10 game menarik di bawah Rp 100 ribu di ‘Steam Summer Sale 2017’

Karina Maharani

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

10 game menarik di bawah Rp 100 ribu di ‘Steam Summer Sale 2017’
'Steam Summer Sale' tahun ini berlangsung dari 22 Juni sampai 5 Juli

JAKARTA, Indonesia — Setiap pertengahan dan akhir tahun, distributor game digital Steam mengadakan sale besar-besaran. Dengan begitu banyak game yang tersedia, gamer sering menghabiskan banyak uang untuk game-game yang mungkin tidak pernah akan mereka mainkan.

Sebagai referensi, inilah 10 rekomendasi game menarik yang bisa kamu dapatkan di ajang Steam Summer Sale tahun ini yang dijamin tidak akan membuat kantongmu bolong!

Portal 2 — Rp 13,599

Screenshot dari Steam

Portal 2 bukanlah First Person Shooter (FPS) biasa. Kalau FPS seperti Call of Duty dan Battlefield fokus pada perang dan kekerasan, Portal 2 menantangmu untuk lebih banyak menggunakan otak dan berpikir lateral. Dialognya yang tajam dan lucu juga sulit ditemukan dalam FPS yang lain dan akan membuatmu terpingkal-pingkal.

Kalau game Portal yang pertama memperkenalkanmu kepada portal gun dan GLaDOS, Portal 2 mengembangkan puzzle-puzzle yang harus kamu pecahkan dan juga menghadirkan karakter-karakter baru yang tak kalah menariknya. Kalau kamu belum pernah memainkan game ini, dengan harga serendah ini Portal 2 tidak bisa dilewatkan.

This War of Mine — Rp. 27,199

Screenshot dari Steam

Hampir semua game tentang perang fokus kepada tentara yang terlibat dalam peperangannya. This War of Mine mengajak kita untuk melihat perang dari perspektif warga sipil yang terjebak di daerah konflik. Dalam game ini kita harus mencari makanan dan minuman, melindungi rumah kita dari serangan penjarah, dan mencoba bertahan hidup sampai perang selesai.

Melihat keadaan dunia saat ini, di mana ratusan ribu orang sedang hidup dalam realita yang sama, sementara kita terus memainkan game-game yang mengagungkan perang, mungkin ada baiknya kita mencoba This War of Mine untuk melihat sudut pandang yang berbeda.

Prison Architect — Rp 49,999

Screenshot dari Steam

Apakah kamu penggemar seri Netflix Orange is the New Black? Pernah terpikir seperti apa rasanya menjadi sipir penjara seperti Joe Caputo? Kamu bisa mencobanya sendiri dengan Prison Architect!

Kamu bisa menjadi sipir yang keras dan terfokus terhadap menghukum para narapidana — membuat sel yang sempit dan berfasilitas minim, tidak memberikan mereka waktu luang — atau kamu bisa mencoba fokus kepada rehabilitasi dan memberikan program-program edukasi kepada mereka. Apakah kamu bisa menjalankan penjara yang menguntungkan sambil menurunkan tingkat resividisme para napi? 

This is the Police — Rp 54,999

Screenshot dari Steam

Apa yang akan kamu lakukan jika kamu adalah seorang kepala polisi yang dipaksa mengundurkan diri oleh walikota yang korup? Apakah kamu akan terus bekerja secara bersih dan jujur seperti yang sudah kamu lakukan selama puluhan tahun? Ataukah kamu akan akhirnya melunak dan mencoba mencari uang tambahan dengan bekerja sama dengan mafia?

Ini adalah pilihan yang diberikan kepadamu dalam This Is The Police. Kamu punya 180 hari untuk mengumpulkan USD 500 ribu sebagai uang tambahan setelah pengunduran dirimu nanti. Kamu bisa mencoba mencapainya melalui cara legal seperti memenuhi target-target yang ditetapkan pemerintah atau dengan cara ilegal seperti menerima suap dari kriminal.

Kalau kamu memilih cara pertama, kamu bisa ditekan oleh mafia dan oknum-oknum kriminal lain. Kalau kamu memilih cara kedua, kamu bisa terjerat dalam investigasi korupsi. Jalan mana yang akan kamu pilih?

Shogun 2: Total War — Rp 59,999

Screenshot dari Steam

Senang dengan kebudayaan Jepang dan strategi militer? Shogun 2: Total War adalah game yang cocok untukmu. Shogun 2 merupakan remake Shogun Total War, game pertama dalam seri game strategi Total War. Tidak seperti game Total War lainnya, Shogun 2 cukup mudah untuk dipelajari, dan juga mendapatkan pujian dari hampir semua kritikus terkenal.

Dengan setting zaman Sengoku Jidai di Jepang kuno, Shogun 2 memberimu kesempatan menjadi jenderal, memimpin ribuan samurai, pemanah, dan kavaleri di dalam pertempuran melawan tentara musuh.

Firewatch — Rp 61,199

Screenshot dari Steam

Firewatch adalah game yang kontroversial. Banyak kritikus yang memuji game ini karena alur ceritanya yang menyentak dan karakterisasinya yang mendalam. Tapi banyak juga gamer yang merasa bahwa Firewatch bukan game ‘sejati’ karena gameplay-nya yang memang sangat sederhana dan tidak terlalu menantang. 

Sulit untuk membicarakan cerita Firewatch tanpa membuka spoiler, tapi singkatnya kamu bermain sebagai Henry, seorang pria paruh baya yang mengambil pekerjaan sebagai fire lookout di sebuah hutan terpencil setelah mengalami permasalahan dalam pernikahannya. Di sana ia ‘bertemu’ dengan supervisornya, Delilah (mereka hanya berkomunikasi melalui walkie-talkie). Dari situ beberapa hal aneh terjadi yang membuat Henry harus berkonfrontasi dengan masalah pribadi yang ia mencoba untuk hindari.

Pada harga normal mungkin sedikit sulit merekomendasikan Firewatch karena memang tidak semua orang akan menyukai game seperti ini. Tapi dengan harga diskon, Firewatch adalah sebuah pengalaman yang tidak bisa dilewatkan.  

Subnautica — Rp 67,999

Screenshot dari Steam

Subnautica adalah game yang menggabungkan genre-genre survival, adventure, dan juga menambah sedikit horor. Kamu menjadi seorang astronot yang terdampar di planet lautan setelah kapal angkasa yang kamu naiki jatuh. Kamu harus mencoba bertahan hidup sambil juga mencari jalan untuk keluar dari planet itu.

Lingkungan bawah laut yang indah dipenuhi dengan berbagai jenis ikan dan tumbuh-tumbuhan yang menarik dan bisa dipelajari lebih lanjut. Tapi ketika malam tiba, laut bisa berubah menjadi tempat yang mencekam. 

Stardew Valley — Rp 69,599

Screenshot dari Steam

Suka konsep Harvest Moon tapi kecewa dengan sekuel-sekuel Harvest Moon: Back to Nature? Stardew Valley adalah game impian anak-anak 90an yang rindu untuk kembali ke Mineral Town. Meski jelas terinspirasi dari seri Harvest Moon, Stardew Valley bukan sekedar jiplakan. Banyak yang ditambahkan dan disempurnakan dalam game yang hebatnya hanya dibuat oleh satu orang developer ini.

Kamu bermain sebagai seseorang yang sedang mengalami ‘quarter-life crisis’ dan merasa bosan dalam pekerjaannya di sebuah perusahaan besar. Kamu akhirnya memilih untuk mengambil alih sawah kakekmu yang belum lama meninggal di desa kecil bernama Pelican Town. Selain bertani, kamu bisa menjadi peternak lebah, pembuat produk-produk artisan, atau fokus bekerja di tambang.

Kamu juga bisa berteman dengan warga desa dan mencoba menikah dengan salah satu dari mereka. Kalau Ellie atau Potpourri di Harvest Moon sedikit monoton dan klise, warga-warga Pelican Town jauh lebih tiga-dimensional dan menarik. Stardew Valley adalah sekuel untuk Harvest Moon yang seharusnya.

Crusader Kings II — Rp 86,605

Screenshot dari Steam

Berbeda dengan game strategi lainnya, di Crusader Kings II kamu tidak mengendalikan sebuah kerajaan atau negara, melainkan sebuah dinasti. Dengan setting abad pertengahan di Eropa dan Timur Tengah kamu bisa bermain sebagai tokoh sejarah seperti Charlemagne atau Salahuddin dan penerus-penerus mereka. Kalau kamu bermain dengan baik, dinastimu bisa bertahan sampai ratusan tahun dan menguasai wilayah yang luas.

Tapi kalau kamu kurang kurang lihai, bisa jadi anggota dinasti terakhirmu mati di penjara seorang raja yang kesal kepadamu. Ini adalah game dengan learning curve yang cukup tinggi, tapi setelah kamu menguasainya ada begitu banyak pilihan yang bisa kamu coba.

The Long Dark — Rp 94,399

Screenshot dari Steam

Kalau kamu berpendapat bahwa semua game harus menyenangkan dan ‘fun,’ mungkin kamu lebih baik menghindari game ini. The Long Dark adalah game survival dalam bentuknya yang paling murni. Tidak ada zombie atau monster atau tentara lawan. Benar-benar hanya kamu melawan alam.

Dalam game ini kamu adalah seseorang yang terdampar di belantara beku Kanada setelah sebuah bencana menyebabkan semua listrik mati. Kamu harus mencari tempat untuk berlindung dari hawa dingin dan juga mencari makanan dan minuman agar tidak kelaparan.

Tapi kamu juga harus berhati-hati karena binatang liar seperti serigala dan beruang bisa menyerang kalau kamu tidak waspada. Dan kalau kamu mati di game ini, kamu harus ulang lagi dari awal. Dengan sistem permadeath, kematian adalah sesuatu yang permanen dan tidak bisa dihindari dengan me-load save sebelumnya.

The Long Dark memang tidak bisa dikatakan ‘menyenangkan’ seperti game pada umumnya. Tapi ada kepuasan tersendiri dari mencoba bertahan hidup selama mungkin.

Tertarik mencoba game-game di atas? Jangan terlalu lama menunggu, karena Steam Summer Sale tahun ini akan berakhir pada Rabu, 5 Juli.—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!