemen Grup 1.

Persegres bersama dengan Persipura Jayapura sama-sama menduduki peringkat dua klasemen dengan jumlah poin dan agregat gol yang sama. Runner-up grup nantinya akan diundi.

Grup 1: Mitra Kukar vs Persipura Jayapura

Skor akhir: 0-1

Jalannya pertandingan: Mitra Kukar menelan kekalahan pertamanya di Piala Presiden 2017 dalam pertandingan melawan Persipura Jayapura.

Namun, meski Persipura berhasil menang tipis 1-0 lewat gol Marinus Mariyanto Wanewar mereka masih harus menunggu keputusan untuk lolos ke babak 8 besar. Pasalnya, Persipura memiliki jumlah poin dan gol yang sama dengan Persegres Gresik dan sama-sama menduduki posisi runner-up grup.

Selasa, 14 Februari

Grup 5: Semen Padang vs PSCS Cilacap

Skor akhir: 5-0

Jalannya pertandingan: Semen Padang mengukuhkan posisi sebagai pemuncak klasemen Grup 5 setelah kemenangan besar 5-0 atas PSCS Cilacap.

Vendry Mofu membuka kemenangan Semen Padang sekaligus mencetak dua gol, masing-masing pada menit ke-45 dan menit ke-71.

Sementara tiga gol lainnya dicetak oleh Riko Simanjuntak pada menit ke-48, Marcel Silva Sacramento pada menit ke-59, dan Rudi pada menit ke-79.

Grup 5: Madura United vs Perseru Serui

Skor akhir: 3-2

Jalannya pertandingan: Kejar mengejar skor terjadi dalam pertandingan seru antara Madura United melawan Perseru Serui.

Madura United unggul terlebih dahulu lewat gol Greg Nwokolo pada menit ke-27. Tiga menit kemudian, Perseru Serui menyamakan kedudukan lewat gol Delvin Rumbino.

Pada babak kedua, Madura United kembali memimpin lewat eksekusi penalti dari Fabiano Beltrame pada menit ke-59. Madura United pun sempat unggul 3-1 pada menit ke-72 lewat gol kedua dari Greg Nwokolo.

Gol penutup pertandingan untuk Perseru Serui dicetak oleh Boman Irie Aime di penghujung pertandingan dan membuat skor berubah menjadi 3-2.

Senin, 13 Februari 2017

Grup 4: Bali United vs Pusamania Borneo

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Duel yang berakhir 0-0 di tengah hujan lebat ini membuat persaingan di Grup 4 semakin ketat. Sebab, belum ada tim yang benar-benar aman mengunci tiket menuju babak 8 besar.

Sriwijaya FC saat ini jadi pemuncak klasemen sementara dengan koleksi 4 poin setelah menang tipis 2-1 atas Barito Putera. Diikuti Bali United dan Pusamania Borneo FC dengan koleksi masing-masing 1 poin.

Grup 4: Sriwijaya FC vs Barito Putera

Skor akhir: 2-1

Jalannya pertandingan: Memasuki injury time babak pertama, Sriwijaya FC memanfaatkan kelengahan barisan belakang dan tengah Barito. Tembakan jarak jauh gelandang Slamet Budiyono gagal dicegat oleh pemain lawan dan mengalir deras ke gawang yang dikawal Adhitya Harlan.

Di babak kedua, Sriwijaya mampu menggandakan skor melalui gol Hilton Moreira pada menit ke-61. Sedangkan Barito baru mencetak gol penghibur pada menit ke-81. 

Minggu, 12 Februari 2017

Grup 3: Persib Bandung vs Persiba Balikpapan

Skor akhir: 3-1

Jalannya pertandingan: Persib memastikan diri melaju ke babak perempat final. Tambahan 3 poin dari kemenangan ini membuat Maung Bandung memimpin klasemen grup 3 sementara.

Gol Marlon Da Silva di menit ke-5 membuat Persiba unggul lebih dulu. Gol balasan terjadi melalui titik putih di mana Sergio Van Dijk menjadi eksekutornya. Skor 1-1 hingga turun minum.

Persib dapat 1 tambahan gol dari Sergio. Febry Dan menutup kemenangan Persib 3-1 pada menit ke-59.

Grup 3: PSM Makassar vs Persela Lamongan

 

Skor akhir: 1-2

 

Jalannya pertandingan: Persela menambah 3 poin di papan klasemen dan berpeluang maju ke perempat final Piala Presiden 2017. Sedangkan PSM duduk di posisi kunci klasemen masih tanpa poin.

 

Satu gol di babak pertama dicetak oleh pemain PSM, Pouya Hosseini, di menit ke-18. 

 

Pada menit ke-73, pemain Persela, Hardianto, yang baru masuk menggantikan Eka Ramdani, berhasil membobol gawang PSM. Skor menjadi 1-1. Pendukung Persela kembali bersorak karena di menit ke-80 gol kedua kembali tercipta. Lagi-lagi oleh Hardiyanto. 

 

Sabtu, 11 Februari 2017

Grup 2: Bhayangkara FC VS PS TNI

Skor Akhir: 2-1

Jalannya Pertandingan: Bhayangkara menekan semenjak awal pertandingan. Tembakan jarak jauh Antoni Putro Nugroho di menit ke-6 sudah membuat ancaman bagi PS TNI.

Jajang Mulyana berhasil mencetak gol ke gawang PS TNI pada menit ke-28 memanfaatkan crossing Dendy Setiawan. Namun, pada menit ke-36 PS TNI berhasil menyamakan kedudukan melalui titik putih yang dieksekusi oleh Manahati Lestusen.

Gol tersebut kemudian langsung dibalas oleh Evan Dimas pada menit ke-40 melalui tendangan bebas. Skor 2-1 menutup babak pertama hingga akhir pertandingan. 

Grup 2: Arema FC VS Persija Jakarta

Skor Akhir: 1-1

Jalannya Pertandingan: Pertandingan baru berjalan 10 menit, namun Persija langsung membuka keunggulan lewat sepakan Jonathan Mariano yang tidak mampu ditepis Kurnia Meiga. Skor 1-0 untuk Persija. 

Beberapa menit berselang, Arema berhasil menciptakan gol balasan yang dicetak oleh Gonzales. Gonzales berhasil meyundul bola pantulan tendangan sudut dan menciptakan gol. Skor 1-1 bertahan sampai akhir pertandingan. 

Kamis, 9 Februari 2017

Grup 1: PSS Sleman VS Mitra Kukar

Skor Akhir: 3-3

Jalannya Pertandingan: PSS Sleman sempat unggul 3-0 dari Mitra Kukar, tetapi laga harus berakhir imbang. Gol pertama PSS Sleman dicetak oleh  Imam Bagus Kurnia pada menit ke-17. Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama. 

Di babak kedua, PSS Sleman berhasil menambah keunggulan lewat dua gol Rizki Novriansyah di menit ke-58 dan ke-66. 

Adapun, satu menit berselang Mitra Kukar berhasil merubah skor menjadi 3-1 lewat gol Aldino Herdiyanto. Dua gola lainnya dicetak oleh Jorge Gotor di menit ke-69 dan gol kedua Aldino di menit 90+2. 

Grup 1: Persipura Jayapura VS Persegres Gresik

Skor Akhir: 1-2

Jalannya Pertandingan: Persegres Gresik berhasil mencuri keunggulan di menit ke-45 lewat gol Jecky Arisandi. Jecky berhasil mengecoh dua pemain Persipura sebelum melesakkan tendangan keras dari kaki kiri. 

Di menit ke-55 Tinus Pae berhasil mencetak gol penyeimbangan setelah bekerja sama dengan Pugliara. Persegres kemudian berhasil mencetak gol kedua melalui tendangan keras Rasyid Yugiantoro. Skor 1-2 untuk kemenangan Persegres bertahan hingga akhir. 

Rabu, 8 Februari 2017

Grup 5: Perseru Serui VS PSCS Cilacap

Skor Akhir: 0-1

Jalannya Pertandingan: PSCS berhasil membuka keunggulan di menit ke-44 melalui tendangan voli Arif Yulianto memanfaatkan umpan dari bola mati.

Sebenarnya PSCS memiliki kesempatan untuk menggandakan kedudukan di menit ke-45 melalui Rohiawan. Namun bola yang disambut tendangannya berhasil berhasil dihalau dan menjadi tendangan sudut.  

Grup 5: Madura United VS Semen Padang

Skor Akhir: 0-1

Jalannya Pertandingan: Semen Padang menekan di awal pertandingan. Salah satunya melalui tendangan Marcel Sacramento yang masih bisa diselamatkan kiper Madura United. 

Setelah beberapa menit awal, giliran Madura United yang tampil agresif. Bayu Gatra mendapat kesempatan emas di menit ke-19, namun gagal menciptakan gol. Madura United bermain agresif, namun selalu gagal pada sentuhan akhir.

Setelah ditekan cukup lama, Semen Padang berhasil mencuri kesempatan. Hasilnya adalah gol dari Vendry Mofu melalui kerja sama dengan satu dua dengan Syamsul Bahri.

Selasa, 7 Februari 2017

Grup 4: Pusamania Borneo VS Barito Putra

Skor Akhir: 0-0

Jalannya Pertandingan: Babak pertama berjalan alot karena tidak ada peluang emas yang dihasilkan kedua tim. Ini dikarenakan kedua tim saling bermain disiplin. 

Di babak kedua, peluang emas mulai tercipta. Menit ke-52  Pusamania hampir memimpin andaikan sontekan kaki kanan Fandhy Ahmad tidak melebar di sisi gawang Shahar Ginanjar. 

Peluang emas juga didapatkan oleh Barito Putra. Sprint diikuti tendangan yang dilesakkan Rizky Pora pada menit ke-74 masih bisa digagalkan oleh kiper Wawan Hendrawan. 

Grup 4: Bali United VS Sriwijaya FC

Skor Akhir: 2-2

Jalannya Pertandingan: Kedua tim bermain sengit dalam pertandingan ini. Sriwijaya yang bermain menyerang berhasil membuka keunggulan di menit ke-7 melalui Hiton Moreira. Alih-alih unggul, gol tersebut langsung dibalas Bali United melalui Marcos Flores di menit ke-28 dan Abdul Rahman di menit ke-33.

Skor 2-1 untuk Bali United bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, jual beli serangan tetap terjadi. Kemenangan Bali United yang sudah di depan mata kandas karena Alberto Goncalves berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-87.

Senin, 6 Februari 2017

Grup 3: Persiba Balikpapan VS Persela Lamongan

Skor Akhir: 1-0

Jalannya Pertandingan: Jual-beli serangan terjadi di sepanjang pertandingan. Pemain Persiba, Masahito Noto bermain impresif di lini tengah. 

Pada babak kedua Persiba berhasil melesakkan gol melalui tendangan penalty yang sukses dieksekusi oleh Marlon Da Silva. 

Menit ke-79 Persiba harus rela bermain dengan 10 orang setelah Abdul Rachman diganjar kartu kuning kedua. Kendati demikian, hujan serangan dari Persela tidak dapat mengubah kedudukan. Skor 1-0 untuk kemenangan Persiba bertahan hingga laga usai.  

Grup 3: Persib Bandung VS PSM Makassar

Skor Akhir: 1-0

Jalannya Pertandingan: PSM menekan jalannya pertandingan di menit-menit awal. Sayang, sepakan akrobatik Rasyid Bakri di detik ke-30 gagal menorehkan gol. 

Dari kubu Persib, permainan Matsunaga Shohei cukup impresif. Operasinya di sisi kiri cukup merepotkan pemain Persib, terutama dalam mengantisipasi crossing. Skor kaca mata bertahan hingga babak pertama usai. 

Masuk babak kedua, Vujovic berhasil menyarangkan bola ke gawang PSM Makassar memanfaatkan sepak pojok Dedi Kusnandar. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Minggu, 5 Februari

Grup 2: Persija Jakarta vs PS TNI

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Persija mampu meraih 3 poin saat melawan dengan PS TNI di Stadion Maguharjo Sleman.

Gol telat Rudi Widodo pada injury time memastikan kemenangan bagi Macan Kemayoran, setelah di babak pertama kedua tim hanya bermain imbang tanpa gol. 

PS TNI mendapat peluang emas di titik putih di menit 28. Namun, eksekusi Mamadou Berry mampu ditepis Andritany. 

Grup 2: Arema FC vs Bhayangkara FC

Skor akhir: 2-0

Jalannya pertandingan: Arema FC membuka kemenangan perdana atas tamunya, Bhayangkara FC, 2-0 yang digelar di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Malang.

Dua gol Arema yang merobek jala gawang Bhanyangkara FC yang dikawal Wahyu Tri Nugroho itu dilesakkan Esteban Vizcarra pada menit ke-60 dan Dendy Santoso pada menit ke-75.

Sabtu, 4 Februari

Grup 1: Mitra Kukar vs Persegres United

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Mitra Kukar menang tipis 1-0 atas Persegres Gresik United dalam pertandingan pertama mereka di Grup 1. 

Hasil tersebut mengantarkan Mitra Kukar memuncaki klasemen sementara Grup 1 dengan nilai 3, diikuti Persipura Jayapura dan PSS Sleman yang mendapatkan poin satu.

Mitra Kukar membuka keunggulan menjelang babak pertama berakhir. Tendangan bebas Inkyun membentur kepala pemain Persegres, sehingga membuat kiper terkecoh. Alhasil bola bersarang di gawangnya.

Grup 1: PSS Sleman vs Persipura Jayapura

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Persipura menguasai bola sepanjang permainan. Namun, mereka tetap tidak bisa membobol lini pertahanan PSS Sleman.

Sebenarnya, di babak pertama, kapten Persipura, Boaz Solossa sempat membuat gol cepat di awal babak pertama. Tetapi, golnya terpaksa dianulir oleh wasit karena dilakukan di dalam posisi off side. Sepanjang babak pertama, tim Persipura terus menggempur pertahanan tim berjuluk Elang Jawa itu, namun tidak berhasil. 

Memasuki babak kedua, posisi serangan nyaris tak berubah hingga peluit panjang ditiup oleh wasit. Baca selengkapnya pertandingan antara PSS Sleman dengan Persipura di sini

 —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!