5 drama Korea terbaik tahun 2017 versi Rappler Indonesia

Yetta Tondang
Selain akting dari aktor dan aktris ternama, kekuatan cerita membuat 5 serial ini jadi yang terbaik

JAKARTA, Indonesia —Penikmat drama Korea alias drakor kembali dimanjakan dengan sejumlah judul tayangan serial berkualitas sepanjang tahun 2017. Sederet serial yang muncul di tahun 2017 juga datang dari berbagai jenis genre berbeda yang mengakomodir minat para penonton drama Korea.

Sepanjang tahun, parade aktor dan aktris terbaik Korea pun hadir menghiasi layar kaca dengan akting mereka. Ada yang dalam setahun tampil di beberapa judul, ada pula yang memilih tahun 2017 sebagai tahun comeback mereka di layar kaca.

Selain akting para aktor dan aktris yang menarik untuk disaksikan, tapi tentu saja yang jadi salah satu kekuatan utama tayangan drama Korea adalah alur ceritanya. Beragam cerita komedi, romansa, persaingan, kehidupan keluarga dan banyak lagi tentu jadi daya tarik penikmat serial Korea.

Dan di antara banyaknya judul drama Korea yang hadir sepanjang tahun ini, ada 5 yang kami anggap terbaik. Apa saja 5 serial tersebut? Simak di bawah ini.

Fight for My Way

Serial drama Korea produksi KBS ini mulai tayang 22 Mei hingga 11 Juli 2017. Sejak episode pertamanya, Fight for My Way sudah sukses mencuri perhatian penggemar. Salah satu penyebabnya adalah duet aktor dan aktris pemeran utama di serial ini: Park Seo Joon dan Kim Ji Woon.

Seo Joon sebelumnya juga memukau saat jadi pemeran utama di serial Hwarang: The Poet Warrior Youth. Sementara Ji Woon juga banyak dielu-elukan usai penampilannya di serial Descendants of the Sun tahun lalu.

Serial ini cukup lengkap karena memiliki unsur komedi, aksi, konflik keluarga dan tentunya percintaan. Chemistry Seo Joon dan Ji Woo di serial ini pun sangat apik. Tak heran, banyak rumor yang menyebutkan bahwa keduanya benar-benar terlibat asmara di luar lokasi syuting, meski kabar tersebut tidak pernah dikonfirmasi oleh keduanya.

Fight for My Way tayang sebanyak 16 episode. Serial ini berkisah tentang perjuangan seorang mantan atlet taekwondo sukses bernama Ko Dong Man (Park Seo Joon) yang berusaha bangkit dari keterpurukan dan merintis karier baru di dunia petarung bela diri.

Dong Man bersahabat sejak kecil dengan Choi Ae Ra (Kim Ji Woon) yang bercita-cita jadi penyiar. Dalam perjalanan sulit meraih mimpi mereka masing-masing, banyak hal terjadi di antara keduanya, termasuk tumbuhnya benih cinta.

Hospital Ship

Tayangan Hospital Ship mulai disiarkan di MBC TV sejak 30 Agustus hingga 2 November 2017. Setiap episode tayang selama 35 menit dan total menghadirkan 40 episode secara keseluruhan.

Hospital Ship bercerita tentang kehidupan para dokter muda yang bertugad di rumah sakit kapal yang berlayar ke banyak pulau-pula terpencil untuk membeirkan fasilitas kesehatan pada warga di pelosok. Para dokter muda ini pun harus bisa menahan ego dan mengesampingkan kepentingan pribadi mereka demi mengabdikan diri pada profesi mereka.

Serial ini sekaligus menandakan kembalinya aktris Han Ji Won ke layar kaca setelah beberapa tahun absen. Sebelumnya, Ji Won dikenal lewat aktingnya di beberapa serial sukses seperti Something Happen in Bali dan Secret Garden.

Sementara pemeran utama prianya, Kang Min Hyuk, yang juga dikenal sebagai drummer grup CNBlue juga menunjukkan performa yang baik. Meski memiliki perbedaan usia yang cukup signifikan dengan Ji Won, Min Hyuk terlihat bisa mengimbanginya dengan baik, terutama untuk urusan kisah asmara mereka di serial ini.

Jika banyak drama butuh beberapa waktu untuk membangun cerita, maka Hospital Ship cukup mudah menarik minat dalam waktu singkat. Konflik yang ada pun mengalir dengan mulus di setiap episodenya tanpa terlihat dipaksakan. Selain itu. perpaduan antara aktor dan aktris senior dengan junior yang baik juga jadi salah satu kekuatan serial ini. 

While You Were Sleeping

Genre drama fantasi Korea tahun ini diwakili oleh serial While You Were Sleeping yang tayang di SBS sebanyak 32 episode, mulai 27 September hingga 16 November. Sukses dengan serial Uncontrollably Fond tahun lalu, kini Bae Suzy kembali ke layar kaca ditemani aktor Lee Jong Suk sebagai lawan main utamanya.

While You Were Sleeping bercerita tentang kehidupan Jung Jae Chan (Lee Jong Suk) dan Nam Hong Joo (Bae Suzy) yang bertemu dan lantas berhubungan sebagai tetangga dan teman pada awalnya. Namun ternyata mereka lantas menemukan kesamaan yang jarang ditemui pada manusia umumnya. Keduanya memiliki kemampuan melihat masa depan, termasuk kematian, lewat mimpi mereka saat tidur.

Jae Chan yang berprofesi sebagai jaksa dan Hong Joo sebagai reporter televisi pun berhasil mengantisipasi banyak kejadian buruk di masa depan mereka lewat koneksi antara mimpi-mimpi mereka. Belakangan, mereka juga menemukan satu orang lagi yang memiliki kemampuan serupa yakni Han Woo Tak (Jung Hae In) yang berprofesi sebagai polisi.

Chemistry antara ketiga tokoh ini jadi salah satu daya tarik seril ini, selain kisah fantasi dan romansa tentunya. Selain kisah asmara, ada konflik keluarga juga yang kerap disajikan di episode-episode serial ini.

Meski ceritanya agak monoton setelah beberapa episode, namun serial ini cukup menghibur disaksikan hingga episode terakhir.

Strong Woman Do Bong Soon

Strong Woman Bo Dong Soon yang tayang di JTBC 24 Februari-15 April 2017 ini bercerita tentang seorang perempuan yang memiliki kekuatan super bernama Do Bong Soon (Park Bo Young) yang jadi bodyguard seorang pria yang berasal dari keluarga terpandang dan kaya raya Ahn Min Hyuk (Park Hyung Sik).

Kisah utama di serial ini (selain komedi tentunya) adalah tentang cinta segitiga antara Do Bong Soon, Ahn Min Hyuk dan In Guk Doo (Ji Soo). Episode demi episodenya tak membosankan karena menampilkan perpaduan komedi, romansa, fantasi hingga aksi kriminal yang seru.

Yang paling menyegarkan mata tentunya adalah chemistry antara Park bo Young dan Park Hyung Sik yang sangat apik. Mungkin bisa jadi jika bukan keduanya yang memerankan serial ini, kisahnya tak akan semenarik ini. 

Serial Strong Woman Bo Dong Soon juga sangat dicintai publik. Terbukti, serial ini jadi salah satu serial drama Korea yang paling banyak disaksikan di jaringan televisi kabel berbayar. 

Because This is My First Life

Setelah 10 tahun vakum dari layar kaca, akhirnya aktor Lee Min Ko kembali lewat Because This is My First Life. Tayang sebanyak 16 episode mulai 9 Oktober-28 November di jaringan tvN, sejak awal serial ini sudah mencuri perhatian banyak penonton, tak cuma di negara asalnya saja.

Banyak yang berpendapat, kekuatan serial ini adalah di ceritanya yang membumi dan bisa dirasakan oleh orang kebanyakan, terutama mereka yang berusia 30-an tahun. Kekuatan lainnya ada di duet akting Lee Min Ki dan Jung So Min.

Min Ki yang memerankan karakter Nam Se Hee yang sangat logis disandingkan dengan So Min yang memerankan karakter pemimpi yang naif, Yoon Ji Ho. Keduanya menampilkan akting yang sangat pas, meski memang naskahnya sendiri sudah sangat baik. 

Kedua karakter utama ini dikisahkan menjadi teman serumah karena kesulitan hidup yang dialami masing-masing. Perjalanan mereka sebagai teman serumah ini dan segala konfliknya lah yang ditampilkan dalam setiap episode. Meski tidak terikat secara emosional di awal-awal cerita, akhirnya keduanya merasakan sesuatu yang berbeda pada akhirnya.

Kisah Se Hee dan Ji Ho bukan satu-satunya yang menarik di serial ini. Beberapa kisah “sampingan” pun tak kalah atraktif, karena semua cast menunjukkan level chemistry yang sangat pas. Oh iya, drama ini juga memiliki soundtrack yang sangat enak didengar telinga. Beberapa di antaranya adalah Can’t Go dan Marriage.

Transisi dari 2016

Selain 5 drama terbaik Korea tahun 2017 di atas, Rappler Indonesia juga memilih beberapa judul drama yang kebetulan tayang antara periode 2016 hingga 2017. Artinya, serial-serial ini memulai masa tayangnya di akhir 2016 namun baru berakhir di 2017 awal.

Beberapa di antaranya yang kami anggap terbaik adalah Goblin, Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, Romantic Doctor Teacher Kim dan Hwarang: The Poet Warrior Youth.

Goblin tentu saja tak usah diragukan lagi kualitasnya. Dengan suguhan akting dan chemistry di antara Gong Yoo dan Kim Go Eun serta bungkus cerita fantasi yang baru dan menarik, sukses “menyihir” penggemar drama Korea di seluruh dunia.

(BACA JUGA: 7 alasan mengapa ‘Goblin’ menjadi K-drama yang wajib ditonton saat ini)

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo juga menarik karena cerita dan konflik yang dibangun cukup unik, berpusat di kehidupan seorang atlet angkat besi perempuan dan segala kisah hidup di sekelilingnya. Namun uniknya lagi, serial ini memang lebih populer di luar negeri ketimbang di Korea Selatan sendiri.

Sementara Romantic Doctor Teacher Kim membuktikan bahwa untuk urusan akting, aktor senior seperti Han Suk Kyu masih bisa membuktikan kualitas terbaiknya. Aktingnya sebagai dokter bedah handal sangat disukai penonton, ditambah lagi konflik kehidupan di dunia kedokteran yang selalu menarik untuk disimak.

Untuk yang suka genre sejarah, maka serial Hwarang: The Poet Warrior Youth menyajikannya dengan baik. Serial ini mengambil latar belakang kisah di era kerajaan Silla dan bercerita tentang kelompok elit beranggotakan pemuda-pemuda potensial kerajaan bernama Hwarang yang diharapkan bisa jadi masa depan kerajaan. Ada bumbu romansa, konflik kekuasaan dan aksi perkelahian yang menarik disaksikan. Dan tentu saja, suguhan wajah-wajah tampan para aktor terbaik Korea.

—Rappler.com