Penutupan Bandara Ngurah Rai diperpanjang, Bandara Lombok beroperasi lagi

Rappler.com
Penutupan Bandara Ngurah Rai diperpanjang, Bandara Lombok beroperasi lagi
“Karena mempertimbangkan ruang udara bandara yang masih tertutup oleh sebaran abu vulkanik Gunung Agung.”

JAKARTA, Indonesia — Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Israwadi mengatakan penutupan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan diperpanjang hingga 24 jam ke depan atau hingga Rabu, 29 November 2017, pukul 06.00 WITA, 

“Karena mempertimbangkan ruang udara bandara yang masih tertutup oleh sebaran abu vulkanik Gunung Agung,” kata Israwadi melalui keterangan tertulis pada Selasa pagi, 28 November 2017.

Israwadi mengatakan keputusan memperpanjang penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai berdasarkan hasil Rapat Kordinasi Erupsi Gunung Agung yang digelar pada Selasa dinihari. Rapat diikuti oleh Otoritas Bandara Wilayah IV, Airlines, Ground Handling, Airnav Indonesia serta BMKG.

Dalam rapat tersebut diungkapkan hasil pengamatan dari Volcanic Ash Advisory Centre Darwin, bahwa semburan debu vulkanik Gunung Agung telah mencapai ketinggian 30.000 kaki dan bergerak ke arah selatan-barat daya dengan kecepatan 5-10 knots. 

“Demi menjaga keselamatan penerbangan meskipun hasil paper test yang dilakukan hingga pukul 00.00 WITA hasilnya NIL Vulcanic Ash di bandara,” kata Israwadi.   

Bandara Internasional Lombok kembali beroperasi  

Sementara Bandara Internasional Lombok Praya kembali beroperasi normal setelah sempat ditutup sementara pada Senin, 27 November 2017 pukul 19.50 WITA. 

Bandara Internasional Lombok Praya dibuka kembali karena menurut hasil pemantauan BMKG abu vulkanik Gunung Agung tidak lagi mengarah ke Bandara Internasional Lombok Praya.

“Berdasarkan rapat kordinasi serta pengamatan yang dilakukan oleh seluruh komunitas bandara disepakati Bandara Internasional Lombok untuk beroperasi kembali sejak pukul 06.00 WITA,” ujar Israwadi.

Maskapai Lion Group dan Silk Air pun menyatakan kesiapan mereka untuk kembali beroperasi setelah sempat menunda penerbangan mereka.  —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.