‘For My Dear’: Melewati malam dengan tawa serta pelukan hangat Sang Grim Reaper

Yetta Tondang
‘For My Dear’: Melewati malam dengan tawa serta pelukan hangat Sang Grim Reaper
Setelah 10 tahun, akhirnya Lee Dong Wook kembali ke Indonesia dan menggelar fan meeting untuk kali pertama

JAKARTA, Indonesia – Tulus dan hangat. Itu kesan pertama saya setelah menyaksikan sosok Lee Dong Wook sukses menggelar fan meeting bertajuk 2017 Lee Dong Wook Asia Tour in Jakarta For My Dear di The Kasablankan Hall, Sabtu, 20 Mei.

Sejak awal acara dibuka, Lee Dong Wook menyapa penggemar dengan santun dan ramah. tak ada lagi raut lelah yang sempat terlihat di wajahnya saat Rappler bertemu dengannya di gelaran press conference, sehari sebelum fan meeting diadakan oleh promotor Mecima Pro.

(BACA JUGA: Lee Dong Wook: Saya senang bisa kembali ke Indonesia!)

Lee Dong Wook siap bertemu penggemar yang sudah menantikannya selama 10 tahun. Ya, terakhir kali bertandang ke Indonesia, Lee Dong Wook memang tak sempat mengadakan fan meeting. Ia hanya mampir sebentar demi agenda promosi serial K-drama yang dibintanginya saat itu, My Girl.

(BACA JUGA: FOTO: Dari gelaran ‘2017 Lee Dong Wook Asia Tour In Jakarta For My Dear’)

Maka wajar saja, jika penantian selama 10 tahun tersebut dibayar tuntas oleh Lee Dong Wook malam itu.

Adegan favorit di Goblin

Selama fan meeting digelar, Lee Dong Wook menyambut semua penggemar dengan tulus dan hangat. Foto oleh Mecima Pro.

Saat gelaran press conference, Lee Dong Wook mengaku, ia tidak seperti rekan-rekan lainnya sesama selebriti Korea yang memiliki skill seperti menari atau bernyanyi. Karena itu, ia berjanji akan memberikan banyak kejutan dengan berinteraksi langsung dengan penonton.

Benar saja. Sejak pembukaan, Lee Dong Wook selalu berusaha melibatkan penonton dalam setiap aktivitasnya di panggung. Bahkan saat di sesi bincang-bincang, ia tak segan melontarkan pertanyaan pada penonton, seperti mengobrol dengan seorang teman.

“Kalau di Indonesia, bagaimana kalian menyebut Grim Reaper?” tanya Lee Dong Wook pada penonton yang langsung disambut dengan, “Malaikat Maut!”. Bahkan Lee Dong Wook mengulang ucapan “Malaikat Maut” dengan fasih.

(BACA JUGA: 7 alasan mengapa ‘Goblin’ menjadi K-drama yang wajib ditonton saat ini)

Ketika tiga adegan favorit penggemar dari serial Goblin disajikan, Lee Dong Wook sangat senang bahwa adegan video call-nya dengan Kim Shin yang kocak itu memang digemari. “Bukan di sini saja. Saat saya menggelar fan meeting di negara lain, adegan ini selalu jadi favorit. Kalian suka ya? Padahal saya terlihat benar-benar bodoh, lho, di adegan itu. Saya sampai malu,” katanya sambil tertawa.

Goblin memang jadi salah satu pencapaian terbaik Lee Dong Wook di kariernya sebagai aktor. Serial itu mampu membangkitkan kembali namanya, tak hanya di Korea Selatan tapi juga di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan Lee Dong Wook sempat berujar bahwa karena Goblin lah, ia berkesempatan menggelar fan meeting di Indonesia.

Tak hanya bagi penggemar, Lee Dong Wook juga bangga bisa berakting di Goblin. Saat ditanya adegan favoritnya di Goblin, ia menyebut saat ia harus berakting sebagai Raja Wang Yeo yang nyaris putus aja sepeninggal istrinya, adik dari Kim Shin. 

“Waktu saya memerankan Wang Yeo ini, hati saya ikut pedih dan sakit. Saya benar-benar tersentuh dan ikut merasakan sakit hati,” kata Lee Dong Wook. Selain itu, ia juga menikmati berakting dengan seniornya, Gong Yoo. Keduanya memang dikenal kompak menyajikan adegan bromance ala Grim Reaper dan Kim Shin.

“Saya memang fokus pada bromance antara saya dan Gong Yoo. Ada saat saya memerankan Grim Reaper dan manusia biasa. Saya mencoba fokus di dua karakter itu.”

Tak melulu soal Goblin, Lee Dong Wook pun mengajak penggemar bernostalgia dengan karya-karya lamanya seperti Roommate, Blade Man dan tentu saja, My Girl. “Waktu syuting Blade Man itu saya benar-benar capek. Saya melakukan adegan lari sendiri dan harus naik turun gedung 5 lantai. Badan saya capek semua,” katanya.

Di Blade Man sendiri, Lee Dong Wook berakting sebagai seorang “superhero”. Dan saat ditanya, kekuatan superhero apa yang ingin ia miliki di kehidupan nyata, ia menjawab, “Teleport. Supaya saya bisa pindah-pindah. Terus kan, di Jakarta ini macet ya. Jadi saya pengin bisa pindah-pindah cepat. Di Seoul juga macet, sih,” ujarnya sambil tertawa.

Tanpa jarak

Selama penyelenggaran fan meeting For My Dear, terlihat sekali Lee Dong Wook tidak menjaga jarak dengan penggemar. Di banyak aktivitasnya, ia selalu melibatkan penggemar yang beruntung. Dan setiap penggemar yang naik ke panggung, selalu disambut hangat dan dihadiahi pelukan. 

(BACA JUGA: 5 hal tentang sang Grim Reaper, Lee Dong Wook)

Tawa lepas Lee Dong Wook pun kerap terlihat. Bahkan ia tak ragu bergaya konyol saat memeragakan petunjuk-petunuk di permainan Tebak Kata. “Ini permainan favorit saya bersama Gong Yoo saat di lokasi syuting Goblin. Kami selalu memainkan ini. Makanya saya ingin bermain ini dengan kalian sekarang,” katanya.

Tak hanya itu, Lee Dong Wook pun menjamu penggemar dengan memilih beberapa dari mereka untuk dikabulkan permintaannya. “Permintaan apa saja akan saya kabulkan, kecuali yang meminta menikah dengan saya,” katanya yang disambut tawa penonton.

Dari selfie bareng, menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun hingga menuliskan surat berisi pesan semangat, semua dilakukan Lee Dong Wook dengan tulus. “Saya tahu, jarak antara Korea dan Indonesia cukup jauh. Terbang saja perlu 7 jam. Tapi saya berharap, meski kita jauh, kalian akan terus mendukung saya,” katanya.

Saat pembukaan bagian kedua fan meeting, Lee Dong Wook pun sempat mengejutkan penggemar dengan muncul di tengah-tengah ruangan dan berjalan berkeliling. Ia selalu mengingatkan penggemar untuk berhati-hati dan tidak berdesakan. 

Lee Dong Wook pun menyuguhkan aktvitas menarik lainnya, yakni memilih penggemar beruntung untuk melakukan reka ulang beberapa adegan yang pernah dilakukannya di drama.

Dari mulai adegan mengelus kepala dan pipi, adegan pernikahan, hingga adegan berbelanja bersama Kim Shin di Goblin. Bahkan ada satu penggemar yang beruntung digendong mesra oleh Lee Dong Wook. “Jangan takut, aku bisa melakukannya. Kamu tenang saja, biar aku melakukannya,” katanya.

Hi-touch bersama semua penggemar

Kehangatan yang disajikan Lee Dong Wook selama acara membuat penonton terbuai. Tak terasa, nyaris 3 jam berlalu. Waktunya sang aktor untuk menutup fan meeting. Banyak kejutan yang benar-benar disajikan oleh Lee Dong Wook. Ia memenuhi janjinya untuk menjamu penggemarnya dengan baik setelah 10 tahun malam itu.

Mungkin karena itu juga ia memilih set panggung menyerupai kafe. “Saya ingin menyambut penggemar dengan santai. Minum teh bersama dan berbincang seperti teman,” katanya.

Ia pun mengungkapkan rencananya setelah fan meeting selesai dilakoninya. “Sampai akhir Juli saya akan fokus di Asia Tour. Dan tahun ini saya akan bertemu fans di layar kaca dengan drama yang bagus. Semoga fans mencintai saya seperti saat saya memerankan Grim Reaper di Goblin.”

Di penghujung acara, Lee Dong Wook memberanikan diri untuk bernyanyi salah satu lagu soundtrack serial Bubblegum yang pernah dibintanginya. “Suara saya tidak bagus, tapi saya akan berusaha,” ujarnya merendah.

“Semoga kita bertemu lagi secepatnya. Semoga tidak perlu menunggu 10 tahun lagi ya. Saya akan kembali tahun depan! Sampai bertemu lagi!” kata Lee Dong Wook dari atas panggung sambil membungkuk hormat di hadapan penonton.

Tapi tak berhenti di situ saja, karena semua penonton bisa langsung berinteraksi dengan Lee Dong Wook setelah acara usai. Semua berkesempatan melakukan hi-touch dengan sang aktor. Lee Dong Wook dengan sabar menyambut semua penonton yang berbaris rapi dan melakukan high five alias tos bersama. Semua penonton mendapatkan kesempatan serupa.

Setiap penonton yang berhadapan dengannya disambut senyum dan ucapan “Terima kasih” dalam bahasa Korea. Termasuk saya. 

Melewati malam dengan tawa hangat dan sambutan hangat dari Lee Dong Wook sangat berkesan. Semoga dalam waktu dekat ia bisa kembali dan menyapa semua penggemar lagi di Tanah Air.

“Kamsahamnida, Lee Dong Wook-ssi!” -Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.