3 cara agar weekend aman dari gangguan pekerjaan

Rappler.com
3 cara agar weekend aman dari gangguan pekerjaan
Karena sesungguhnya, weekend adalah waktu untuk Anda sejenak lepas dari pekerjaan

JAKARTA, Indonesia —Weekend adalah waktu yang ditunggu-tunggu! Kebanyakan karyawan tentu sedang memikirkan dan menyiapkan segudang aktivitas menyenangkan di akhir pekan. Mulai dari niatan travelling keluar kota, bercengkerama bersama keluarga, dan juga hang out bersama teman-teman.

Namun, terkadang ada saja hal-hal yang dapat merusak weekend. Salah satunya ketika bos memberikan beberapa pekerjaan penting menjelang akhir weekend, dengan harapan Anda akan mau menghabiskan waktu luang di akhir pekan dengan menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Hal ini tentu tidak adil, karena weekend adalah waktu untuk Anda sejenak lepas dari pekerjaan. Jika hal ini hanya terjadi sekali tentu dapat dimaklumi, namun jika berkali-kali sudah seharusnya Anda untuk tidak menerima instruksi tersebut.

Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan seperti yang disadur dari Career Addict.

Tegas

Jadilah orang yang tegas! Tegas bukan berarti harus berbicara dengan nada keras untuk mengungkapkan maksud Anda. Tegas berarti tahu waktu yang tepat kapan dan bagaimana caranya untuk memperjuangkan hak Anda. Jangan takut, dianggap sebagai karyawan yang tidak sopan. Mulai utarakan alasan Anda dengan tenang mengapa Anda tidak bisa melakukan pekerjaan tersebut di akhir pekan.

Hasil penelitian bisa jadi alasan yang menyakinkan

Alasan yang logis mampu membuat Anda terhindar dari gloomy weekend. Jika bos Anda masih tidak menerima alasan Anda, coba komunikasikan langsung kepada bos Anda bahwa orang-orang yang bekerja lebih dari 11 jam memiliki risiko lebih besar untuk mengalami depresi dari pada orang yang bekerja 8 jam sesuai jam standar seperti yang dilansir dari hasil penelitian The Finnish Institute of Occupational Health and University College London.

Sehingga waktu produktif untuk bekerja adalah 40 jam dalam satu minggu.

Buat batasan email

Anda tetap memeriksa email kantor saat weekend? Walaupun hanya sekadar memeriksa email kantor, bisa dibilang bahwa pekerjaan adalah bagian dari aktivitas weekend Anda.

Hal pertama yang bisa Anda coba lakukan adalah koordinasikan kepada bos Anda untuk mengirim email hanya mengenai pekerjaan-pekerjaan yang emergency sehingga Anda bisa mempersiapkan dan mengerjakannya di hari Senin. Dan jangan lupa untuk mengatur waktu yang tepat untuk Anda memeriksa email ya!

Meski terdengar sulit untuk dilakukan, weekend yang menyenangkan tanpa ganguan pekerjaan bisa membuat Anda lebih produktif! —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya telah diterbitkan di Qerja.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.