Tamu midodareni Kahiyang-Bobby membludak, Jokowi minta maaf

Ryan Songalia
Tamu midodareni Kahiyang-Bobby membludak, Jokowi minta maaf

ANTARA FOTO

Ribuan tamu tak bisa masuk ke dalam tempat acara midodareni Kahiyang-Bobby

 

SOLO, Indonesia — Ribuan tamu yang mendatangi kediaman Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada acara midodareni jelang pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution, pada Selasa malam, 7 November, membludak. Jumlah tamu tak sebanding dengan daya tampung tempat acara.

Hingga pukul 20:30 WIB tamu relawan Jokowi terus berdatangan dengan menumpang bus dari tempat mereka menginap di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Ada sedikitnya 7.000 relawan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia yang datang ke Solo.

Namun, hanya sebagian kecil yang bisa masuk ke acara midodareni. Akibatnya, sebagian besar memenuhi jalan utama. Beberapa di antaranya ada yang kecewa karena berharap bisa bersalaman dengan Jokowi.

Sebelumnya, saat memberikan sambutan kepada keluarga Bobby dan tamu, Jokowi meminta maaf karena tak bisa menampung semua tamu meskipun semua tempat tetangga kanan kirinya sudah dipakai semua.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerawuhan bapak ibu sekalian yang sudah jauh-jauh datang, dari Sabang sampai Merauke. Saya mengetahui semua berjuang keras untuk sampai di rumah keluarga besar saya di tengah kampung ini,” kata Jokowi.

“Saya mohon maaf sebesar-besarnya kursi yang saya sediakan hanya separo, tidak cukup. Info yang saya terima yang akan datang 2.000, lalu berubah 4.000, berubah lagi 5.000, lalu 7.000.”

Usai acara, Jokowi akhirnya keluar untuk menyalami para relawan yang sudah lama menunggu sejak pukul 19.00. Jokowi juga menyempatkan diri untuk berswafoto dengan beberapa tamu.

Sementara relawan Jokowi berasal dari berbagai kelompok, seperti Projo dan Kebangkitan Indonesia Baru (KIB). Mereka menumpang 30 bus yang datang secara berangsur.

Koordinator relawan Projo dari DKI Hariadi mengatakan rombongannya berjumlah sekitar 1.500 orang. Mereka juga berencana datang menyaksikan kirab kereta kencana yang akan membawa kedua calon mempelai ke gedung untuk melakukan akad nikah Rabu pagi. Selain itu ada juga Projo dari kota lain, seperti Bogor, Bekasi, Tasikmalaya, Jombang, Ngawi, dan Madiun.

Jenny Manurung, Ketua KIB DKI menyampaikan kegembiraannya bisa datang ke acara pernikahan putri Jokowi. Ia bersama sekitar 140 orang dari tujuh provinsi ingin menyaksikan dan merasakan kebahagiaan keluarga besar Jokowi, tokoh yang selalu mereka dukung sejak menjadi gubernur DKI.

Sementara itu rombongan keluarga Bobby datang ke acara midodareni dipimpin Menko Perekonomian Darmin Nasution dengan membawa puluhan bingkisan seserahan, berupa perhiasan, tas, sepatu, dan barang lainnya untuk diserahkan pada Kahiyang.

Dalam acara midodareni, ada bagian penting yang disebut ‘tanting’, di mana mempelai wanita ditanya kembali oleh orang tuanya tentang kebulatan tekadnya untuk menikah. Setelah itu Jokowi memberi nasihat dan pesan untuk Kahiyang sebelum menikah.

Sementara, tamu yang datang disuguhi beberapa menu lokal seperti nasi liwet, sup galantin, dan rujak degan. Semua menu disiapkan oleh katering Chilli Pari milik putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Panitia menyediakan 4.500 porsi setiap menu untuk acara midodareni.

Tuan rumah juga memberikan suvenir berupa dua jenis notebook dengan sampul yang terbuat dari kertas daur ulang. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.