FOTO: Wisata Kuliner di Muslim Street Xi’an Tiongkok

Uni Lubis
FOTO: Wisata Kuliner di Muslim Street Xi’an Tiongkok
Karena ada ikon masjid raya bersejarah, ribuan wisatawan berkunjung ke Jalan Muslim

XI’AN, Tiongkok —Jika kalian berlibur ke Tiongkok, kawasan tengah termasuk di kota Xi’an adalah pilihan menarik. Tentu saja orang kenal Xi’an karena di ibukota lama Tiongkok ini terletak museum yang sangat terkenal: Terracotta Warriors. Karya spektakuler Kaisar Dinasti Qin ini menjadi tujuan utama ke Xi’an, ibukota Provinsi Shaanxi.

(BACA JUGA: Lima fakta tentang Terracotta Warriors di Xi’an)

Tapi di Xi’an pula agama Islam pertama kali masuk ke Tiongkok, sekitar 2.000 tahun lalu. Tak heran jika di sini pula terdapat salah satu populasi muslim terbesar di Tiongkok, sekitar 90 ribuan orang. Ada Mesjid Raya tertua dan terbesar di Tiongkok, yang usianya sekitar 1.725 tahun. Ada 10-an masjid di kota Xi’an.

(BACA JUGA: FOTO: Berkunjung ke Mesjid Raya Xi’an)

Fakta dan warisan sejarah ini membuat Xi’an juga menjadi kota tujuan wisata kuliner halal. Di tengah kota ada Muslim Street, atau Jalan Musim, yang dihuni ratusan toko dan kedai yang menjual beragam kuliner yang digemari semua orang, termasuk non muslim.

Jalan utama di Muslim Street dikenal dengan nama Huimin Street. Banyak gang yang lebih kecil di kawasan ini. Jadi Xi’an Muslim Street adalah kawasan yang mencakup jalan-jalan Beiyuanmen, Guangji Selatan, Xiyangshi dan Dapiyuan.

Makanan yang dijual di sini sangat beragam, dan dibuat baru di tempat.  Jenisnya mulai dari beragam, sate kebab, sate makanan laut, roti pia dengan beragam isi termasuk daging cincang bumbu, martabak, buah-buahan, sampai beragam gulai.  Nuansa Timur-Tengah kental, karena pedagang Arab lah yang membawa Islam ke Xi’an.

Hampir setiap hari ribuan warga, termasuk wisatawan dari luar kota mengunjungi Muslim Street. Puluhan akomodasi hotel beragam kelas mudah ditemui di sekitar lokasi ini.

(BACA JUGA: Bagaimana kehidupan Umat Muslim di Xi’an?)

Berikut foto-foto dari Jalan Muslim di Xi’an.

—Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.