Indonesia

SAKSIKAN: Icip-Icip edisi The Harvest Atelier

Sakinah Ummu Haniy
SAKSIKAN: Icip-Icip edisi The Harvest Atelier
Rappler berkesempatan membuat dua menu andalan The Harvest, Chocolate Croissant dan The Harvest Blueberry Bloom Cake

JAKARTA, Indonesia — Mencicipi makanan memang kegiatan yang menyenangkan, tetapi mencicipi makanan yang kita buat sendiri tentu menjadi pengalaman berbeda yang menarik.

Hal ini yang dirasakan Rappler saat berkesempatan menjadi salah satu peserta The Harvest Atelier, kelas memasak eksklusif yang dibuka oleh The Harvest Patissier & Chocolatier pada Selasa, 22 Agustus lalu. Ini merupakan kelas memasak pertama yang diadakan oleh toko yang telah buka di Indonesia selama lebih dari 14 tahun tersebut.

Bertempat di The Harvest cabang Senopati, Jakarta Selatan, Rappler bersama 13 peserta lainnya berkesempatan untuk membuat dua menu andalan The Harvest, Chocolate Croissant dan The Harvest Blueberry Bloom Cake. Setelah membuatnya, tentu seluruh peserta bisa mencoba dan membawa pulang hasil karya masing-masing.

The Harvest Atelier pertama menghadirkan artis Mike Lewis. Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler

The Harvest Atelier pertama ini juga dihadiri oleh artis Mike Lewis. Pemain sinetron dan model kelahiran 22 Oktober 1981 ini mengungkapkan kegembiraannya bisa ikut merasakan pengalaman membuat cake dan pastry untuk pertama kalinya.

“Ini memang pengalaman pertama baking, biasanya saya orang yang suka masak, tapi itu beda dari baking,” kata brand ambassador The Harvest ini.

Chocolate Croissant

Membuat Chocolate Croissant membutuhkan teknik dan kesabaran. Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler

Membuat Chocolate Croissant membutuhkan waktu dan kesabaran tersendiri, jika benar-benar dibuat dari nol membutuhkan lebih dari 5 jam untuk membuat croissant. Tetapi dalam kelas The Harvest Atelier para chef telah menyiapkan adonan yang sudah siap diolah.

Peserta kelas belajar bagaimana cara meratakan adonan dengan rolling pin agar merata dan proses tersebut harus dilakukan berulang-ulang. Sebelum dipanggang, adonan diberi telur di atasnya agar terdapat lapisan kulit garing berwarna coklat yang memberikan sensasi berbeda dari sebuah croissant.

Rasa Chocolate Croissant dari Harvest cukup enak. Adonan pastry sangat lembut, butter-nya sangat berasa, dan isi cokelatnya pas — tidak terlalu meleleh namun tetap lumer ketika dimakan. Lapisan garing di atasnya juga menambah kombinasi rasa pahit sehingga croissant menjadi lebih nikmat.

The Harvest Blueberry Bloom Cake

The Harvest Blueberry Bloom Cake merupakan paduan kue sponge cokelat dengan blueberry cream mousse. Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler

Cake ini merupakan salah satu menu andalan The Harvest yang terdiri dari blueberry cream mousse dan lapisan sponge cokelat di dalamnya.

Dalam kelas The Harvest Atelier, peserta berkesempatan untuk melihat cara pembuatan krim blueberry sejak awal, lalu diajarkan untuk menyusun layer kue. 

Lapisan paling bawah adalah sponge cokelat, diikuti dengan satu lapisan blueberry, baru setelah itu dilapisi dengan krim. Setelah krim, kembali taruh lapisan sponge cokelat berikutnya dan kembali lapisi dengan krim. Setelah menaruh lapisan sponge cokelat terakhir, tutup dengan krim hingga penuh dan ratakan.

Setelah didiamkan di freezer selama 1-2 jam, peserta dipersilahkan untuk menghias cake tersebut sesuai dengan kreativitas masing-masing. Berbagai topping telah disiapkan, mulai dari bubuk blueberry, cokelat putih, cokelat batangan, hingga macaroon.

Rasa The Harvest Blueberry Bloom Cake juga sangat enak, agak mirip dengan rasa kue blackforest namun tidak ada rasa rum didalamnya. Perpaduan antara krim keju dengan blueberry juga sangat pas, tidak ada rasa yang terlalu dominan. Dipadukan dengan sponge cokelat, cake ini jadi semakin nikmat untuk disantap.

The Harvest Atelier akan kembali diselenggarakan di The Harvest Surabaya (30 Agustus), The Harvest Dharmawangsa (5 September), The Harvest Radio Dalam (14 September), dan The Harvest Kebon Jeruk (22 September). Untuk mendaftarkan diri dalam pengalaman unik ini bisa kunjungi atelier.harvestcakes.com. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.