9 tanda pacarmu sudah tidak lagi peduli

Stella Azasya

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

9 tanda pacarmu sudah tidak lagi peduli
Dalam suatu hubungan tidak ada menang ataupun kalah, karena hubungan bukanlah kompetisi

JAKARTA, Indonesia – Sama seperti banyak hal lainnya, hubungan adalah sesuatu yang perlu dijaga dan dirawat secara konsisten. Kedua pihak dalam hubungan perlu sama-sama berusaha agar tidak timpang sebelah.

Simak beberapa tanda yang menyiratkan bahwa pasanganmu sudah tidak peduli dengan hubungan kalian berikut ini:

Tidak ingin berdebat

Salah satu tanda yang perlu diwaspadai adalah pasanganmu sudah tidak ingin berdebat denganmu. Bukan karena ia menghindari konflik, melainkan karena ia tidak ingin membuang energi untuk sama-sama mencari jalan tengah. Opini dan pendapatnya tidak ingin dianggap salah dan diperdebatkan.

Melimpahkan kesalahan

Jika memang kalian berdebat atau masuk ke dalam argumen, pasanganmu akan menganggap semua salahmu. Hal ini menunjukkan sifat yang ingin selalu menang dan benar serta keseringan menginginkan pasangannya untuk meminta maaf terlebih dahulu. Perlu diingat, dalam suatu hubungan tidak ada menang ataupun kalah, karena hubungan bukanlah kompetisi.

Tidak membahas soal perasaan

Menghindari membahas mengenai perasaan merupakan tanda kehilangan ketertarikan. Perasaan adalah hal yang personal dan intim, jika pasanganmu sudah tidak pernah atau bahkan menghindar membahas mengenai perasaannya, kemungkinan besar ia sudah tak menginvestasikan perasaannya pada hubungan kalian.

Terlampau cuek

Beberapa orang memang pada dasarnya memiliki sikap cuek atau tak acuh terhadap sekitarnya dan itu adalah hal yang normal. Namun, dalam suatu hubungan diperlukan interaksi dari kedua pihak. Jika hanya satu saat yang berusaha, hubungan tersebut akan terasa berat dijalani. Jadi sikap cuek atau tak acuh pun ada batasnya.

Tidak tahan dengan sikapnya

Tanpa sadar, sikap pasanganmu membuatmu jengkel. Semakin hari, hubungan kalian justru semakin membuat tertekan, alih-alih bahagia. Hubungan seharusnya tidak membebani dan menimbulkan permasalahan.

Tidak ingin berkorban

Tidak sehat jika dalam satu hubungan hanya satu orang yang memberi terus-menerus dan yang lainnya hanya menerima saja. Jika pasanganmu tidak ingin berkorban untukmu, mungkin tandanya ia sudah tidak peduli. Berkorban dalam konteks ini dapat berupa hal-hal kecil seperti waktu, tenaga, maupun perasaan.

Tidak membicarakan soal masa depan

Jika pasanganmu tidak membicarakan soal masa depannya denganmu, tandanya ia tak menginginkannya. Suatu hubungan harus dijalani dengan arah yang jelas, jangan membuang-buang waktu dan tenaga dalam hubungan yang tidak memiliki tujuan.

Merahasiakan banyak hal

Privasi memang perlu dimiliki. Namun, keterbukaan dan kepercayaan adalah kunci hubungan sehat, jika pasanganmu merahasiakan banyak hal darimu itu tandanya ia tidak sepenuhnya percaya pada hubungan kalian. Rahasia-rahasia dalam hubungan juga dapat menimbulkan perasaan-perasaan yang tidak diinginkan seperti kecemburuan dan kecurigaan.

Tidak perhatian

Sudah jelas bahwa perhatian menjadi tanda kepedulian. Meski dianggap remeh, tapi hal sesederhana menanyakan kabar menjadi tanda perhatian dalam hubungan. Jika pasanganmu sudah tidak lagi memerhatikanmu baik dari segi kecil seperti potongan rambut baru atau bahkan menanyakan perasaanmu, tandanya ia sudah tidak menghiarukanmu.

Jika pasanganmu melakukan 4 dari 9 tanda di atas, besar kemungkinan bahwa ia sudah tidak lagi peduli dan berusaha mempertahankan hubungan kalian. —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di idntimes.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!