Ragam fakta menarik tentang ‘Academy Awards’

Rappler.com
Ragam fakta menarik tentang ‘Academy Awards’

AFP

Ada 3 judul film yang sukses memenangkan 11 Piala Oscar

JAKARTA, Indonesia – Para pesohor Hollywood berkumpul hari ini di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, untuk merayakan ajang pemberian penghargaan di bidang akting, penulisan film dan pembuatan film, Academy Awards ke-89.

Di setiap gelarannya, Academy Awards selalu sukses memberi kejutan. Baik itu soal pemenang, yang tidak menang dan momen-momen terbaik selama penyelenggaraaan acara sejak gelaran ini dimulai pada tahun 1929. Hingga kini, sekitar 3000-an Piala Oscar telah dibagikan selama 89 tahun.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Academy Awards

Yang tertua dan termuda

– Penerima Piala Oscar termuda adalah Shirley Temple (5 tahun) di tahun 1934, meski sebenarnya yang diterimanya adalah piala penghargaan untuk aktris cilik. Yang benar-benar memenangkan Piala Oscar di usia termuda adalah Tatum O’Neal, yang berusia 10 tahun saat meraih juara di kategori best supporting actress atas aktingnya di film Paper Moon (1974).

– Pemenang tertua adalah aktor Christopher Plummer, yang  berusia 82 tahun saat membawa pulang Piala Oscar tahun 2012 untuk kategori best supporting actor di film Beginners. Sementara pemenang tertua di kategori best actor adalah Henry Fonda di film On Golden Pond (1982) di usia 76 tahun.

– Nominator tertua adalah Gloria Stuart, yang meraih nominasi atas perannya sebagai Rose tua di fim Titanic (1997). Ia berusia 87 tahun saat menerima nominasi tersebut.

– Anak dan orang tua yang pernah memenangkan Oscar adalah LIza Minelli, yang menang best actrees di film Cabaret (1973) dan ibunya, Judy Garland yang menerima Oscar kehormatan di tahun 1939 dan ayahnya, Vincente Minelli yang menang best director tahun 1958.

Yang menang dan yang kalah

– Tiga film sukses memenangkan 11 Piala Oscar adalah Lord of the Rings: The Return of the King (2003), Titanic (1997) dan Ben-Hur (1959). Sementara Titanic, All About Eve (1950) dan La La Land (2016) sama-sama memegang rekor untuk nominasi terbanyak, 14 nominasi.

– Satu-satunya film yang berhasil menyapu bersih semua piala di semua nominasinya adalah The Return of the King. Sementara tiga lainnya”, It Happened One Night (1934), One Flew Over the Cuckoo’s Nest (1975) dan The Silence of the Lambs (1991) memenangkan piala di kategori “big five” yakni best picture, actor, actress, director dan screenplay.

– Bintang yang memiliki Piala Oscar terbanyak adalah Katharine Hepburn, yang memenangkan best actrees di tahun 1934, 1968, 1969 dan 1982. Daniel Day-Lewis memenangkan tiga piala.

– Meryl Streep memegang rekor sebagai nominator terbayak, tepatnya 20 nominasi. Dia dan aktor Jack Nicholson, yang pernah meraih 12 nominasi, masing-masing memiliki dua piala, untuk kategori pemeran utama dan pemeran pembantu.

– Sosok di industri perfilman yang paling banyak menerima Oscar adalah Walt Disney, tepatnya sebanyak 22 piala, ditambah empat piala kehormatan.

Sound engineer Kevin O’Connell hadir di Academy Awards tahun ini dengan nominasi ke-21. Di semua kategori itu, ia kalah, dimulai dari tahun 1983 di film Terms of Endearment. Karena itu ia dijuluki “nominator tersial sepanjang sejarah”. Namun akhirnya tahun ini O’Connell sukses menyudahi “kesialannya” dan membawa pulang Piala Oscar dengan memenangkan kategori Sound Mixing di film Hacksaw Ridge.

Serba-serbi

– Pidato terpanjang adalah milik Greer Garson, best actress tahun 1942 untuk aktingnya di film Mrs. Miniver. Dia menyampaikan pidato selama hampir tujuh menit lamanya.

– Anohni, penyanyi grup Antony and the Johnsons, penyanyi transgender pertama yang pernah dinominasikan di Oscar, membokiot Oscar tahun lalu setelah ia diminta untuk tidak tampil. Padahal ia turut bersaing di kategori best original song untuk lagu Manta Ray di film dokumenter Racing Extinction.

– Sekitar 3000 Piala Oscar telah dibagikan sejak tahun 1929 dan diperlukan wkatu sekitar tiga bulan untuk memproduksi 50 piala.

– Orang pertama yang menolak Piala Oscar adalah Dudley Nichols yang menang best screenplay tahun 1935 di film The Informer, meski ia kemudian menerimanya di tahun 1938. Tahun 1973, aktor Marlon Brando mengirimkan seorang perempuan Native American bernama Sacheen Littlefeather untuk membacakan pernyataan penolakan Piala Oscar untuk atingnya di film The Godfather.

BACA JUGA:

-dengan laporan Frankie Taggart/AFP/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.