6 Bahan alami untuk hilangkan daki

Indra Zakaria
6 Bahan alami untuk hilangkan daki
Daki yang terdapat pada bagian kulit leher mencerminkan Anda kurang memperhatikan kebersihan tubuh

JAKARTA, Indonesia — Kotoran yang terdapat pada lipatan kulit atau yang sering disebut dengan daki menunjukkan bahwa seseorang kurang memperhatikan kebersihan tubuh. Penyebab daki dapat muncul, di antaranya adalah, seringnya melakukan aktivitas di luar rumah sehingga di tubuhnya tertempel banyak kotoran. 

Untuk menghilangkan daki, Anda tidak perlu membeli berbagai merk sabun atau pun obat kimia khusus, cukup dengan menggunakan beberapa bahan alami yang bisa didapatkan di dapur rumah. Jika dilakukan dengan rutin, kemungkinan daki hilang pun juga besar.

Berikut enam bahan alami yang dapat membersihkan daki.

1. Lulur dari kopi

Salah satu bahan alami yang memiliki khasiat untuk membersihkan daki adalah kopi. Cara untuk menghilangkan daki dengan menggunakan kopi adalah dengan menyeduh dua sampai tiga sendok bubuk kopi dengan air hangat.

Siram hingga kopi mengental. Lalu, taruh sedikit di bagian leher yang berdaki dan diamkan selama 20 menit. Kemudian, bilas bagian daki dengan menggunakan air hingga bersih. Untuk hasil yang maksimalkan, disarankan melakukan rutinitas ini minimal seminggu sekali.

2. Beras dan zaitun

Beras dan zaitun ternyata dapat menjadi salah satu jawaban dalam menghilangkan daki. Ambilah sejumput beras lalu sangrai beras tersebut tanpa minyak di wajan dengan api berukuran sedang.

Jika beras sudah berwarna kecokelatan dan tercium bau gosong, tumbuk beras hingga menjadi halus. Lalu, campur beras dengan perasan jeruk nipis dan berisi dua hingga empat tetes minyak zaitun.

Campuran di atas digunakan sebagai scrub sebelum mandi. Taruh hingga merata pada bagian berdaki hingga kering, lalu, bilas bersamaan saat mandi.

3. Gula pasir

Salah satu bahan pemanis yang satu ini, bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menghilangkan daki.

Pertama, gunakan air untuk membilas leher dan usapkan sejumput gula pada bagian daki. Usap dengan lembut sehingga daki pada kulit terangkat. Jika dilakukan dengan rajin, daki pada kulit pun dapat berkurang.

4. Jus mentimun

Mentimun memiliki manfaat untuk merawat kulih di tubuh. Ada beragam macam manfaat yang kita dapat dari mentimun, salah satunya adalah untuk membersihkan daki.

Blender satu buah mentimun berukuran besar hingga menjadi halus, tidak perlu ditambah air atau gula karena jus tersebut nantinya bukan untuk diminum. Setelah diblender, oleskan jus mentimun tersebut pada area leher yang berdaki lalu biarkan sejenak hingga kering.

Saat kering, gosok jus mentimun yang terdapat pada leher agar daki tersebut terangkat. Selain daki yang terangkat, kulit pun menjadi lebih dingin dan sel kulit otomatis mendapat perbaikan.

5. Oatmeal

Tidak hanya untuk dimakan saja, ternyata oatmeal memiliki salah satu manfaat bagi kesehatan kulit, salah satunya adalah menghilangkan daki.

Cukup campurkan oatmeal dengan susu, lalu, usap pada bagian leher yang berdaki dan diamkan selama dua hingga tiga menit. Lalu, usap sekali lagi hingga daki terangkat bersama dengan sisa oatmeal dan bilas dengan air hangat.

6. Air lemon

Lemon adalah salah satu bahan alami yang memiliki manfaat untuk membersihkan sekaligus membantu pengelupasan sel-sel kulit yang sudah mati. Ambil irisan buah lemon, dan taburkan sedikit garam di atasnya. Oleskan lemon pada bagian kulit leher yang berdaki. Cara ini membuat daki menjadi lunak sehingga menjadi mudah untuk disingkirkan.

Selamat mencoba! –Rappler.com

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Rappler Indonesia dengan IDN Times.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.