Ahmad Dhani: Yang bilang saya resmi jadi tim sinkronisasi siapa?

JAKARTA, Indonesia - Publik dibuat terkejut ketika musisi Ahmad Dhani dan istrinya Mulan Jameela masuk ke dalam tim kerja Anies-Sandi yang membidangi wisata dan budaya. Informasi itu terungkap ketika Dhani turut hadir dalam acara pemaparan tim kerja wisata dan budaya di Cheers Residential Graha RSPP Jakarta Selatan pada Minggu, 2 Juli.

Wakil Gubernur DKI terpilih Sandiaga Uno turut hadir dalam acara itu untuk mendengarkan berbagai masukan.

“Kami apresiasi karena teman-teman ini sudah move on dari kerja kampanye kemarin. Jadi, baju kampanye sudah bertukar jadi baju kerja dan sudah diajukan empat gagasan utama untuk wisata dan budaya,” kata Sandiaga usai memaparkan idenya dan dikutip media.

Mantan Ketua KADIN itu menyebut gagasan yang diajukan timnya itu mencakup hingga ke wilayah Kepulauan Seribu. Mereka akan mengelola situs-situs yang ada di Jakarta.

Publik pun bingung. Mengapa Sandiaga justru ikut mengajak Dhani dan Mulan untuk membenahi isu museum di ibukota. Sementara, jika dilihat dari rekam jejaknya, keduanya diketahui tidak pernah terlibat mengurus isu tersebut.

Walau tanpa pengalaman, Dhani terlihat percaya diri ikut ke dalam tim tersebut. Dia mengaku akan bekerja sama dengan Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

“Dewan Museum tentunya berisi pakar-pakarnya lah. Ahli-ahli dalam dunia kemuseuman lah. Saya sama Fadli Zon adalah orang yang paling ahli di Jakarta dalam urusan museum,” kata Dhani ketika dikonfirmasi kemarin.

Bukan tim sinkronisasi

Pernyataan Dhani itu dibantah oleh Ketua Tim Sinkronisasi Sudirman Said. Menurut Sudirman, apa yang disampaikan oleh Dhani merupakan pengakuannya pribadi dan belum bersifat satu kebijakan tertentu. Mantan calon bupati Bekasi itu tidak masuk di dalam tim apa pun baik itu pakar, pengarah atau sinkronisasi.

“Kami memang banyak membuka masukan dari banyak pihak. Tidak semua pemberi ide tercatat dalam struktur resmi,” ujar Sudirman melalui keterangan tertulis pada Senin, 3 Juli.

Mantan Menteri ESDM itu mengatakan siapa pun yang memberikan masukan atau informasi baik itu dalam forum diskusi atau pertemuan lainnya akan diserap. Tetapi, belum tentu semua berakhir dengan kebijakan.

“Finalisasi tentunya ada di tangan Gubernur dan Wakil Gubernur,” kata dia.

Sudirman pun menjelaskan bahwa Dhani yang mengajukan diri untuk ikut terlibat dalam tim wisata dan budaya Anies-Sandi.

Tak pernah ajak Mulan

Sementara, ketika dikonfirmasi kembali melalui telepon hari ini, Dhani membenarkan jika dia bukan lah bagian dari tim sinkronisasi. Dia pun mengaku bingung mengapa bisa disebut bagian dari tim tersebut.

“Yang menyatakan saya resmi jadi tim sinkronisasi itu siapa?” tanya Dhani pada hari ini.

Mantan suami Maia Ahmad itu mengaku hanya ingin menyumbangkan ilmunya di bidang wisata dan budaya, khususnya penanganan museum, demi kebaikan DKI Jakarta di masa depan. Itu sebabnya dia mengajukan diri masuk ke dalam tim kerja Sandiaga Uno.

Dhani pun membantah jika istrinya ikut masuk ke dalam tim kerja itu. Dia mengaku tidak tahu ikhwal pemberitaan yang menyebut Mulan masuk ke dalam tim kerja Sandiaga.

“Saya juga bingung kenapa kok (bisa disebut ikut). Saya enggak pernah bilang (dia) ikut-ikutan,” katanya.

Lalu, apa saran Dhani untuk perbaikan bidang wisata dan budaya di DKI Jakarta?

“Ya, saya ingin membuat Jakarta menjadi kota yang beradab. Konkretnya dengan membangun banyak museum dan menjadikan Jakarta sebagai kota seni. Misalnya, pembangunan ruko atau gedung apartemen harus ada desain yang baik. Itu yang diperlukan oleh Jakarta, sehingga tidak asal bangun,” tutur Dhani memaparkan konsepnya. - Rappler.com