SAKSIKAN: Presiden Trump coba ‘pendekatan’ ke Iriana Jokowi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

SAKSIKAN: Presiden Trump coba ‘pendekatan’ ke Iriana Jokowi
Trump turut mengucapkan selamat kepada Jokowi atas pernikahan putrinya

JAKARTA, Indonesia – KTT APEC yang digelar di Danang, Vietnam memang sudah berakhir. Namun, momen spontan yang terjadi di sana tidak dilupakan publik.

Salah satunya ketika Presiden Amerika Serikat Donald Trump duduk di samping Ibu Negara Iriana Jokowi saat makan malam para pemimpin APEC digelar pada Jumat, 10 November di Hotel Sheraton. Trump terlihat beberapa kali mengajak Iriana ngobrol.

Memang istri Trump, Melania tidak ikut mendampingi usai keduanya melakukan tur keliling Asia sejak awal bulan ini. Itu bisa jadi penyebab mengapa ia akhirnya mengajak Iriana yang duduk di sampingnya untuk ngobrol. Bahkan, Trump juga mengajak Iriana untuk berfoto bersama.

Melihat istrinya diajak berkomunikasi, Presiden Joko Widodo pun ikut menimpali. Ia juga ikut berfoto bersama dengan Trump.

Lalu, apa yang dibicarakan Trump dan Iriana? Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Trump bertanya mengenai banyak hal dan ikut memberi selamat atas pernikahan putri Jokowi dan Iriana.

“Rupanya (acara) mantunya itu, nikahan itu, diketahui dunia. Yang memberi ucapan selamat pun tidak hanya Trump, tapi juga Trudeau (Perdana Menteri Kanada). Perdana Menteri Australia (Malcolm Turnbull) juga memberi ucapan,” kata Pramono seperti dikutip media.

Ia menyebut, gestur yang ditunjukkan oleh Trump menandakan ada keakraban dengan Iriana serta hubungan baik kedua negara.

Hal lain yang terlihat secara nyata lainnya yakni ketika Jokowi mulai merasa nyaman berinteraksi dengan para pemimpin dunia seperti Trudeau, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, pemimpin Hong Kong Carrie Lam dan PM Australia Malcolm Turnbull. Berikut beberapa fotonya:

FOTO KELUARGA. 21 Pemimpin APEC berfoto bersama di Hotel Sheraton Danang, Vietnam. Foto diambil dari akun Twitter @KemenSetnegRI

BERBINCANG. Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Justin Trudeau terlihat berbicara serius di sela KTT APEC. Foto diambil dari akun Twitter @KemenSetnegRI

BERDISKUSI. Foto diambil dari akun Twitter @KemenSetnegRI

DISKUSI DENGAN PM TURNBULL. Foto diambil dari akun Twitter @KemenSetnegRI

DISKUSI DENGAN ABE. Foto diambil dari akun Twitter @KemenSetnegRI

Dalam KTT APEC tersebut, Jokowi menyampaikan tiga pesan yakni pembangunan inklusif yang memberikan manfaat bagi masyarakat secara umum, mengingatkan agar Bogor Goals segera direalisasikan dan penerapan teknologi untuk merealisasikan visi pasca 2020. Beberapa langkah antisipatif dan adaptif, kata Jokowi, harus dilakukan APEC untuk mengurangi jurang ketimpangan pembangunan. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!