FOTO: Aksi solidaritas bagi etnis Rohingya di Yogyakarta

Anang Zakaria
FOTO: Aksi solidaritas bagi etnis Rohingya di Yogyakarta
Massa akhirnya memindahkan aksi di Masjid An-Nur karena dilarang polisi untuk berunjuk rasa di area Candi Borobudur

JAKARTA, Indonesia – Massa dari beberapa ormas Islam mulai terlihat mendatangi Masjid An-Nur yang berada di Kabupaten Magelang. Mereka akhirnya memilih mendatangi masjid tersebut, karena polisi melarang mereka berunjuk rasa di area Candi Borobudur pada hari ini. (BACA: Polisi larang aksi demonstrasi di area Candi Borobudur)

Kendati batal berunjuk rasa di candi peninggalan agama Buddha tersebut, massa yang berasal dari alumni 212 Aksi Bela Islam itu tetap ingin menunjukkan solidaritas bagi etnis Rohingya di Masjid An-Nur. Lokasi masjid itu tidak jauh dari Candi Borobudur.

Tak mau kecolongan, polisi memperketat pengamanan di pintu masuk masjid. Mereka menggunakan metal detector dan pintu x-ray di pintu masuk utama.

Semua pengunjung terlihat harus melalui pintu x-ray dan diperiksa dengan pemindai metal. Kemudian, barang bawaan pengunjung diperiksa satu demi satu.

Metal detector juga dipasang di area loket tiket Candi Borobudur. Baik turis domestik atau mancanegara diperiksa oleh aparat keamanan.

Diperkirakan akan ada 2.000 orang yang ikut aksi pada hari ini. Koordinator aksi mengatakan tidak akan ada unjuk rasa di depan masjid. Mereka hanya akan melakukan salat ghaib dan mengumpulkan sumbangan yang akan dikirim ke Myanmar.

Berikut beberapa foto yang berhasil diabadikan Rappler dari lokasi Masjid An-Nur:

RAZIA. Foto oleh Anang Zakaria/Rappler

BARIKADE. Foto oleh Anang Zakaria/Rappler

KECEWA. Foto oleh Anang Zakaria/Rappler

METAL DETECTOR. Foto oleh Anang Zakaria/Rappler

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.