Piala Dunia 2018: Hasil lengkap penyisihan grup A

Choki Sihotang
Grup A dihuni tuan rumah Rusia, Arab Saudi, Mesir, dan Uruguay

JAKARTA, Indonesia — Kompetisi sepak bola terbesar Piala Dunia 2018 telah resmi dimulai. Sebanyak 32 negara peserta memulai turnamen dengan melalui babak penyisihan grup.

Grup A dihuni oleh tuan rumah Rusia yang akan membuka Piala Dunia 2018 dengan melawan Arab Saudi pada Kamis, 14 Juni. Dua tim lainnya yang juga menghuni grup A adalah Mesir dan Uruguay.

Siapa yang akan lolos ke babak 16 besar? Berikut hasil lengkap pertandingan penyisihan grup A.

Senin, 25 Juni

Arab Saudi vs Mesir

Hasil akhir: 2-1

Jalannya pertandingan:

KALAH. Mesir harus mengakui kemenangan timnas Arab Saudi. Foto dari FIFA.com

Arab Saudi berhasil menundukkan Mesir dengan skor 2-1. Kemenangan ini menjadi pelipur lara, setelah Arab Saudi sudah dipastikan tersingkir. Arab Saudi finis di posisi ketiga klasemen Grup A dengan total tiga poin. Mesir lebih tragis. Mereka tak mengoleksi satu poin pun, sebab menelan kekalahan dalam tiga pertandingan. 

Duel Arab Saudi versus Mesir yang berlangsung ketat di Volgograd Arena, Senin, 25 Juni malam WIB, diawali dengan gol pada menit ke-22. Pilar utama Mesir yang juga pemain utama Liverpool, Mohamed Salah, membawa negaranya unggul 1-0.

Hanya saja, Mesir tak bisa mempertahankan keunggulan atau menambah gol lagi sepanjang pertandingan. Arab Saudi mampu menyamakan kedudukan dan akhirnya memenangkan duel yang dipimpin wasit Wilmar Roldan (Kolombia). Dua gol balasan skuat asuhan Juan Antonio Pizzi diperoleh dari tendang penalti, menit 45 dan 90. 

Dua algojo Al Sogour Al Akhdar sukses menjalankan tugasnya dengan baik adalah Salman Al-Faraj dan Salman Al-Faraj. Pada menit ke-41, wasit juga mengganjar Mesir dengan tendangan penalti. Tapi, eksekutor Arab Saudi, Fahad Al-Muwallad, menyia-nyiakan peluang tersebut. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Salah menyampaikan permintaan maaf kepada rakyat Mesir. Dia mengaku sedih dan kecewa karena Mesir harus tersingkir secara menyakitkan. “Kami tahu ini sangat sulit untuk diterima rakyat Mesir. Kami juga merasakan hal yang sama,” kata Salah, dikutip dari Goal. 

Uruguay vs Rusia

Hasil akhir: 3-0

Jalannya pertandingan:

MENANG. Timnas Uruguay merayakan kemenangan mereka atas Rusia, Senin, 25 Juni. Foto dari FIFA.com

Rusia yang pada dua laga sebelumnya tampil perkasa, ternyata tak ada apa-apanya di hadapan Uruguay. Tuan rumah tersungkur di kaki Uruguay dalam duel tak seimbang yang berlangsung di Samara Arena, Senin, 25 Juni malam WIB. Meski begitu, Rusia tetap lolos ke babak 16 besar bersama Uruguay. Rusia di posisi kedua dengan total enam poin, sedangkan Uruguay pemuncak klasemen Grup A dengan tabungan sembilan poin dari tiga kemenangan.

Tuan rumah sudah dikagetkan dengan gol cepat Rusia yang dicetak oleh bomber utama Uruguay, Luis Suarez. Pemain yang merumput bersama Barcelona itu sukses menyarangkan si kulit bundar via tendangan bebas dari luar kotak penalti.

Tiga belas menit kemudian, gawang Igor Akinfeev kembali kebobolan dan kali ini dia ditaklukkan oleh rekannya sendiri, Denis Cheryshev, yang melakukan gol bunuh diri.

Di babak kedua, tak ada perlawanan berarti yang mampui diberikan anak-anak asuh Stanislav Cherchesov. Sbornaya yang terpaksa harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-36, menyusul kartu merah yang diterima Igor Smolnikov, terlihat timpang. 

Walau mendapat dukungan penuh dari pendukung setia, Igor Akinfeev dan kawan-kawan tak mampu berbuat banyak. Malah, Rusia harus menerima kenyataan pahit di ujung laga. Lagi, untuk kali ketiga, Uruguay mencetak gol lewat aksi Edinson Cavani. Dan skor 3-0 bertahan hingga laga usai.

Selanjutnya, di babak 16 besar, Uruguay yang diarsiteki Oscar Tabarez akan bertemu runner-up Grup B. Berdasarkan jadwal, duel akan dihelat di Fisht Olympic Stadium, Sochi, 30 Juni. Rusia akan bertandingan versus juara Grup B di Luzhniki Stadium, Moskow, 1 Juli. 

Rabu, 20 Juni

Uruguay vs Arab Saudi 

Hasil akhir: 1-0

Jalannya pertandingan:

TENDANGAN. Luis Suarez (Uruguay) melepas tendangan melawan tim Arab Saudi di pertandingan Grup A Piala Dunia, Rabu, 20 Juni. Foto dari FIFA.com

Uruguay mendampingi tuan rumah Rusia lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Kepastian itu diperoleh setelah Uruguay kembali meraup angka sempurna kala bentrok versus Arab Saudi di Rostov Arena, Rabu, 20 Juni malam WIB. Seperti Rusia, Uruguay juga mengoleksi enam poin. 

Hanya saja, Uruguay masih berada di bawah Rusia yang bercokol di puncak klasemen Grup A karena kalah selisih gol. Rusia menang telak 5-0 dari Arab Saudi dan selanjutnya membantai Iran 3-1. 

Duel Uruguay ve Arab Saudi sebenarnya berlangsung imbang, jika ditilik dari segi penguasaan bola. Bahkan, Arab Saudi unggul sedikit yakni 51%. Namun nasib baik masih belum berpihak kepada tim berjuluk Al Sogour Al Akhdar. 

Adalah Luis Suarez yang menjadi pahlawan sekaligus penentu kemenangan Uruguay. Pemain yang masih bertahan di Barcelona itu menaklukkan kiper Arab Saudi, Mohammed Al Owais, lewat sebuah gol cantik pada menit ke-23. El Pistolero menyarangkan si kulit bundar dengan sontekan, memaksimalkan sepak pojok Carlos Sanchez.

Mencoba mengejar ketinggalan, Arab Saudi yang memang sangat menginginkan kemenangan, meningkatkan serangan. Toh begitu, semua upayan anak-anak asuh Juan Antonio Pizzi gagal total mencetak satu gol pun. Apa daya, mereka harus mengakui kemenangan Uruguay. Skor 1-0 bertahan hingga pertandingan yang menenangkan itu usai. 

Alhasil, Arab Saudi harus angkat koper lebih awal alias tersingkir. Sementara Uruguay yang dilatih Oscar Tabarez melanjutkan petualangannya ke babak selanjutnya. 

Rusia vs Mesir

Hasil akhir: 3-1

Jalannya pertandingan:

PENALTI. Mohamed Salah menyumbang gol pertama Mesir lewat penalti. Foto dari FIFA.com

Tuan rumah Rusia kembali menelan korban. Setelah menggilas Arab Saudi 5-0 pada laga pembuka babak penyisihan Group A Piala Dunia 2018, kini Rusia melumat Mesir dengan skor yang tak kalah mencolok, 3-1, Rabu, 20 Juni dini hari WIB. Dengan kemenangan ini, Sbornaya berpeluang besar melangkah ke babak 16 besar dengan total poin enam. 

Sementara peluang Mesir kian menepis, karena pada laga sebelumnya mereka juga keok 0-1 dari Uruguay. Mesir sangat berharap, Arab Saudi bisa mengatasi Uruguay pada Rabu, 20 Juni malam WIB. Sepertinya berat, sebab Uruguay juga bertekad meraup angka penuh. 

Duel Rusia vs Mesir sebenarnya cukup berimbang, terutama di babak pertama. Mesir yang kali ini diperkuat pemain bintangnya, Mohamed Salah, sedikitnya memiliki dua peluang untuk menciptakan gol yakni menit ke-14 melalui Trezeguet dan Salah pada menit 41. Namun sayang, peluang tersebut terbuang sia-sia. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Mesir tak bisa mempertahankan permainan terbaiknya. Kurangnya konsentrasi di lini belakang membuat gol bunuh diri terjadi pada menit-47. Adalah Ahmed Fathi yang melakukan kesalahan fatal yang memaksa kiper Mohamed El Shenawi memungut bola dari gawangnya. 

Menit ke-59, Rusia yang mendapat dukungan penuh dari pendukungnya yang memadati Saint Petersburg Stadium memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Gol dicetak oleh Denis Cheryshev, meneruskan umpan silang Mario Fernandes. 

Hanya berselang tiga menit, giliran Artem Dzyuba yang membuat fans tuan rumah kembali bersorak kegeringan. Dzyuba mengubah skor menjadi 3-0 yang membuat Mesir semakin jauh tertinggal. 

Mesir, memaksimalkan waktu tersisa, terus melakukan semua upaya guna mengejar ketinggalan. Sampai kemudian, skuat asuhan Hector Cuper mampu menceploskan gol balasan melalui eksekusi tendangan penalti yang diambil dengan sempurna oleh Salah pada menit ke-73.

Akan tetapi, gol pemain Liverpool itu tak mampu menyelamatkan tim berjuluk Pharaoh dari kekalahan. Hingga wasit Enrique Caceres (Paraguay) meniup peluit panjang tanda usainya laga, skor 3-1 tetap bertahan.

Jumat, 15 Juni 

Uruguay vs Mesir 

Hasil akhir: 1-0

Jalannya pertandingan:

SELEBRASI. Jose Gimenez dari Uruguay terlihat gembira saat merayakan gol pertamanya di Piala Dunia 2018 saat melawan Mesir, Jumat, 15 Juni. Foto dari FIFA/com

Jose Gimenez menjadi penentu sekaligus pahlawan kemenangan Uruguay atas Mesir saat keduanya bentrok dalam laga penyisihan Grup A Piala Dunia 2018 di Ekaterinburg Arena, Rusia, Jumat, 15 Juni.

Uruguay yang dihuni sederet pemain beken macam Luis Suarez (Barcelona), Edinson Cavani (Paris Saint Germain), Diego Godin (Atletico Madrid), dan Martin Caceres (Lazio) tampak kesulitan menjebol gawang Mesir. Juara Piala Dunia 1930 dan 1950 itu baru bisa memecah kebuntuan jelang berakhirnya pertandingan atau menit ke-89.

Jose Gimenez yang menerima umpan Carlos Sanchez sukses menaklukkan penjaga gawang Mesir, Mohamed El Shenawi, dengan tandukan mematikan. Gol pemain bertahan berusia 23 tahun kepunyaan Atletico Madrid tersebut kontan direspons dengan sukacita oleh seluruh pemain Los Charruas, fans, tak terkecuali sang pelatih, Oscar Tabarez, yang selama pertandingan tampak tegang di pinggir lapangan.

Tertinggal 0-1, Mesir yang tak diperkuat pilar pentingnya, Mohamed Salah (Liverpool), mencoba mengejar ketinggalan. Hanya saja, skuat besutan Hector Cuper yang bermian dengan formasi 4-2-3-1 harus mengakui kemenangan Uruguay. Tak ada gol balasan tercipta hingga wasit Bjorn Kuipers (Belanda) meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga.

Kemenangan dramatis ini membuat Uruguay menjaga asa lolos ke babak 16 besar. Mengantongi tiga poin, Uruguay berada di posisi kedua klasemen sementara di bawah Rusia yang pada pertandingan sebelumnnya menggilas Arab Saudi lima gol tanpa balas. 

Kamis, 14 Juni

Rusia vs Arab Saudi

Skor akhir: 5-0

Jalannya pertandingan:

BAHAGIA. Para pemain timnas Rusia terlihat bahagia merayakan gol demi gol di pertandingan perdana Piala Dunia 2018. Foto dari FIFA.com

Rusia tampil perkasa dalam laga pembuka Fase Grup A Piala Dunia 2018. Bertanding melawan Arab Saudi di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis, 14 Juni malam WIB, Rusia menang dengan skor mencolok lima gol tanpa balas. 

Disaksikan Vladimir Putin, Presiden Rusia, dan mendapat dukungan penuh dari ribuan pendukung setianya, Rusia yang juga berstatus sebagai tuan rumah sudah unggul saat laga yang dipimpin wasit Nestor Pitana (Argentina) baru berjalan 12 menit. Tim berjuluk Sbornaya memperbesar keunggulan jelang berakhirnya babak pertama atau menit ke-43 lewat aksi pemain pengganti Denis Cheryshev (masuk menit 24 menggantikan Alan Dzagoev lantaran cedera hamstring).

Rusia kian tak terbendung di babak kedua. Tim besutan Stanislav Cherchesov yang menerapkan pola 4-2-3-1 sama sekali tak memberikan kesempatan kepada Arab Saudi untuk mengejar ketinggalan. Permainan apik Igor Akinfeev dan kawan-kawan, yang menyerbu Arab Saudi dari semua lini dengan kombinasi umpan-umpan pendek dan panjang, kembali berhasil menyarangkan tiga gol tambahan ke gawang Arab Saudi yang dikawal oleh  Abdullah Al Muaiouf.

Ketiga gol tersebut masing-masing diceploskan Artem Dzyuba pada menit ke-71,  Cheryshev menit 90+1, serta Aleksandr Golovin mengunci kemenangan timnya menit 90+4. 

Arab Saudi sebenarnya lebih unggul dalam penguasaan bola (59 persen). Hanya saja, pasukan Juan Antonio Pizzi yang bermain dengan pola 4-1-4-1 tak bisa mengembangkan permainan terbaiknya, terlebih memaksimalkan peluang. Tim berjuluk Al Sogour Al Akhdar juga terlihat sangat rapuh di lini belakang, sehingga Rusia pesta gol. 

Mengantungi tiga poin, Rusia untuk sementara memimpin Grup A. Setelah duel Rusia vs Arab Saudi, dua negara penghuni grup ini, Mesir vs Uruguay, juga akan bertarung di Ekaterinburg Arena, Jumat, 15 Juni pukul 19.00 WIB.

—Rappler.com