Mendagri: Surat pemberhentian Ahok sudah di tangan presiden

Rappler.com
Mendagri: Surat pemberhentian Ahok sudah di tangan presiden
"Mudah-mudahan Keppres untuk Gubernur definitif Pak Djarot segera keluar."

JAKARTA, Indonesia – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan surat pemberhentian Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama sebagai Gubernur DKI Jakarta sudah diserahkan ke Presiden Joko Widodo.

“Mudah-mudahan Keppres untuk Gubernur definitif Pak Djarot segera keluar, termasuk Keppres untuk memberhentikan Pak Ahok,” kata Tjahjo kepada media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 5 Juni 2017

Seperti diberitakan sebelumnya DPRD DKI Jakarta pada 31 Mei lalu menggelar sidang paripurna dengan agenda pengumuman pemberhentian Ahok sekaligus mengusulkan pengangkatan Djarot Saiful Hidayat sebagai Gubernur DKI definitif.

Tjahjo berharap Presiden bisa segera meneken surat pengangkatan Djarot sehingga pasangan Ahok di Pilkada DKI Jakarta itu bisa langsung menjadi Gubernur definitif. “Kalau Keppres selesai hari ini mungkin waktu (pelantikan)-nya besok atau kapan bisa didefinitifkan sampai bulan Oktober,” kata Tjahjo.

Tjahjo mengatakan tugas Djarot akan sangat berat sampai lima bulan ke depan. Sebab ia akan memimpin Jakarta tanpa wakil. Selain itu Djarot juga punya tugas lain, yakni memimpin transisi peralihan kepemimpinan kepada Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Tjahjo melanjutkan, jika tak ada hambatan, pelantikan Djarot sebagai Gubernur DKI akan berlangsung di Istana Negara dan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. “Tergantung Bapak Mensesneg dan waktu Bapak Presiden mau melantik kapan,” kata Tjahjo. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.