4 resep perempuan sukses ala Menkeu Sri Mulyani

Rappler.com
Ibu tiga anak ini berbagi pengalamannya di acara 'US-Indonesia Women’s CEO Summit' di Washington DC, AS, pada 11 Oktober 2017

PEREMPUAN SUKSES. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berbagi tip sukses untuk kaum perempuan di gelaran 'US-Indonesia Women's CEO Summit '. Foto dari akun Instagram @smindrawati

JAKARTA, Indonesia —Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati adalah salah satu sosok yang pas memberikan tip bagi perempuan karier. Mantan direktur pengelola Bank Dunia ini menjadi pembicara kunci di acara US-Indonesia Women’s CEO Summit, di Washington DC, AS, pada 11 Oktober 2017. Hari yang bertepatan dengan peringatan Hari Anak Perempuan Internasional.

Melalui akun Instagramnya, @smindrawati, ibu tiga anak ini berbagi tentang apa yang disampaikannya di acara pertemuan puncak perempuan pemimpin itu. Menurut Sri Mulyani, ada 4 hal yang penting bagi perempuan karier yang sukses.

Simak di bawah ini.

Role model atau teladan dari keluarga

“Di keluarga, ayah dan ibu saya adalah pendidik yang mengabdi di kampus sebagai dosen. Ibu saya menjadi inspirasi dan teladan bagi saya karena walaupun harus mengasuh dan membesarkan anaknya yang berjumlah 10 orang, dia berhasil meraih gelar doktor,” tutur Sri.

Dukungan keluarga untuk memotivasi 

Selain orang tua kita yang selalu mendukung untuk selalu mencapai yang terbaik, dukungan suami dan anak-anak sangat penting. Tidak ada hal yang tidak mungkin bila semuanya mendukung. Keluarga adalah mitra utama kita.

Memberikan yang terbaik dalam bekerja 

Kita menghabiskan sebagian besar waktu kita, 8-10 jam di tempat bekerja, pasti akan memberikan rasa bersalah bagi seorang perempuan, seorang ibu, juga seorang istri.  Rasa bersalah tersebut harus dikompensasi dengan melakukan semua pekerjaan dengan baik, sehingga tidak ada rasa penyesalan.

Memberi semangat pada sesama perempuan bekerja

Sebagai perempuan bekerja kita harus saling memberikan semangat dan motivasi kepada sesama perempuan pekerja. Karena perjalanan karier perempuan  tidak mudah, maka diperlukan pemberdayaan dan penguatan agar dapat saling mendukung.

Selain keempat hal di atas, Sri Mulyani mengingatkan agar saat berada di rumah, perempuan melepaskan atribut di tempat bekerja, dan berlaku sebagaimana seorang perempuan yang menjadi istri bagi suami dan ibu bagi anak-anaknya.

Saat menjabat sebagai orang nomor dua di Bank Dunia, Sri Mulyani masuk dalam jajaran Perempuan Paling Berpengaruh di dunia keuangan, versi Majalah Forbes. Dia juga dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia.

Resep dari Sri Mulyani yang disampaikan pada Hari Anak Perempuan Internasional menjadi relevan. Pas momennya. 

Data Perserikatan Bangsa-Bangsa menunjukkan ada 1,1 miliar anak perempuan, mereka adalah sumber kekuatan, energi dan kreativitas.  Termasuk jutaan anak perempuan yang berada dalam situasi darurat, di area konflik dan di penampungan pengungsian.

PBB menetapkan tanggal 11 Oktober 2017 sebagai awal upaya satu tahun membangun perhatian global dan beraksi terhadap tantangan dan peluang yang dihadapi anak-anak perempuan sebelumnya, saat ini dan di masa depan.

Supaya kita bisa melihat lebih banyak sosok seperti Sri Mulyani dan jutaan perempuan yang memberikan manfaat bagi keluarga, lingkungan dan bangsanya.

—Rappler.com