Enam hari berlibur di Bali, Obama habiskan biaya Rp 1 miliar

Bram Setiawan
Enam hari berlibur di Bali, Obama habiskan biaya Rp 1 miliar
Pengeluaran paling besar dihabiskan untuk penginapan di Hotel Four Seasons di Sayan, Ubud

KUTA, Indonesia – Keluarga mantan Presiden Barack Obama pada hari ini mengakhiri liburan di Bali. Mereka sempat menginap selama enam hari, dimulai dari 23-28 Juni.

Lalu, berapa pengeluaran Obama dan keluarga selama berlibur di Bali? Asosiasi Biro Tur dan Perjalanan (ASITA) Bali menaksir pengeluaran Presiden ke-44 AS itu mencapai Rp 1 miliar 50 juta.

“Pengeluaran paling banyak untuk hotel, transportasi dan makanan. Itu merupakan hasil hitung-hitungan saya selama Obama di Bali. Tetapi (penghitungan) itu belum termasuk shopping,” ujar Ketua ASITA I Ketut Ardana yang dihubungi Rappler pada Rabu, 28 Juni.

Dalam hitungannya, pengeluaran paling banyak digunakan untuk penyewaan kamar hotel. Seperti yang diketahui, Obama dan keluarga menginap di Hotel Four Seasons and Resort di Ubud.

“Kamar hotel VIP itu harganya mencapai lebih dari Rp 40juta per malam. Pihak hotel pasti menyediakan kamar yang paling bagus,” ujar Ardana.

Sementara, tarif untuk ajudan atau tim yang mendampingi Obama setidaknya mencapai 800 dollar AS per malam. Belum lagi biaya penyewaan alat arung jeram ketika bermain dengan olah raga air tersebut.

Nikmati panorama Bali

Sementara, sebelum bertolak ke lokasi berlibur selanjutnya, staf Obama mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dengan semua pihak selama mereka berlibur di Pulau Dewata. Stafnya juga menyebut bahwa Obama dan keluarga sangat menikmati panorama dan pemandangan alam di Bali.

“Melalui stafnya, (Obama) sangat berterima kasih atas kerja sama dengan pihak keamanan. Beliau merasa aman dan nyaman. Obama menikmati panorama alam dan budaya Bali,” ujar Komandan Korem 163 Wira Satya Kolonel Arhanud I Gede Widiyana saat melepas keberangkatan Obama di Base Ops Pangkalan Udara Ngurah Rai pada siang tadi.

Menurut Widiyana, pihaknya selalu berkoordinasi dengan tim pendukung atau “advance” dari Obama, selama mantan orang nomor satu di AS itu berlibur di Bali. Ia mengatakan hampir tidak ada satu hal yang kurang bagi Obama.

“Selama ini saya melihat wajah dan gerak tubuh Beliau sangat menikmati Bali. Tidak ada (hal yang mengecewakan) karena kami selalu berkoordinasi,” katanya.

Meski tetap melakukan standar pengamanan sesuai prosedur bagi kepala negara atau mantan kepala negara (VVIP), Widiyana mengatakan pihaknya tetap fleksibel dalam melakukan pengamanan. Mereka akan bergerak sesuai permintaan Obama yang tidak mau diperlakukan istimewa.

Selama berlibur di Bali, Obama dan keluarga mengunjungi ke beberapa tempat antara lain Agung Rai Museum of Art (ARMA), sawah terasering Jatiluwih, bermain arung jeram di Desa Bongkasa, dan mengunjungi Pura Tirta Empul serta Pura Gunung Kawi. Mereka kemudian melanjutkan waktu berlibur ke Yogyakarta hingga tanggal 30 Juni mendatang. – dengan laporan ANTARA/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.