5 hal tentang Iwa K yang perlu kamu tahu

Rappler.com
5 hal tentang Iwa K yang perlu kamu tahu
Rapper Iwa K tertangkap membawa ganja di Bandara Soetta pada Sabtu, 29 April

JAKARTA, Indonesia — Kini, nama penyanyi rap Iwa Kusuma atau yang tenar dengan nama Iwa K kembali menjadi sorotan masyarakat.

Penyanyi yang juga penyiar radio ini diringkus polisi karena kedapatan membawa ganja saat akan terbang dari Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu pagi, 29 April.

Berikut beberapa hal tentang Iwa K yang mungkin belum kamu ketahui.

Mulai nge-rap sejak SMA

Iwa mulai nge-rap sejak masih remaja, tepatnya saat duduk di bangku kelas 1 SMA bersama teman-temannya. Baru akhirnya pada tahun 1989 ia bertemu dengan para personel Guest Band, yaitu Macan Riupasa, Tori Sudarsono, Yudis Dwi Korana, Satya “N’ti” M, dan Gustav. Bersama band ini, Iwa mulai mencoba masuk ke studio rekaman.

Telah menelurkan enam album solo 

Tahun 1993 Iwa menelurkan album solo perdananya Kuingin Kembali dan mengukuhkan namanya sebagai rapper. Satu tahun kemudian, ayah dari dua anak ini kembali menelurkan album bertajuk Topeng. Empat album lainnya adalah Kramotak! (1996), Mesin Imajinasi (1998), Vini Vidi Vunky (2002), serta yang terbaru Living in the Fastlane (2014).

Albumnya pernah diluncurkan di Jepang

Sebelum mengeluarkan album solonya, Iwa juga sempat berkolaborasi dengan penyanyi R&B Melly Manuhutu pada tahun 1991 dalam albumnya Beatify. Album tersebut sempat go internasional dan dipasarkan di Jepang.

Multitalenta

Selain sebagai rapper, Iwa K juga dikenal sebagai artis yang menekuni berbagai bidang. Salah satunya adalah presenting dan penyiar radio. Iwa terkenal sebagai presenter acara olahraga di televisi dan hingga kini masih mengudara setiap malam sebagai penyiar di Delta FM.

Bahkan Iwa sempat mendapatkan piala Panasonic Awards sebagai presenter olahraga pria terbaik selama tiga tahun berturut-turut.

Kolaborasi rap dan dangdut

Iwa sempat menikah dengan Selfi Nafilah, seorang penyanyi dangdut yang pernah menjadi kontestan Kontes Dangdut Indonesia (KDI). Dua tahun setelah menikah, tepatnya pada tahun 2009, Selfi dan Iwa membentuk grup musik yang mengolaborasikan rap dan dangdut, bernama Yin Yang.

Grup ini sempat mengeluarkan album yang berjudul Yang Tak Terpisahkan. Namun mereka akhirnya berpisah seiring dengan perceraian antara Selfi dan Iwa pada 2012.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.