Datang ke UGM, Presiden Jokowi terkenang rambut gondrong dan celana cutbray

Rappler.com
Presiden Jokowi ternyata pernah bercita-cita menjadi pegawai Perhutani

Presiden-terpilih Joko 'Jokowi' Widodo. Foto oleh Romeo Gacad/AFP

JAKARTA, Indonesia — Begitu menjejakkan di Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta, ingatan Presiden Joko “Widodo” Widodo langsung terseret ke masa 37 tahun silam ketika dirinya masih menjadi mahasiswa.  

“Tadi ketika saya masuk ke kampus kita yang kita cintai ini, kenangan saya kembali ke 37 tahun yang lalu sebagai mahasiswa yang gondrong, celananya `cutbray`,” kata Presiden Jokowi saat memberi kuliah umum dalam rangka dies natalis ke-68 UGM di Yogyakarta, Selasa 19 Desember 2017.

Presiden Jokowi lulus dari Fakultas Kehutanan UGM pada 1980. Saat itu, kata Presiden, dirinya memiliki cita-cita jadi pegawai Perhutani. “Tapi nggak kesampaian dan ternyata jadi Presiden RI,” kata Jokowi. “Allah yang berkehendak lain.”   

Jokowi mengatakan apa yang diraihnya saat ini tidak lepas dari pendidikan yang diterimanya di UGM, kampus yang menurutnya melahirkan tokoh-tokoh berintegritas yang mencintai Indonesia.

Di ujung pidatonya Presiden Jokowi menunjukkan koleksi fotonya saat masih menjadi mahasiswa. Ia juga sempat mengundang dua dosen untuk menebak dirinya. —Rappler.com