5 hal tentang malam final ‘Miss Indonesia 2017’

Ayu Annisa
5 hal tentang malam final ‘Miss Indonesia 2017’
Malam puncak 'Miss Indonesia 2017' digelar Sabtu, 22 April

JAKARTA, Indonesia – Untuk ke-13 kalinya, Yayasan Miss Indonesia akan kembali menggelar malam final Miss Indonesia. Sebelumnya, sebanyak 34 finalis dari 34 provinsi telah menjalani masa karantina selama 2 minggu lamanya. 

(BACA JUGA: Daftar finalis ‘Miss Indonesia 2017’)

Tahun ini, malam final Miss Indonesia akan digelar pada Sabtu, 22 April. Pemenang ajang Miss Indonesia tahun ini akan menggantikan posisi Natasha Manuella, Miss Indonesia 2016. Pemenang Miss Indonesia nanti juga akan otomatis mewakili Indonesia di ajang Miss World 2017 yang akan digelar 2 Desember mendatang di China. 

Berikut adalah 5 fakta yang perlu Anda ketahui tentang gelaran puncak Miss Indonesia 2017:

Penyaringan ketat

Audisi Miss Indonesia 2017 telah dilakukan sejak tahun 2016 lalu. Rangkaian audisi ini digelar di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Jogja dan Bandung, dan juga di kota-kota tambahan seperti Bali, Medan, Banda Aceh, Makassar, dan Semarang. Berbagai rangkaian tes dilakukan guna menyaring finalis yang dianggap bukan hanya cantik tapi juga berkepribadian baik. 

Menurut Kepala Departemen Marketing Komunikasi RCTI, Wahyu Ramadhan, tes-tes yang dilakukan pada masa audisi antara lain pengisian biodata, tes tertulis, tes kecantikan, tes pengetahuan pancasila, tes pengetahuan tentang Indonesia, dan tes kecantikan. Hasil dari tes-tes tersebut direkam untuk kemudian dikirimkan ke Chairwoman Miss Indonesia, Liliana Tanoesodibjo.

Masa karantina

Setelah audisi dilakukan dan para finalis terkumpul untuk mewakili berbagai provinsi di Indonesia, ke-34 perempuan pintar, cantik, dan berbakat ini akan mengikuti masa karantina yang dilaksanakan dari tanggal 10-23 April. Pada masa karantina ini, semua finalis mengikuti rangkaian acara yang berhubungan dengan public speaking, pembangunan karakter, penbentukan sikap, kelas kecantikan dan kelas modeling.

Di dalam masa karantina ini juga para finalis diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka yang akan dipertimbangkan untuk penilaian 15 besar. Kesempatan ini diberi nama fasttrack dengan berbagai kategori seperti top model, sport, beauty with a purpose dan talent.

Prestasi internasional 

Para finalis Miss Indonesia 2017 ini dipilih dengan elemen yang disebut oleh MISS; Manner, Impressive, Smart, dan Social. Tentu elemen ini sangat membantu pemenang untuk berkompentisi di kancah internasional.

Miss Indonesia 2016, Natasha Mannuela sukses meraih 2nd runner up Miss World 2016, winner Beauty With A Purpose, 1st runner up Top Model dan Miss World Asia 2016. Ia juga sudah banyak terlibat di aktif di berbagai kegiatan sosial seperti pengajaran pengolalaan kolam ikan lele untuk anak pemulung di Bantar Gebang, Bekasi.

(BACA JUGA: SAKSIKAN: Pesan Natasha Mannuela untuk finalis ‘Miss Indonesia 2017’)

Dengan digelarnya Miss Indonesia ke-13 ini diharapkan wanita Indonesia kembali dapat mengahrumkan nama bangsa di mancanegara. 

Pengisi acara

Malam final yang dilaksanakan pada tanggal 22 April akan mendatangkan banyak figur ternama sebagai pengisi acaranya. Panel juri Miss Indonesia 2017 akan diisi oleh Liliana Tanoesodibjo selaku Chairwoman Yayasan Miss Indonesia, Maria Harfanti sebagai Miss Indonesia 2015, Peter F. Saerang, Ferry Salim, Wulan Tilaar, dan Madam Noor dari Norwegia. Acara ini juga akan mendatangkan Stephanie del Valle, Miss World 2016.

Pengisi acara yang akan tampil dalam malam puncak Miss Indonesia 2017 antara lain Judika, Bunga Citra Lestari, Armand Maulana, Lea Simanjuntak, dan lainnya. Acara ini akan dipandu oleh Robby Purba dan Amanda Zevannya.

Partisipasi penonton 

Pergelaran Miss Indonesia kali ini mengajak para penonton untuk berpartisipasi dalam memilih finalis yang paling pantas menerima mahkota Miss Indonesia 2017. Para pendukung dapat memilih finalis kesayangan mereka lewat 4 platform sosial media seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan Metube, dengan cara memberikan like pada video atau foto para kontestan. Finalis yang paling banyak dipilih oleh penonton akan mendapatkan gelar Miss Indonesia Social Media.

Malam puncak Miss Indonesia 2017 akan ditayangkan live di RCTI dari studio 14 Tower 2, MNC Studio, pada hari Sabtu, 22 April mulai dari pukul 21.00 WIB.

-Rappler.com

BACA JUGA: