Philippine basketball

Mengenal polifenol, zat penunda es krim meleleh

Birgitta Angie
Mengenal polifenol, zat penunda es krim meleleh
Penggunaan polifenol dapat memperlambat melelehnya es krim di cuaca yang panas hingga tiga jam

JAKARTA, Indonesia — Makan es krim di tengah teriknya panas sinar matahari memang nikmat. Namun jika es krim cepat meleleh tentu kenikmatan akan menjadi berkurang, bukan?

Masalah tersebut sepertinya akan teratasi berkat penelitian yang dilakukan di Biotherapy Development Research Center di Jepang. Uniknya, penelitian tersebut terjadi tidak disengaja. 

Awalnya, peneliti di lembaga tersebut diminta oleh seorang koki untuk membuat hidangan penutup dengan bahan polifenol yang terbuat dari ekstrak cairan stroberi.

Ternyata dalam prosesnya, krim yang dicampurkan dengan polifenol tersebut justru mengeras. Pada saat itulah peneliti sadar bahwa mereka menemukan sesuatu yang langka. 

Menurut penjelasan Profesor Tomohisa Ota, seorang profesor Farmasi dari Universitas Kanazawa, polifenol memiliki sifat yang membuat air dan minyak menjadi sulit terpisahkan. Hal ini yang kemudian membuat bentuk es krim akan bertahan lebih lama dari biasanya jika ditambah polifenol. 

Penggunaan polifenol dapat memperlambat melelehnya es krim di cuaca yang panas, tidak hanya dalam hitungan menit namun bisa bertahan hingga tiga jam. —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya pernah diterbitkan di IDNTimes.com 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.