Pulau Bali siap terima kedatangan Raja Salman

Iwan Setiadharma
Pulau Bali siap terima kedatangan Raja Salman
Rombongan telah memesan 5 hotel mewah di kawasan Nusa Dua. Raja Salman akan menginap di Hotel St. Regis.

JAKARTA, Indonesia – Raja Salman akhirnya menuntaskan kunjungan kerjanya di Jakarta yang telah berlangsung sejak Rabu kemarin. Pemimpin berusia 81 tahun itu akan melanjutkan perjalanan menuju Brunei Darussalam pada Sabtu, 4 Maret dan berada di sana selama beberapa jam.

Setelah itu, dia akan kembali ke Indonesia dan berlibur di Pulau Bali hingga tanggal 9 Maret. Semua persiapan untuk menyambut kedatangan Raja Salman telah rampung baik itu penjemputan, transportasi maupun akomodasi.

Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta mengatakan pihaknya sudah melakukan gladiresik sebanyak tiga kali untuk memastikan semua berjalan lancar. Sudikerta menjelaskan, saat mendarat nanti, Raja Salman akan disambut oleh Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, Kapolda Bali, Pangdam IX/Udayana, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Bali, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan perwakilan dari umat lintas agama.

Raja akan disambut oleh 50 penari cilik yang menarikan tari Pendet. Tari pendet yang ditampilkan tidak ada perubahan, tetap dengan mengenakan busana seperti biasa. Nantinya, tarian itu akan diiringi dengan alat musik gamelan.

“Jika dilihat asal usul penciptaannya memang dibuat untuk penyambutan tamu agung,” ujar Sudikerta.

Sementara, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika mengatakan seluruh pejabat yang menyambut Raja Salman akan mengenakan pakaian adat Bali. Menurut Pastika kunjungan Raja bukan sesuatu yang terlalu mengejutkan. Oleh sebab itu, dia meminta agar warga tetap santai.

“Jangan terlalu tegang. Bali itu sudah bisa menerima tamu, jadi santai saja,” ujar Pastika.

Dia memastikan ke mana pun rombongan Raja Salman berlibur maka pengawalan keamanan dipastikan akan terjaga dengan baik. Pastika juga mengaku telah menyiapkan cindera mata khusus untuk sang Raja.

“Ya, (cindera mata) ada macam-macam. Salah satunya lukisan,” kata dia.

Tidak tutup akses pantai

 

PANTAI GEGER. Wisatawan beraktivitas di Pantai Geger, Nusa Dua, Bali, Kamis, 2 Maret. Foto oleh Fikri Yusuf/ANTARA

Selama berada di Bali, rombongan Raja telah memesan lima hotel. Raja Salman akan menginap selama enam hari di Hotel St. Regis.

Director of Loss Prevention St. Regis Made Dila mengatakan akan ada dekorasi khusus di kamar Raja Salman yang berada di lantai enam.

“Salah satunya karpet, karena (ini) kunjungan VVIP kepala negara,” kata Dila pada Kamis, 2 Maret.

Dia juga mengatakan selama kehadiran Raja, pihak hotel tidak akan menutup akses Pantai Geger yang berada di belakang hotel. Namun, dia menegaskan penjagaan akan difokuskan di kawasan privatisasi pantai yang sudah dibatasi.

Dila menjelaskan sejauh ini tidak ada permintaan khusus dalam hal penyajian makanan. Juru masak pun, kata Dila disediakan dari Hotel St. Regis.

“Sejauh ini tidak ada permintaan makanan. Jangan spekulasi terlalu jauh. Sebagai warga Bali, kami merasa bangga karena menjadi destinasi seorang raja,” tutur dia.

Managing Director Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Wayan Karioka mengatakan Hotel St. Regis telah dipesan sepenuhnya untuk kunjungan Raja Saudi dan rombongannya pada tanggal 4-13 Maret. Raja Salman akan menginap di Bali hingga tanggal 9 Maret, sedangkan sisa waktu 4 hari digunakan untuk mengosongkan barang logistik yang dibawa oleh rombongan Raja.

Sewa ratusan mobil mewah

MOBIL MEWAH. Seorang pria melintas di dekat deretan mobil yang akan digunakan rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud di kawasan Nusa Dua, Bali, Kamis, 2 Maret. Sekitar 360 mobil mewah berbagai jenis disiapkan untuk digunakan oleh rombongan Raja Salma. Foto oleh Fikri Yusuf/ANTARA

Rombongan Raja Salman diketahui juga telah menyewa ratusan mobil mewah untuk keperluan mereka berlibur selama enam hari. Kendaraan itu terdiri dari mobil Toyota Alpard, Mercy dan Land Cruiser.

“Kalau (Toyota) Alphard sekitar 100 unit, Mercy yang disewa ada 20 unit. Ini belum termasuk sewa 20 bus yang berisi 45 kursi per bus serta 45 truk untuk mengangkut barang-barang Raja Salman dan rombongan,” ujar Ketua DPP Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies Denpasar, Ketut Ardana seperti dikutip media.

Rombongan diketahui juga telah memesan beberapa mobil limusin. Kendaraan yang disewakan itu tidak hanya berasal dari Bali. Ada juga yang diambil dari Pulau Jawa.

Selama berada di Bali, tidak diketahui ke mana saja mereka akan menghabiskan waktu berlibur. Namun, menurut informasi, salah satu tujuan pariwisata yang akan dikunjungi adalah daerah Ubud.

Sementara, terkait pengamanan ring pertama diisi oleh pengawal Raja Saudi. Paspampres akan mengisi di ring kedua.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya berharap dengan kunjungan Raja Salman ke Pulau Dewata bisa turut mendongkrak jumlah turis asal Timur Tengah untuk berlibur di pulau berjuluk 1.000 Pura tersebut. – dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.