5 komunitas yang peduli perempuan korban kekerasan

Rappler.com
5 komunitas yang peduli perempuan korban kekerasan
Kelima komunitas ini siap menjadi penolong saat kamu atau orang yang kamu kenal mengalami kekerasan

JAKARTA, Indonesia — Terlahir sebagai perempuan dalam budaya patriarki di Indonesia membuat perempuan sering mengalami korban kekerasan seksual. Setiap tahun, angka kekerasan terhadap perempuan di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan Catatan Tahunan (Catahu) Komnas Perempuan, terdapat 260.000 kekerasan terhadap perempuan pada 2016. 

Menurut Komnas Perempuan, dalam dua jam sehari, terdapat tiga perempuan yang menjadi korban kekerasan seksual di Indonesia. Kekerasan seksual ini bisa terjadi di mana saja, mulai dari kekerasan terhadap fisik, kekerasan terhadap psikis, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kekerasan terhadap istri (KTI), pemerkosaan, percabulan, dan trafficking. 

Pemerkosaan di dalam ranah rumah tangga menjadi peringkat pertama yaitu sebanyak 1.390 kasus, kemudian diikuti percabulan sebanyak 1.266 kasus. 

Kini sudah saatnya kita mulai berani berbicara memecahkan kebisuan kasus kekerasan seksual. Saat menjadi korban kekerasan, kamu tak perlu takut dan jangan pernah merasa sendiri melewati masalah kekerasan seksual. Kelima komunitas ini siap menjadi penolong saat kamu atau orang yang kamu kenal mengalami kekerasan. 

Infografis oleh Fanny Sara/Rappler

1. Hollaback! Jakarta

Saat kamu mengalami pelecehan seksual di jalan, kamu bisa menceritakan kejadian itu kepada tim Hollaback! Jakarta. Hollaback! Jakarta adalah sebuah komunitas untuk saling berbagi cerita dan memberi dukungan. 

Saat kamu merasa tidak aman di jalan, melalui situs Hollaback! kamu bisa menuliskannya dan memberitahu kepada semua orang tempat-tempat atau jalan yang sering terjadinya pelecehan seksual. Sesama pengguna Hollaback! Jakarta, mereka akan memberikan kamu dukungan. 

Kamu bisa menceritakan adanya pelecehan seksual di ruang publik dengan cara men-download aplikasi Hollaback! atau menuliskan apa yang kamu alami di situs www.jakarta.ihollaback.org. Follow juga Twitter-nya di @HollabackJKT.

2. Koalisi Perempuan Indonesia

Koalisi Perempuan Indonesia merupakan organisasi perempuan yang berjuang untuk mewujudkan keadilan dan demokrasi dengan berpegang teguh kepada nilai-nilai dan prinsip kejujuran, keterbukaan, persamaan, kesetaraan, persaudarian (sisterhood), kebebasan, kerakyatan, kemandirian, keberagaman, dan solidaritas pada rakyat kecil yang tertindas.

Bagi kamu yang ingin berjuang untuk keadilan dan demokrasi secara independen bisa bergabung bersama Koalisi Perempuan Indonesia melalui situs www.koalisiperempuan.or.id.  

3.Komnas Perempuan

Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) adalah lembaga negara yang independen untuk penegakan hak asasi manusia perempuan Indonesia. Komnas perempuan memiliki misi untuk menghapus kekerasan terhadap perempuan baik di tingkat lokal, nasional, kawasan, maupun internasional. 

Untuk kamu yang pernah mengalami kekerasan, Komnas Perempuan bisa menjadi tempat untuk kamu mengadu dan meminta bantuan. Kamu bisa mengubungi Komnas Perempuan dengan banyak cara seperti melalui email mail@komnasperempuan.go.id, telepon di 021-3903963, media sosial Twitter @KomnasPerempuan dan Facebook: Komisi nasional anti kekerasan terhadap perempuan. 

Komnas perempuan beralamat di Jl. Latuharhari No.4B, RT.1/RW.4, Menteng, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310. 

4. Lembaga Bantuan Hukum APIK

Lembaga Bantuan Hukum APIK siap menolong korban kekerasan terhadap perempuan. Bantuan hukum ini diberikan bagi perempuan miskin pencari keadilan yang lemah secara politik, ekonomi, maupun sosial budaya di dalam dan di luar pengadilan. 

Bagi perempuan yang sedang terjerat dalam hukum mencari keadilan bisa meminta LBH APIK untuk menolong. Kamu bisa menghubunginya melalui telepon 021-87797289, Twitter @LBHAPIK, dan email apiknet@centrin.net.id. 

LBH APIK beralamat di Jalan Tengah Raya No.31, RT.1/RW.9, Kp. Tengah, Kramatjati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13520

5.Yayasan Lentera Sintas Indonesia

Yayasan Lentera Sintas Indonesia adalah kelompok dukungan untuk penyintas kekerasan seksual dan perkosaan. Lentera Sintas Indonesia siap menolong dan mendukung korban pemerkosaan. Di sini kamu akan didampingi oleh sesama survivor. Lentera Sintas Indonesia siap mendengarkan curahan hati korban perkoasaan. 

Saat mengalami pemerkosaan kamu tak perlu merasa depresi, karena Lentara Sintas Indonesia akan memberikan kamu semangat hidup dan membantu mencari jalan keluar. Kamu bisa menghubungi mereka melalui Intagram @lentera_id, Twitter @lenteraID, dan Facebook lentera ID. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.