Cuaca membaik, penyeberangan Merak-Bakauheni dibuka lagi

Rappler.com
Cuaca membaik, penyeberangan Merak-Bakauheni dibuka lagi
Para pengguna jasa diminta menyesuaikan jadwal keberangkatan

MERAK, Indonesia – Sempat ditutup sejak Kamis sore, layanan penyeberangan Merak-Bakauheni dibuka kembali pada Jumat pukul 2.30 pagi, 1 Desember 2017.

Intan Sugiharti, PLT Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, mengatakan kondisi cuaca telah membaik dan dianggap aman bagi pelayaran oleh KSOP Merak selaku regulator.

“Layanan penyeberangan kembali dibuka dengan mengoperasikan dermaga 3 Pelabuhan Merak dan mengerahkan kapal-kapal berukuran besar untuk mengangkut kendaraan dan penumpang yang tertahan pasca penghentian sementara operasional sejak Kamis sore,” kata Intan pada Jumat, 1 Desember.

Menurut Intan, akibat penghentian sementara kemarin, telah terjadi antrian terhitung mulai KM96 menuju exit tol Merak. Di dalam Pelabuhan Merak juga terpantau sangat padat.

Sedikitnya 3.665 calon penumpang, 289 unit roda empat, 961 unit sepeda motor, 330 unit truk sedang dan besar, dan 33 unit bus telah masuk ke Pelabuhan Merak sejak pukul 20.00 tadi malam.

Pihak ASDP meminta warga yang ingin menyeberang ke Bakauheni untuk mengatur waktu keberangkatan.

Sementara itu, Fahmi Alweni, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak, mengatakan bila kondisi terus membaik, pihaknya akan mengoperasikan dermaga 1 dan 2.

“Kami akan maksimalkan pengoperasian sebanyak 22 unit kapal pada hari ini melayani lintasan Merak-Bakauheni. Diharapkan kondisi cuaca semakin membaik, agar operasi kembali normal di seluruh dermaga,” katanya.

Fahmi juga mengatakan semua penumpang pejalan kaki telah diseberangkan.

Pengoperasian pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni ditutup pada Kamis sore pukul 17.45, 30 November 2017, karena cuaca buruk yang ekstrem dan gelombang tinggi disekitar perairan Selat Sunda. – Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.