Traveling tanpa batas di kawasan ASEAN

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Traveling tanpa batas di kawasan ASEAN
Berapa hari seorang pemegang paspor Indonesia dapat mengunjungi negara ASEAN lainnya?

JAKARTA, Indonesia – Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (The Association of Southeast Asian Nations – ASEAN) merayakan ulang tahunnya yang ke-50 pada tahun 2017.

ASEAN dibentuk di kawasan yang memiliki sejarah panjang kolonisasi dan konflik. Maka dari itu, organisasi ini ada untuk mempromosikan kedamaian, stabilitas, keamanan, dan kemakmuran melalui kerjasama regional. 

Kawasan ini membentang di daratan seluas 4,488,839 kilometer persegi dan populasinya diperkirakan sebanyak 628 juta jiwa per 2015. Dari lima negara yang menginisiasi berdirinya organisasi regional ini, kini ASEAN memiliki 10 negara anggota: Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Thailand, Laos, Kamboja, Myanmar, dan Vietnam.

Komunitas tanpa batas negara

Meskipun beragam usaha telah dilakukan untuk integrasi lebih erat, penduduk negara-negara ASEAN masih tidak memiliki kemudahan untuk traveling tanpa batas negara (borderless travel) layaknya penduduk Uni Eropa. Meskipun penduduk negara anggota ASEAN tidak membutuhkan visa untuk mengunjungi negara lainnya, masih ada beberapa batasan.

Berikut grafis yang memperlihatkan negara apa saja yang dapat dikunjungi oleh paspor sebuah negara ASEAN, bebas visa:

Indonesia

Filipina

Malaysia

Singapura

Thailand

Brunei Darussalam

Vietnam

Laos

Kamboja

Myanmar

Tabel di bawah ini menyajikan ketentuan visa bagi penduduk negara ASEAN untuk bepergian ke negara lainnya dalam kawasan Asia Tenggara:

(Catatan: Ketentuan visa di atas berlaku untuk paspor biasa. Ketentuan bisa berbeda untuk paspor diplomatik atau service)

Cita-cita untuk traveling tanpa batas negara di kawasan ASEAN sedang dalam pengerjaan, melalui usulan bebas visa untuk penduduk Asia Tenggara, jalur imigrasi spesial ASEAN di bandara, dan satu visa untuk semua negara ASEAN bagi pengunjung asing — untuk meningkatkan turisme dan bisnis di kawasan ini. — Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!