Pulang kampung, Obama masih penasaran ingin cicipi es cendol

JAKARTA, Indonesia - Sudah sembilan hari mantan Presiden Barack Obama berada di Indonesia. Selama berada di kampung halamannya, dia mengaku banyak mencicipi masakan Indonesia. Namun, ada dua menu yang masih ingin dicobanya yakni es cendol dan es kelapa muda.

Presiden ke-44 AS itu berharap bisa mendapatkan dua menu tadi di hari terakhir dia berada di Indonesia.

“Saya banyak makan selama di sini. Walaupun saya masih penasaran untuk mencoba beberapa menu, seperti es cendol dan es kelapa muda,” kata Obama ketika menjadi pembicara di Konvensi Diaspora ke-4 di Kota Kasablanka pada 1 Juli.

Di hadapan sekitar 9.000 hadirin, Obama mengaku sudah tidak lagi mengenal ibukota Jakarta. Kota yang pernah dia tinggali selama empat tahun itu berubah drastis dan mengalami perkembangan yang pesat.

“Saya tidak menyangka sudah ada jembatan dan jalan tol di depan mall ini. Sungguh sangat berbeda ketika saya tinggal dulu. Kami dulu tinggal di Menteng Dalam,” katanya.

Kedekatan Obama dengan Indonesia memang tidak bisa dipungkiri. Dia memiliki ayah tiri, Lolo Soetoro yang menikahi ibunya Ann Dunham pada tahun 1965 di Hawaii. Setelah itu, Lolo memboyong keluarganya termasuk Obama ke Jakarta.

“Seperti yang kalian ketahui, saya memiliki seorang adik, Maya yang lahir di rumah sakit St. Carolus Jakarta,” tutur Obama yang membuat publik terkejut.

Walaupun Obama dan keluarga akhirnya pindah dari Jakarta dan menetap di Hawaii, tetapi sang ibu Ann, masih bolak-balik Amerika Serikat-Indonesia. Dibantu Maya, Ann fokus mengerjakan berbagai program untuk membantu kaum perempuan dan anak-anak.

Ann banyak menghabiskan waktu bekerja di Yogyakarta. Maya pun sempat lama tinggal di sana. Itu pula yang menjadi salah satu alasan Obama memilih kota Gudeg untuk dikunjungi selain Bali dan Jakarta.

Simbol toleransi

Selama berada di Yogyakarta, Obama mendapat sambutan yang hangat. Dia mengaku ke mana pun pergi, kerap diteriaki oleh warga dengan kata-kata “sate dan nasi goreng”.

“Mereka kerap berteriak ke arah saya,’hey sate Obama. Nasi Goreng, Pak’,” kata Obama mengisahkan liburannya di Indonesia.

Dia dan keluarga sempat berkunjung ke beberapa candi, di antaranya adalah Borobodur dan Prambanan. Obama mengaku kagum dengan bangunan di candi tersebut.

“Sebab, walaupun candi ini beraliran Buddha dan Hindu, tapi masih tetap terawat. Saya juga melihat keragaman alam yang dimiliki Indonesia,” kata dia.

Obama akan berada di Indonesia hingga Minggu, 2 Juli. Sebelum berbicara di acara Konvensi Diaspora, Obama sempat berbincang hangat dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo di Cafe Grand Garden, Bogor pada Jumat, 30 Juni. - Rappler.com