Sebelum hadir di sidang, Setya Novanto sempatkan nonton bola Indonesia VS Islandia

Santi Dewi
Sebelum hadir di sidang, Setya Novanto sempatkan nonton bola Indonesia VS Islandia
Setya kecewa lantaran permainan timnas Indonesia tidak semangat di babak akhir

JAKARTA, Indonesia – Mantan Ketua DPR Setya Novanto kembali menjalani sidang lanjutan kasus korupsi proyek e-KTP pada Senin, 15 Januari di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. Setya tiba di ruang sidang sekitar pukul 09:30 WIB dengan mengenakan kemeja warna pastel.

Ditemui media sebelum sidang dimulai, Setya mengaku dalam keadaan sehat. Bahkan, semalam sebelumnya, ia sempat menyaksikan pertandingan persahabatan sepak bola antara Indonesia melawan Islandia. Walau sudah ditahan di rutan, Setya masih bisa memantau lantaran di dalam rutan turut disediakan televisi layar datar. Fasilitas itu tersedia di ruang bersama di rutan KPK.

“Kalah ya tapi (timnas Indonesia). Lemes ya (mainnya) padahal main di awal bagus,” ujar Setya.

Kendati kalah dengan skor cukup telak yakni 1-4, mantan Ketua Umum Partai Golkar itu melihat kualitas permainan timnas cukup baik dan mengalami kemajuan.

“Ya, ke depan harus lebih hati-hati dan disiplin lagi,” katanya.

Kendati hanya menyaksikan pertandingan melalui televisi, tetapi Setya ikut merasakan euforia ketika Ilham Udin Armayn berhhasil menjebol gawang yang dijaga kiper Islandia Runar AlexRunarsson.

“Waduh seneng kita, pas gawang Islandia kebobolan. Tapi, akhirnya mainnya malah lemes,” katanya lagi.

Ia pun turut menyaksikan pertandingan yang berlangsung di stadion baru Gelora Bung Karno (GBK) dihadiri oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Jusuf “JK” Kalla. Namun, Setya tidak banyak mengomentari hal itu.

Isi waktu dengan main pimpong

Sudah hampir dua bulan Setya ditahan di rutan KPK. Nampaknya, pria berusia 62 tahun itu sudah mulai terbiasa dan tidak lagi mengeluhkan sakit. Hal berbeda terlihat ketika ia baru dipindahkan dari RSCM ke rutan KPK pada 17 November 2017 lalu.

Kepada media, Setya mengaku mengisi waktu di dalam rutan dengan beraktivitas untuk menjaga kesehatannya. Dua di antarnya dengan melakukan jogging dan bermain tenis meja.

“Ya, di dalam kegiatannya diisi dengan olah raga jogging dan (main) pimpong. Yang penting untuk kesehatan. Alhamdulilah, masih bugar walau di dalam rutan,” tutur dia.

Hal ini berbeda jauh ketika awal ia ditempatkan di rutan di belakang gedung KPK tersebut. Setya sempat mengeluhkan sakit diare, bahkan mengaku sempat ke toilet sebanyak 20 kali. Keluhan itu akhirnya dibantah oleh Jaksa KPK saat digelar sidang perdana pada 14 Desember 2017. (BACA: Jaksa penuntut umum menuding Setya Novanto berbohong soal kesehatannya di ruang sidang)

Setya mengaku olah raga tenis meja bukan aktivitas favoritnya. Tapi, tidak ada aktivitas lain yang bisa dilakukan selama ditahan di rutan.

“Ya, bukan favorit, tapi enggak ada kegiatan lain. Saya memang pernah sampai kecelakaan saat bermain pimpong, tapi sekarang sudah membaik,” ujarnya.

Saat ini sidang Setya masih berjalan dengan agenda pemeriksaan saksi dari perusahaan penukaran uang atau money changer. Dalam sidang pada pekan lalu, diketahui Setya menerima uang sebesar US$ 2,6 juta proyek e-KTP dari money changer tersebut. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.