5 cara agar tidak boros saat liburan akhir tahun

Eka Utami
Kita harus putar otak untuk memikirkan cara agar tidak tekor selama musim liburan

Foto dari dokumen qerja.com

JAKARTA, Indonesia —Pengeluaran akhir tahun seringkali lebih besar dibandingkan bulan-bulan lainnya. Kita membutuhkan lebih banyak uang untuk menjamu teman dan keluarga, hingga jalan-jalan ke luar kota. Padahal, gaji bulanan belum bertambah, bonus tahunan pun belum turun.

Maka, kita harus putar otak untuk memikirkan cara agar tidak tekor selama musim liburan. Berikut tip untuk “menyelamatkan” uang Anda tanpa mengorbankan rencana liburan akhir tahun seperti disarikan dari Forbes.

Menghemat biaya rutin

Musim liburan penuh dengan pengeluaran yang tidak biasa. Mungkin Anda perlu membeli lebih banyak makanan, tiket perjalanan,  hingga karcis masuk tempat wisata. Untuk itu, sejak awal Desember atau sejak November Anda sudah harus berhemat. Anda bisa mengurangi biaya untuk kedai kopi atau makan siang di luar kantor.

Pada akhir pekan, Anda juga harus menahan diri untuk wisata kuliner. Atau, Anda juga menghilangkan pikiran untuk membeli baju baru bulan ini. Apapun itu, Anda harus mengurangi satu kategori pengeluaran rutin. “Pengorbanan” jangka pendek ini tidak akan sampai merugikan Anda. Toh yang Anda kurangi adalah bukan biaya rekreasi bukan pengeluaran untuk kebutuhan pokok.

Membuat rencana

Sebelum memasuki akhir tahun Anda selalu menjaga agar anggaran rumah tangga mencukupi kebutuhan bulanan. Namun, saat sedang liburan, biasanya Anda tidak terlalu disiplin pada pengeluaran. Anda sering menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. “Hanya setahun sekali, tidak akan rugi,” begitu pikir Anda.

Sebaiknya, saat belanja untuk keperluan liburan Anda tetap menentukan batas pengeluaran total. Jangan sampai pengeluaran ini mengganggu setoran pensiun atau membuat tagihan kartu kredit membengkak.

Bandingkan penawaran termurah dan diskon

Jika Anda perlu membeli barang atau hadiah, mungkin bisa memilih situs belanja online. Belanja online bisa memudahkan Anda mendapat barang yang diinginkan. Anda tidak perlu keluar ongkos dan tenaga besar. Selain itu, Anda juga lebih leluasa membandingkan harga barang antara satu toko dan toko lainnya. Bahkan Anda mungkin bisa mendapatkan barang dengan potongan harga besar-besaran karena mereka menyelenggarakan diskon akhir tahun.

Strategi kartu kredit

Pengguna kartu kredit bisa mengambil keuntungan dari penggunaan kartu kredit. Anda bisa mendapat potongan harga untuk pembelian barang dengan kartu kredit tertentu di toko tertentu. Anda juga bisa mendapat cash back di beberapa toko dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Jadi, belanja dengan kartu kredit bisa menguntungkan juga. Tapi, Anda juga perlu ingat untuk bijak menggunakan kartu kredit dengan membeli barang yang diperlukan dan membayar tagihan kartu dengan disiplin.

Menyederhanakan tradisi

Jika Anda terbiasa mengisi liburan akhir tahun dengan mengajak seluruh keluarga untuk jalan-jalan, maka kali ini Anda tidak perlu melakukannya. Cari variasi kegiatan lain bersama keluarga yang lebih murah. Misalnya, mengadakan acara makan di rumah dan menyalakan kembang api sendiri di malam Tahun Baru.

Saat Anda merasa kesulitan karena harus mengencangkan ikat pinggang selama dua bulan belakangan, kini saatnya membuat rencana liburan lebih matang untuk tahun depan. Misalnya, Anda bisa membuat rekening khusus liburan untuk Desember 2018. Hal itu akan meringankan beban Anda di akhir tahun. —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di qerja.com