5 hal tentang ‘Academy Awards 2017’

Rappler.com
5 hal tentang ‘Academy Awards 2017’
‘Academy Awards’ tahun ini akan berlangsung di Dolby Theatre, Holllywood, pada Minggu, 26 Februari atau Senin, 27 Februari waktu Indonesia

JAKARTA, Indonesia – Setiap tahunnya, pelaku industri film dari seluruh dunia berkumpul di ajang Academy Awards.  Tahun ini, Academy Awards akan diselenggarakan hari Minggu, 26 Februari waktu setempat atau Senin, 27 Februari waktu Indonesia.

Ajang penghargaan ini akan diramaikan dengan penampilan Justin Timberlake, John Legend dan Lin-Manuel Miranda.

Berikut 5 hal yang harus kamu ketahui tentang ajang penghargaan tertinggi bagi industri film dunia ini.

Pembawa acara

Setelah Chris Rock, kini giliran Jimmy Kimmel menjadi pembawa acara Academy Awards 2017. Nama Jimmy Kimmel dikenal luas oleh publik sebagai pembawa acara acara bincang-bincang Jimmy Kimmel Live yang tayang di stasiun ABC.

Pihak Academy Awards mengumumkan pembawa acara mereka pada tanggal 6 Desember 2016 lalu melalui akun Instagram resminya, @theacademy.

Sebelumnya, Jimmy Kimmel sempat menjadi pembawa acara ajang penghargaan bagi insan televisi, Emmy Awards, pada tahun 2012 dan 2016, serta acara pesta After the Oscars 2016 yang rutin diselenggarakan setelah ajang penghargaan Academy Awards berlangsung.

Penampilan para bintang

Usai mengumumkan lima nominasi Best Original Song, pihak Academy Awards kemudian mengkonfirmasi empat artis dari nominasi tersebut akan tampil di atas panggung.

Keempat artis tersebut adalah Justin Timberlake yang akan menyanyikan Can’t Stop The Feeling dari film Trolls, John Legend yang akan menyanyikan City of Stars dan Audition (The Fools Who Dream) dari film La La Land, Sting yang akan menyanyikan The Empty Chair dari film Jim: The James Foley Story dan Auli’i Cravalho bersama Miranda yang akan menyanyikan How Far I’ll Go dari film Moana.

Peraih nominasi terbanyak

Film La La Land menjadi film yang meraih nominasi terbanyak pada ajang Academy Awards tahun ini. La La Land memastikan namanya dalam empat belas nominasi sekaligus. Sementara itu, film Manchester By The Sea mendapatkan sembilan nominasi. Film Passengers yang sempat menuai kritik negatif pun mendapatkan 2 nominasi.

(BACA: Daftar lengkap nominasi ‘Academy Awards 2017’)

Tanpa disangka, aktris Amy Adams yang tadinya diprediksi akan mendapatkan nominasi dalam ajang penghargaan tersebut ternyata tidak mendapatkan nominasi atas namanya, meskipun film Arrival masuk ke dalam tujuh nominasi tahun ini.

Ada pula beberapa prediksi lain, seperti Martin Scorsese dalam film Silence, Finding Dory, Deadpool dan Tom Hanks dalam film Sully, yang luput dari daftar nominasi Academy Awards 2017.

Prediksi pemenang

Jika dilihat dari daftar pemenang The Golden Globes dan BAFTA tahun ini, sepertinya film La La Land juga akan meraih banyak piala dalam ajang Academy Awards 2017, terutama pada kategori Best Cinematography, Best Sound Editing, Best Sound Mixing dan Best Original Song.

Kontroversi tahun lalu

Pihak Academy Awards mengganti proses pemungutan suara dalam menentukan pemenang setelah adanya protes terhadap ajang penghargaan ini pada tahun 2016 dengan tagar #OscarsSoWhite.

Protes tersebut menyerang pihak panitia yang dianggap sangat rasis terhadap pelaku industri film berkulit hitam yang mendapatkan sedikit sekali nominasi dalam Academy Awards 2016. Namun, aktris, sutradara dan produser Jada Pinkett Smith memberikan pujiannya terhadap daftar nominasi Academy Awards 2017 yang membawa film Hidden Figures, Fences dan Moonlight untuk ikut berkompetisi bersama peraih nominasi lainnya.

Ajang penghargaan Academy Awards 2017 akan diselenggarakan di Dolby Theatre, Hollywood, Amerika Serikat, pada Minggu, 26 Februari pukul 20.30 waktu setempat. Sementara itu, sesi karpet merah akan diselenggarakan satu setengah jam lebih awal pada pukul 19.00 waktu setempat.

Anda dapat menyaksikan siaran langsung acara ini di Tanah Air lewat saluran HBO, HBO Go dan HBO Asia pada hari Senin, 27 Februari mulai pukul 07.00 Waktu Indonesia Barat untuk sesi karpet merah dan pukul 08.30 untuk acara penganugerahannya.

Pantau akun media sosial Academy Awards di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan informasi terbaru seputar ajang penghargaan ini. -Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.