4 cara menggunakan ulang kantung plastik

Bayu D. Wicaksono
Jangan langsung dibuang, karena kantung plastik bisa digunakan untuk fungsi lainnya!

KANTUNG PLASTIK. Saatnya berkontribusi mengurangi konsumsi kantung plastik dengan menggunakannya kembali. Foto oleh Rappler

JAKARTA, Indonesia —Kantung plastik adalah salah satu penyumbang limbah lingkungan terbesar. Sudah sekian lama kampanye lingkungan hidup yang mendorong masyarawakat mengurangi konsumsi kantung plastik dalam kehidupan sehari-hari gencar disuarakan.

Di Indonesia, penggunaan kantung plastik masih sangat luas dan besar jumlahnya. Meski pemerintah sempat menerapkan aturan kantung plastik berbayar, namun efeknya tidak terlau signifikan.

Bagaimanapun juga, semua dimulai dari diri sendiri. Perubahan gaya hidup lah yang bisa membantu mengurangi limbah kantung plastik. Kita bisa menggunakan ulang kantung plastik untuk fungsi lainnya daripada sekadar membuangnya ke tempat sampah.

Simak cara memakai ulang kantung plastik di bawah ini.

Kantung belanja

Kumpulkan kantung plastik bekas belanja di tempat yang mudah terlihat. Supaya menghemat tempat, ada juga teknik melipat kantung plastik menjadi kepingan kecil sehingga bisa disimpan lebih banyak dan rapi.

Nantinya, jika ingin berbelanja kembali, kantung plastik ini bisa digunakan lagi. Jangan meminta kantung plastik baru pada penjual. Jika kotor, plastik mudah dibersihkan dan dikeringkan. Jadi bisa dipakai berualn kali.

Tempat sampah

Kantung plastik yang dikumpulkan bisa dialihfungsikan sebagai tempat membungkus sampah rumah tangga. Dengan begitu, tidak perlu lagi membeli trash bag atau kantung plastik sampah yang baru. Cukup kumpulkan dan simpan kantung plastik bekas untuk menampung sampah-sampah harian.

Pembungkus atau hiasan

Banyak video tutorial yang bisa membantumu menyulap kantung plastik jadi benda yang lebih bermanfaat. Bisa jadi pembungkus benda-benda yang mungkin tidak dipakai terlalu sering atau bahkan dijadikan benda kerajinan tangan yang berfungsi sebagai suvenir atau sekadar hiasan.

Kantung plastik bisa dijadikan pembungkus tanaman juga. Terutama jika kamu berencana meninggalkannya dalam waktu agak lama. Kamu bisa meletakkan kantung plastik mengelilingi tanaman untuk mempertahankan kelembapannya.

Donasi

Pilih kantung plastik yang sudah tidak digunakan lagi dan donasikan ke tempat-tempat yang membutuhkan seperti penampungan hewan, penjual dagangan (agar bisa digunakan kembali) atau bisa langsung ke bank-bank sampah yang biasanya menampung sampah plastik untuk dijadikan benda baru yang bermanfaat.

—Rappler.com 

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Rappler Indonesia dengan IDN Times