Deretan desainer yang mengharumkan nama Indonesia di panggung dunia

Ayu Annisa
Deretan desainer yang mengharumkan nama Indonesia di panggung dunia
Karya anak bangsa banyak yang dikenakan oleh selebriti dunia

JAKARTA, Indonesia – Untuk urusan karya desain, khususnya di bidang fashion, perancang-perancang Indonesia tak kalah dari perancang dari benua lainnya. Satu demi satu, nama-nama desainer fashion asal Indonesia menggaung hingga ke mancanegara.

Bertambah spesial, karena tak sedikit dari mereka yang karyanya diakui dan bahkan dikenakan oleh para public figure dunia, termasuk para selebriti.

Yang terakhir yang mengundang perhatian Indonesia dan juga dunia adalah saat aksesoris berbentuk topeng karya desainer aksesoris Rinaldy Yunardy, dikenakan oleh Nicki Minaj di video klip lagu terbarunya yang bertajuk No Frauds.

(BACA JUGA: Ketika karya desainer Indonesia dikenakan oleh Nicki Minaj)

Tapi Rinaldy bukanlah satu-satunya desainer Indonesia yang karyanya dikenakan oleh pesohor mancanegara. Berikut adalah nama-nama perancang Indonesia yang karyanya pernah dipakai selebriti dunia: 

Winnie, Mischka Aoki

Pada acara MTV Video Music Awards 2016 lalu, superstar Beyoncé memperkenalkan anak pertamanya dengan rapper Jay-Z, Blue Ivy, untuk pertama kalinya di karpet merah. Digandeng oleh sang Ibu, Blue Ivy mengenakan gaun anak-anak bernuansa keemasan. Siapa sangka, gaun tersebut ternyata rancangan desainer asal Indonesia.

Mischka Aoki sendiri adalah merek busana haute couture anak-anak. Gaun yang dikenakan Blue Ivy sendiri adalah rancangan seorang perempuan kelahiran Indonesia bernama Winnie, yang juga menjadi pendiri Mischka Aoki. Winnie menyatakan bahwa Mischka Aoki memang bukan untuk semua orang karena desain-desainnya yang terlampau rumit untuk dipakai dalam keseharian.

Yosep Sinudarsono

Yosep Sinudarsono adalah perancang muda Indonesia yang karyanya sudah berhasil menembus pasar Amerika Serikat. Pria asal Semarang ini meluncurkan brand miliknya yang bernama Lotuz pada tahun 2013.

Di usianya yang baru menginjak 22 tahun, karyanya sudah dikenakan para artis seperti Merlin Akerman, Italia Ricci, dan Terri Seymour ke acara bergengsi seperti Golden Globes 2015 dan yang terbaru Vanity Fair Oscars 2016.

Sherly Hartono

Sherly Hartono adalah desainer Indonesia yang sempat menimba ilmu di Central Saint Martins, London, jurusan Fashion Design. Pada tahun 2014, Sherly kembali ke Indonesia unuk memfokuskan karya-karyanya khusus untuk busana pria. Namanya memang belum banyak dikenal, namun salah satu karyanya sempat membuat heboh pada 2016 lalu.

Foto dari akun Instagram Andrew_Hartono.

Penyanyi Joe Jonas terlihat mengenakan sebuah jaket hitam yang bergambar semangkuk mie ayam ciri khas mie ayam Indonesia, uang Rp 50 ribu dan petai. Tentu banyak yang bertanya-tanya siapa yang mendesain jaket bertemakan Indonesia ini. Setelah ditelusuri, ternyata jaket ini adalah karya Sherly Hartono. Ia sendiri mengaku bahwa kebanyakan karyanya terinspirasi dari cara berpakaian “Abang-abang”. Ia kini memiliki label yang bernama Hartono.

Peggy Hartanto

Peggy Hartanto adalah seorang desainer asal Surabaya. Ia menyelesaikan studi nya di Raffles College of Design and Commerce di Sydney, Australia. Karya-karya Peggy sudah dikenakan banyak artis internasional seperti presenter dan sosialita Giuliana Rancic, Bella Thorne, Gwen Stefanie dan Odette Anabelle.

Bukan hanya itu, nama Peggy sendiri berhasil masuk ke daftar pengusaha muda yang sukses sebelum umur 30 tahun, Forbes 30 Under 30.

Rafi Ridwan

Rafi Ridwan pernah mencetak rekor MURI sebagai perancang termuda yang sukses go international. Pada usianya yang ke-14 tahun, karya-karya Rafi sudah dipamerkan di beberapa acara fashion ternama.

Pada tahun 2013, rancangannya digunakan dalam acara America’s Next Top Model. Menjadi penderita tunarungu bukan hambatan baginya, ia sempat mendesain baju berbahan tenun ikat khusus untuk Ibu Negara AS saat itu, Michelle Obama. Karya Rafi juga diakui oleh tokoh fashion ternama internasional seperti Tyra Banks yang saat itu sempat berpose dengan secarik kertas yang berisikan pesan untuk Rafi.

Tex Saverio

Jika berbicara tentang desainer Indonesia yang go-internasional, tentu nama Tex Saverio tidak bisa ditinggalkan. Pada tahun 2011, desainer kelahiran Jakarta 32 tahun silam ini membuat heboh di media dengan pemberitaan bahwa Lady Gaga mengenakan gaun rancangannya untuk majalah Harper’s Bazaar.

Nama Tex pun kemudian semakin dikenal di mancanegara. Lady Gaga berkali-kali mengenakan karyanya saat konser maupun promosi album.

Di film The Hunger Games, Tex juga merancang gaun pernikahan yang dikenakan oleh tokoh utama Katniss Everdeen yang diperankan oleh Jennifer Lawrence. Selain itu, tahun 2013, Kim Kardashian juga pernah mengenakan gaun karya Tex untuk majalah Elle dan bahkan mencuitkan kesannya terhadap gaun tersebut dengan “I loved this dress!”

Terakhir, salah satu aksesoris dalam bentuk sayap yang dikerjakan Tex Saverio juga dikenakan oleh supermodel Iza Goulart di Victoria’s Secret Fashion Show 2016.

Rappler.com