Bus wisata tabrak kendaraan lalu terjungkal ke jurang di Puncak

Rappler.com
Bus wisata tabrak kendaraan lalu terjungkal ke jurang di Puncak
Korban tewas diperkirakan mencapai lebih dari 10 orang.

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) – Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di area Puncak saat libur akhir pekan. Satu bus wisata menabrak beberapa kendaraan di Jalan Raya Puncak-Cianjur, tepatnya di Kampung Parabon, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas pada Minggu, 30 April.

Bus pariwisata itu diketahui dalam keadaan penuh penumpang dan melaju ke arah Kebun Raya Cibodas. Sopir mengemudikan bus dengan kecepatan sedang dari arah Puncak, namun bus menjadi tak terkendali ketika memasuki turunan yang tajam di wilayah Ciloto. Menurut laporan Kasatlantas Kepolisian Cianjur, rem pada bus wisata mengalami gangguan.

Akhirnya, bus kemudian menghantam beberapa kendaraan yang berada di depannya dan kendaraan yang datang dari arah berlawanan. Akibatnya, satu angkotan kota dan minibus terjungkal di tengah jalan.

Selain itu, bus juga menabrak dua minibus dan enam pengendara sepeda motor. Kecelakaan berakhir usai bus tersebut terjungkal ke dalam jurang sedalam 15 meter.

“Kami baru tahu setelah mendengar suara dentuman beberapa kali dan melihat ada angkutan umum dan minibus yang terjungkal di tengah jalan,” ujar seorang saksi mata bernama Yudi.

Dia kembali mendengar ada beberapa kali dentuman dan melihat dua minibus, sepeda motor dan bus terjungkal di dalam jurang. Sementara, badan kendaraan yang ditabrak bus sudah tak lagi berbentuk.

Yudi mengaku melihat lebih dari 10 orang yang meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut.

“Korban meninggal yang saya lihat langsung berjumlah lebih dari 10 orang. Belum lagi yang masih terjepit di dalam dua minibus dan bus yang terjungkal,” tuturnya.

Personel kepolisian dan TNI sudah berada di lokasi. Mereka mengevakuasi jasad korban dari kendaraan yang sudah tak lagi berbentuk.

Akibat kecelakaan tersebut, lalu lintas dan arus kendaraan menuju ke Cipanas dilaporkan tidak bergerak. Sedangkan, jalur dari arah Cianjur kini ditutup sementara untuk proses evakuasi. 

Pada pekan lalu, kecelakaan serupa juga terjadi di Puncak. Akibat rem blom, bus HS Transport menabrak tujuh kendaraan yang berada di depannya. (BACA: Akibat rem blong, bus HS Transport tabrak 7 kendaraan di Puncak)

Tiga orang diketahui tewas di tempat. Sementara, pengendara bus ditetapkan sebagai tersangka oleh personel kepolisian. – dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.