Bidang IT dan keuangan jadi pekerjaan favorit pelajar Indonesia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Bidang IT dan keuangan jadi pekerjaan favorit pelajar Indonesia
Jika selama ini banyak pelajar mendambakan profesi dokter, polisi atau guru, maka sekarang mereka bermimpi menjadi ahli IT dan keuangan

JAKARTA, Indonesia —Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada Minggu, 23 Juli lalu, LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia, hasil survei tentang Perkerjaan Impian Masa Kecil. Sebanyak lebih dari 1.000 responden di Indonesia, termasuk pelajar dan profesional muda, ikut serta dalam survei ini.

Dari survei tersebut diperoleh informasi tentang bidang pekerjaan yang menjadi favorit di kalangan pelajar masa kini. Jenis pekerjaan yang terkait dengan industri IT dan keuangan menjadi semakin populer, termasuk di bidang sains dan teknik.

Jenis pekerjaan tersebut mampu menggeser kepopuleran dokter/suster, polisi/tentara militer, dan guru/dosen, yang merupakan pekerjaan impian yang favorit pada generasi sebelumnya. Walaupun begitu, wiraswasta/pengusaha masih menjadi idaman lintas generasi. 

Motivasi di balik pekerjaan impian ini didorong oleh semangat dan inspirasi. Hampir setengah dari seluruh pelajar menyatakan bahwa mereka memiliki minat besar terhadap pekerjaan impian tersebut dan hal tersebut memiliki arti yang spesial bagi mereka. Hal ini semakin diperkuat oleh dukungan orang tua.

Perjalanan menuju pekerjaan impian tidak selalu mulus. Hampir 60% profesional muda tidak bekerja sesuai dengan pekerjaan impian masa kecil mereka, dan akses pendidikan serta kemampuan disebut sebagai alasan utamanya. Lebih dari 55% menekankan bahwa mereka tidak memiliki kesempatan untuk mengejar mimpi masa kecil mereka dikarenakan kualifikasi (latar belakang) pendidikan dan kemampuan.

Bukanlah hal yang mengejutkan, jika ternyata pendidikan dan kemampuan memegang andil yang paling besar sebagai alasan profesional muda memilih pekerjaan mereka saat ini. Survei juga menemukan bahwa faktor lain seperti pendapatan dan keuntungan yang baik, serta minat dan pemaknaan sebuah pekerjaan juga menjadi alasan kedua dan ketiga terbesar mengapa mereka dapat bekerja di posisi saat ini. 

“Evolusi pekerjaan impian dari masa ke masa menandakan perubahan ketertarikan dan keinginan terhadap kemampuan dan keterampilan baru – seperti contoh kemampuan bidang IT dan finansial yang semakin dibutuhkan saat ini. Para pelajar dan profesional dapat mengasah kemampuan dan ilmu mereka, dengan terhubung pada jaringan profesional dan berbagai informasi yang tersedia di dalamnya,” ujar Linda Lee, Head of Communications, Southeast Asia and North Asia, LinkedIn.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!