Philippine economy

Inilah rangkaian acara adat Batak Mandailing pernikahan Kahiyang-Bobby

Rappler.com
Inilah rangkaian acara adat Batak Mandailing pernikahan Kahiyang-Bobby
Acara akan berlangsung selama sepekan mulai 19-26 November di Medan

JAKARTA, Indonesia —Usai menggelar akad nikah dan resepsi di Solo, Jawa Tengah pada 8 November lalu, kini rangkaian pesta perayaan pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution berlanjut ke kampung halaman Bobby di Medan.

Selama sepekan, acara demi acara seturut adat Batak Mandailing akan dijalani Bobby dan Kahiyang.

Dibuka dengan penyambutan Bobby dan Kahiyang yang tiba Minggu, 19 November di Medan. Malam harinya digelar prosesi Mangalo-alo Boru (Haroan Boru) yang dihadiri sekitar 250 orang tamu.

Seluruh rangkaian acara akan digelar di kediaman keluarga Bobby di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR), Jalan Setia Budi, Medan. 

Acara pertama yakni Haroan Boru akan digelar sebagai penyambutan Kahiyang di rumah keluarga Bobby untuk pertama kalinya setelah ia dan Bobby resmi jadi sepasang suami istri. Malam itu Kahiyang terlihat cantik mengenakan busana warna biru muda.

Rezeki tidak harus berupa uang dan harta tetapi bisa jadi dalam bentuk pertemanan persaudaraan #kahiyangbobby

A post shared by Muhammad Irsyal Harahap (@irsyalharahap) on

Selanjutnya berselang sehari, Selasa, 21 November juga akan diadakan serangkaian acara adat Batak Mandailing. Acara utamanya adalah proses pemberian marga atau Mangalehan Marga. Kahiyang akan diberi marga Siregar sesuai dengan marga ibunda Bobby. Untuk prosesi ini diperkirakan ada 300 orang tamu yang akan hadir.

Acara adat akan kembali digelar pada Jumat, 24 November. Serangkaian acara sudah diagendakan di hari ini. Akan digelar juga sidang adat sebagai bentuk diskusi dan dialog tentang seluruh rangkaian dan upacara adat yang diperlukan.

Berlanjut ke hari Sabtu, 25 November, di mana keluarga Bobby akan menyambut besan mereka, keluarga besar Joko Widodo dan Iriana dari Solo. Prosesi mangulosi atau pemberian ulos pada keluarga Presiden RI tersebut pun akan dilakukan di hari ini. Diperkirakan sekitar 5000 tamu undangan akan hadir. 

Dan rangkaian acara di Medan akan ditutup oleh prosesi resepsi yang juga digelar di area kediaman keluarga Bobby di hari Minggu, 26 November. Panitia sendiri mengaku telah menyebar sekitar 2000 undangan untuk resepsi. 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.