‘Twenty: The Moment in Jakarta’: Merayakan 20 tahun karier So Ji Sub

Rappler.com
‘Twenty: The Moment in Jakarta’: Merayakan 20 tahun karier So Ji Sub
So Ji Sub sukses menggelar fan meeting bertajuk 'Twenty: The Moment in Jakarta', Jumat, 7 April

JAKARTA, Indonesia – Teriakan kencang para penggemar membahana di Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jumat, 7 April. Waktu sudah menunjukkan nyaris pukul 20.00 WIB. Para penggemar yang mayoritas perempuan pun sudah tak sabar menunggu kemunculan sang idola, So Ji Sub.

Malam itu, untuk kali pertama, bintang asal Korea Selatan ini menggelar fan meeting di Jakarta yang diberi tajuk Twenty: The Moment in Jakarta atas inisiasi promotor Mecima Pro yang sudah berpengalaman menggelar konser atau fan meeting para selebriti Korea di Indonesia.

Dua jam sebelum acara digelar, kerumunan penggemar sudah mulai memadati venue. Mereka siap menyambut penampilan perdana aktor sekaligus penyanyi berusia 39 tahun ini. Bahkan tak hanya dari Indonesia lho, banyak penggemar datang dari negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand dan Filipina.

Sosok pemalu

Sebelum kemunculan sang idola, penonton diajak menyanyikan lagu Indonesia Raya. Semua berdiri dan bernyanyi bersama dan diakhiri dengan tepukan riuh.

Suasana di dalam Kasablanka Hall bertambah meriah ketika sesosok siluet raksasa ditampilkan di atas panggung. Tiba-tiba, tirai bertuliskan “So Ji Sub Fan Meeting, Twenty: The Moment in Jakarta” jatuh dan muncullah sosok So Ji Sub yang berpostur tinggi dan tampil dengan setelan jas hitam yang super rapi.

Seketika, teriakan histeris penggemar pun menggelegar di dalam ruangan. “Oppaaaaa…Ahjussi…Sarangheyooo!”. Semua berebut berteriak berharap So Ji Sub membalas.

Dengan santun So Ji Sub berjalan dari satu sisi panggung ke sisi lainnya dan membungkuk sebagai penghormatan pada para penggemar.

Didampingi penerjemah, So Ji Sub menyapa penggemarnya. “Baru pertama kali saya ke Jakarta dan saya baru pertama bertemu Anda semua. Saya ingin Anda semua menikmati acara ini. Seperti juga Anda yang ingin bertemu dengan saya, saya pun ingin bertemu dengan Anda semua. karena itu saya mengunjungi banyak negara untuk bertemu penggemar,” ujar So Ji Sub.

Didampingi penerjemah, So Ji Sub menyapa dan berinteraksi dengan penggemarnya di Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jumat, 7 April. Foto oleh Yetta Tondang/Rappler.

Meski berperawakan tegap, tinggi dan maskulin, namun So Ji Sub mengaku tidak pandai merangkai kata dan berbicara di depan banyak orang. “Karena itu, saya sudah mempersiapkan video untuk kalian semua,” katanya lagi.

Video yang dimaksud memperlihatkan perjalanan karier So Ji Sub selama 20 tahun di industri hiburan. Tak hanya itu, video eksklusif yang hanya bisa disaksikan di gelaran fan meeting ini juga mengajukan beberapa pertanyaan trivia soal pilihan-pilihan So Ji Sub.

Salah satu yang menarik saat pertanyaan, “Saat berakting, lebih memilih adegan di ranjang (bed scene) atau adegan ciuman (kissing scene)?” So Ji Sub pun menjawab, “Pada saat syuting pertama kali bersama lawan jenis, saya milih bed scene. Karena kalau udah milih bed scene, selanjutnya sudah lebih enak.” Jawaban ini pun sontak membuat penonton heboh.

“Memangnya kalian semua berpikir apa, sih?,” kata So Ji Sub tersipu malu.

“Kapan nikah?”

Ingin berinteraksi dengan penggemar secara langsung, So Ji Sub pun meladeni beberapa pertanyaan dari pengunjung yang hadir. Dengan lugas, pemeran di serial Oh My Venus itu mengaku tidak akan membatasi diri dan akan menjawab semua pertanyaan.

Bahkan saat seorang penggemar bertanya, “Ahjussi, kapan menikah?”. So Ji Sub yang tersipu membalasanya dengan santun. “Saya memang sudah berumur, jadi ada, sih kepikiran. Tapi saat ini belum ada rencana,” ujarnya.

Meski baru tiba di Jakarta Jumat, 7 April dini hari, So Ji Sub pun mengaku sudah mencicipi makanan khas Indonesia. “Hari ini sebelum bertemu dengan Anda semua, saya di belakang panggung ada makan nasi goreng Indonesia.”

Bingkisan spesial

Seperti kebiasaan So Ji Sub saat menggelar fan meeting, ia akan selalu menyiapkan bingkisan khusus buatan tangannya sendiri untuk penggemar terpilih. Jika sebelumnya ia pernah membuat lilin aromaterapi, kini So Ji Sub sudah meracik parfum miliknya sendiri yang diberi label Twenty.

Omong-omong, saat ditanya mengapa memilih judul Twenty: The Moment in Jakarta sebagai tajuk fan meeting kali ini, So Ji Sub menjawab, “Ini sebagai tanda karier saya yang sudah berjalan 20 tahun. Dan kalau di Korea, usia 20 tahun itu penanda kedewasaan seseorang,” tambahnya.

So Ji Sub sendiri memilih nomor bangku penggemar yang beruntung mendapatkan parfum hasil racikannya sendiri. Bahkan dengan sopan, ia menjemput sang penggemar terpilih dari sisi panggung untuk naik bersamanya. Setelah selesai bercakap-cakap di panggung, ia pun mengantarkan sang penggemar turun dari panggung. What a gentleman!

Tak hanya parfum, aktor yang bersiap merilis film The Battleship Island ini menyiapkan dua bingkisan spesial bagi penggemar yang sudah diacak dari nomor kursi. Lagi-lagi ia menunjukkan kesantunannya saat berinteraksi dengan para penggemar.

Oh iya, So Ji Sub pun mengambil kesempatan untuk selfie bersama penggemar, lho! “Wah, saya sebenarnya tidak pandai mengambil gambar,” katanya sambil berusaha mengambil gambar dengan selfie stick. Semua penggemar pun bersemangat berfoto bersama sang idola.

Hip-hop yang bikin “pecah”

Memasuki segmen kedua fan meeting, suasana lebih cair. So Ji Sub pun kembali hadir dengan tampilan lebih kasual. Tandanya, ia akan mulai menghibur penonton dengan lagu-lagu dari genre hip-hop ditambah aksi nge-rap.

So Ji Sub tampil kasual di segmen kedua fan meeting, di mana ia beraksi membawakan lagu-lagu hip-hop miliknya. Foto oleh MecimaPro.

Meski sudah hampir berusia kepala empat, So Ji Sub tetap memperlihatkan kemampuan bermusiknya dengan baik. Dari pernyataannya yang terlihat di layar, So Ji Sub mengaku mencintai hip-hop, bukan semata-mata untuk mencari pendapatan dari situ, tapi hip-hop adalah sesuatu yang membuatnya bahagia.

So Ji Sub tak sendiri saat tampil membawakan lagu-lagu hip-hop miliknya. Ia ditemani grup Soul Dive dan DJ Juice. Lagu demi lagu pun dibawakannya dengan apik. Beberapa di antaranya adalah lagu Picnic yang membuat suasana mendadak romantis. Ada pula lagu-lagu yang menghentak dan membuat penonton berdiri dan ikut bergoyang seperti Boy Go, Soganzi, Coke Bottle Baby hingga single terbaru So Ji Sub, Are You with Me.

Penonton sempat pula terkecoh dibuat So Ji Sub. Yang awalnya mengira pertunjukan sudah usai, lampu kemudian kembali menyala. Soul Dive dan DJ Juice kembali ke atas panggung, namun tidak telrihat sosok So Ji Sub.

Siapa menyangka, ia tiba-tiba masuk dari pintu tengah dan berjalan ke antara penonton dan berkeliling ruangan hingga ke panggung. Tak ayal, semua penonton berteriak histeris dan berlari ke sana ke mari demi menyaksikan So Ji Sub dari dekat.

Kamsahamnidaaaa..kamsahamnidaaaa…!!” teriak So Ji Sub sebelum benar-benar mengakhiri penampilannya malam itu. “Kalian yang terbaik! Sampai jumpa lain waktu!” katanya mengakhiri pertemuan malam itu.

Bagi penggemar So Ji Sub, malam itu mungkin tidak akan terlupakan. Meskipun sedikit terlambat, namun kehadiran So Ji Sub mengobati kerinduan selama bertahun-tahun. Semoga So JI Sub menikmati pengalamannya selama di Indonesia, dan siapa tahu kita akan bertemu dia lagi di masa depan.

Kamsahamnida, So Ji Sub! -Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.