Hari Idul Adha, Jokowi ingatkan pentingnya kerukunan dan persaudaraan

Rappler.com
Hari Idul Adha, Jokowi ingatkan pentingnya kerukunan dan persaudaraan

ANTARA FOTO

Jokowi menyerahkan sapi seberat 1,4 ton sebagai kurban ke panitia di Masjid Agung Sukabumi

JAKARTA, Indonesia – Presiden Joko “Jokowi” Widodo kembali mengingatkan agar terus menjaga persaudaraan dan kerukunan di Indonesia. Jika memang ada gesekan dan pertikaian bisa diselesaikan dengan cara kepala dingin.

Pesan itu disampaikan Jokowi ketika memberikan sambutan di Lapangan Merdeka Sukabumi saat menunaikan salat Idul Adha pada Jumat, 1 September. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak ingin ada perpecahan kembali hanya karena urusan politik.

“Jangan sampai antar tetangga jadi pecah. Tidak boleh seperti itu. Oleh sebab itu, kami mengajak semuanya untuk mempererat sesama umat Muslim, sesama saudara sebangsa dan setanah air. Kita semuanya adalah saudara,” ujar Jokowi ketika memberikan kata sambutan.

Di kesempatan itu, ia turut menjelaskan alasannya memilih Sukabumi sebagai tempat untuk menunaikan salat Ied. Ia mengaku ingin mengecek pembangunan jalur kereta api dobule track dari arah Bogor menuju Sukabumi. Jokowi pun memilih naik kereta dari Stasiun Gambir untuk melakukan inspeksi.

“Jadi, tahun ini sudah dimulai (pembangunan jalur double track) Bogor – Sukabumi. Tahun depan baru disurvei juga untuk rute Sukabumi – Bandung. Untuk rute Bogor – Sukabumi anggarannya sudah ada, sehingga tinggal dilaksanakan,” kata dia.

Ia pun mengaku juga memiliki untuk membangun bandara di Sukabumi. Tapi, ia tidak ingin menjelaskan secara detail, karena khawatir akan terjadi kenaikan harga lahan yang akan digunakan untuk pembangunan bandara itu.

Jokowi menunaikan ibadah salat Ied bersama ibu negara Iriana Jokowi. Keduanya tiba di Lapangan Merdeka pada pukul 06:10 WIB, kendati salat baru dimulai pukul 06:42 WIB.

Jokowi dan Iriana juga menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi hidup seberat 1,4 ton kepada panitia kurban di Masjid Agung Sukabumi.

Dalam salat tersebut, Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz sempat menyampaikan kekagumannya terhadap upaya pembangunan besar-besaran yang disampaikan Jokowi.

“Kami saksikan kegigihan Bapak Presiden melalui kerja bersama dalam membangun infrastruktur di seluruh wilayah NKRI tercinta ini,” kata Muraz. – dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.