Alasan Ridwan Kamil mendapuk Indah Kusuma sebagai Duta Layad Rawat

Yuli Saputra
Alasan Ridwan Kamil mendapuk Indah Kusuma sebagai Duta Layad Rawat
Penyanyi dan aktris Indah Kusumaningrum berharap segera meraih gelar dokternya tahun depan

BANDUNG, Indonesia — Nama Indah Kusuma mendadak jadi pembicaraan di media sosial.  Ketenarannya berawal dari unggahan foto calon dokter itu di akun Instagram Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Kang Emil, panggilan akrab Ridwan,, memperkenalkannya sebagai duta Layad Rawat, program kesehatan yang digulirkan Pemerintah Kota Bandung. Unggahan itu mendapat hampir 200 ribu likes di Instagram.

Meski kebanyakan pengguna media sosial memuji paras dara 23 tahun itu, Indah menolak disebut hanya “jual tampang”.

“Banyak yang nge-judge, pasti hidupnya gampang lah, bisa masuk kedokteran karena cantik, memandang rendah karena fisik,” kata Indah kepada Rappler di sela-sela kesibukannya sebagai koas di Rumah Sakit Dustira Cimahi, Jawa Barat.

“Padahal di kedokteran, enggak bisa kayak gitu. Enggak peduli anaknya siapa, dia siapa, akan diperlakukan sama. Apa yang Indah kerjakan sekarang karena perjuangan Indah sendiri. Kadang orang-orang suka memandang sebelah mata. Makanya ingin cepat lulus karenaingin buktiin aku bisa lulus jadi dokter.” 

“Banyak yang nge-judge, pasti hidupnya gampang lah, bisa masuk kedokteran karena cantik, memandang rendah karena fisik.”

Selain berharap cepat lulus jadi dokter, ada banyak faktor lain yang membuat Kang Emil menunjuk Indah sebagai Duta Layad Rawat. Ia juga pandai bernyanyi dan berakting. 

Karirnya di dunia hiburan memang belum terlalu menonjol, namun ia telah menjajaki profesi sebagai penyanyi dan aktris secara profesional sejak beberapa tahun ke belakang. 

Di dunia tarik suara, Indah telah mengeluarkan sebuah single berjudul Jangan Lihat Tangisku yang ia produksi melalui label independen dan disebar melalui YouTube. Lagu itu merupakan hasil karyanya sendiri, begitu pula video klipnya.

Indah juga pernah menyanyikan ulang lagu Inikah Cinta yang pernah dipopulerkan oleh ME, boyband era 90-an. Menjadi dokter dan penyanyi menjadi dua profesi yang dicita-citakannya. Ia mengaku terinpirasi oleh seniornya, dr. Tompi, yang sukses menjadi penyanyi jazz kawakan sekaligus tetap bisa menjalankan profesinya sebagai dokter.

Kemampuan menyanyi Indah memang menjadi pertimbangan Kang Emil saat ia dipilih sebagai duta Layad Rawat. Selain bertugas menyosialisasikan program Layad Rawat ini, Indah juga menyanyikan jingle lagu program kesehatan yang diluncurkan Juli lalu. 

“Kang Emil minta dua hal dari aku, jadi duta programnya sama mengisi jingle Layad Rawat-nya,” tutur Indah.

Indah mengaku bangga dan senang mendapat kesempatan terlibat dalam program yang besar muatan sosialnya itu. Didapuk sebagai duta, Indah sama sekali tidak dibayar. Namun itu sesuai misinya yang ingin membagi ilmu kedokterannya untuk berbagi dengan sesama.

“Kalau di bidang kedokteran, aku memisahkan dari soal fee, beda lagi kalau aku sebagai entertainer. Motto aku, dokter itu bukan suatu profesi yang mengutamakan uang,” katanya bijak.

Pemeran Amanda dalam drama seri musikal Stereo ini sedang fokus menuntaskan pendidikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani. Indah menargetkan gelar dokternya bisa diraih tahun depan.

Menoreh sejumlah prestasi

Menyandang gelar dokter muda berprestasi membuat namanya dikenal publik. Di media sosial dan kolom komentar media massa online, netizen kerap menyebutnya sebagai “Dokter Cantik”. Tapi julukan itu tak selalu membuatnya nyaman.

Ada saja yang nyinyir terhadap perempuan kelahiran 1994 ini. Padahal selain gelar akademik, ia juga menorehkan sejumlah prestasi, seperti mendapat juara 1 Mahasiswa Berprestasi di kampusnya.

Anak kedua dari tiga bersaudara ini juga masuk 15 besar Miss Indonesia 2014, dan meraih gelar Miss Beauty with Purpose. Sebelumnya, Indah juga berhasil meraih 1st Runner-up Miss Olympic 2010.

Di bidang tarik suara, sejumlah penghargaan pernah diraih perempuan kelahiran Padang ini. Salah satunya, 50 besar finalis MamaMia 2010. Beberapa produk komersil juga memakai Indah sebagai modelnya. Wajahnya akan semakin dikenal masyarakat karena belakangan ini Indah sering muncul di televisi sebagai pembawa acara Dr. Oz, program kesehatan di sebuah televisi swasta.

Namun dengan segala pencapaiannya itu, Indah merasa dirinya biasa saja. Seorang perempuan yang cuek, konyol, tomboy, tidak suka dandan, setiap dua jam sekali kelaparan dan makannya sebakul. Menurut Indah, banyak orang yang tertipu dengan penampilannya.

“Aku aslinya enggak cewek sih, orang-orang tertipu sama fisik saja. Aslinya enggak seanggun ini,” katanya sambil tersipu. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.