5 alasan mengapa tak perlu khawatir jika lulus kuliah terlambat

Pinka Wima
5 alasan mengapa tak perlu khawatir jika lulus kuliah terlambat
Terlambat lulus kuliah bukan berarti tak bisa sukses

JAKARTA, Indonesia — Bisa lulus kuliah tepat pada waktunya tentunya sudah menjadi impian bagi semua orang. Namun, terkadang hal tersebut justru tidak sesuai dengan realita yang sedang kita hadapi.

Beberapa mahasiswa harus menerima kenyataan pahit tersebut, dikarenakan berbagai alasan. Terlalu sibuk mengurus UKM, beberapa hambatan saat mengerjakan skripsi, hingga terlalu sibuk membagi waktu dengan pekerjaan.

Kenyataannya, lulus kuliah tidak tepat waktu bukan merupakan suatu yang perlu kamu sesali. Dibalik itu, ada beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengalaman yang didapat lebih banyak

Mahasiswa yang lulus tepat waktu tentunya akan mengalami pengalaman yang berbeda dengan yang tidak. Mereka yang tidak lulus tepat waktu memiliki waktu lebih banyak lagi untuk mengikuti organisasi maupun kegiatan yang diselenggarakn di dunia perkuliahan dan hal tersebut tentunya akan sangat berguna dalam dunia kerja nanti.

Selain itu, tentunya skill yang didapat juga akan berbeda. Mereka akan memiliki waktu lebih banyak pula untuk mempertajam kemampuan yang ada di dalam dirinya.

Kesempatan membangun relasi

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan lewat lulus tidak tepat waktu adalah fakta bahwa kamu lebih banyak memiliki waktu untuk menambah relasi dengan banyak orang di kampus, dari adik tingkat hingga organisasi yang kamu ikuti. Siapa sangka nantinya kesempatan berkarier nanti didapat dari salah satu relasi ini?

Lebih banyak waktu untuk merencanakan masa depan

Tidak semua temanmu akan mendapat pekerjaan setelah lulus dari kuliah. Hal ini menjadi salah satu keuntungan tak disadari karena dengan begitu kamu bisa mempelajari trik-trik mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah dengan lebih matang lagi.

Tentunya, kamu juga akan menjadi pribadi yang lebih menghargai proses ketimbang hasil akhir yang didapat lewat beberapa rintangan yang kamu hadapi untuk dapat lulus.

Lebih peka terhadap masalah sosial

Bagi kalian yang terlambat lulus karena sibuk mengurus organisasi, kamu akan mendapatkan lebih banyak pengalaman lewat organisasi yang kamu ikuti. Kamu menjadi lebih peka akan hal-hal yang sedang terjadi di lingkungan sekitar karena kamu terbiasa dengan terjun langsung untuk membantu orang di sekitar.

  • Ada cerita positif untuk diceritakan kelak

Kegagalan bukanlah suatu akhir, justru itu dapat membuat kamu lebih terpacu untuk menjadi lebih baik lagi. Tentunya, perjuangan kamu saat ini dapat menjadi cerita inspirasi bagi banyak orang kelak. —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di idntimes.com 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.