Bagaimana cara para pemuda Indonesia ikut realisasikan SDGs

Rika Kurniawati

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Bagaimana cara para pemuda Indonesia ikut realisasikan SDGs
AIESEC Indonesia selenggarakan Youthspeak, gerakan inisiatif pemuda, untuk lakukan tindakan nyata terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

JAKARTA, Indonesia — “Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab” menjadi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang dipilih oleh Tim Emano. 

Mereka membuat proyek untuk meningkatkan kesadaran akan sisa makanan dan donasi makanan, khususnya di kantin kampus.  

Tim Emano memenangkan kompetisi Youthspeak, adalah gerakan inisiatif pemuda yang dikoordinasi oleh AIESEC Indonesia.  

Kali ini, Youthspeak fokus pada meningkatkan kesadaran pemuda Indonesia terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).  

 “Melalui forum dan kompetisi, kami berharap bukan hanya tingkat kesadaran terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang naik tetapi juga mendorong pemuda untuk melakukan tindakan nyata,” ujar Nadira Natasya, Public Relations AIESEC Indonesia kepada Rappler.

Diikuti 12 kota di Indonesia 

Aktris Chelsea Islan mengatakan dalam sambutannya, 'Saya percaya ada kalian (you) di dalam pemuda (youth)'. Foto dari AIESEC

Ada 35 tim yang ikut serta dalam forum dan kompetisi yang diadakan pada 6 April sampai 6 Mei lalu.

Tim-tim tersebut mewakili 12 kota, yaitu Padang, Palembang, Medan, Malang, Solo, Yogyakarta, Semarang, Solo, Bogor, Purwokerto, Jember, dan Jakarta. 

Ke-35 tim diseleksi hingga hanya menjadi 5 tim. Kelima tim itu dimentori oleh Kibar Incubator sebelum mempresentasikan proyek merek kepada para juri. 

Pemenang pertama kompetisi, tim Emano, berisi pemuda-pemudi dari Yogyakarta. Sedangkan tim favorit dianugerahkan kepada Buangdisini.com. 

Tim yang berasal dari Malang tersebut mengangkat Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang ke-15, yang fokus pada menjaga kelestarian daratan. Mereka menyediakan platform bagi orang-orang untuk daur ulang dan mendonasikan sampah. 

Bersama tim Emano, Buangdisini.com akan merealisasikan proyek mereka bersama-sama dengan AIESEC Indonesia. Keduanya juga akan mengikuti program relawan di Thailand. 

Para peserta juga diberi kesempatan untuk mendengarkan pengalaman dari tokoh-tokoh di tiga sektor di Indonesia. Ketiga sektor antara lain pemerintahan, perusahaan, dan komunitas. 

Aktris Chelsea Islan juga datang dan memberi pesan pada kesempatan tersebut. “Saya percaya ada kalian (you) di dalam pemuda (youth),” kata Chelsea. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!