Bom guncang bus berisi para pemain Borussia Dortmund, duel kontra AS Monaco ditunda

 Duel Borussia Dortmund kontra AS Monaco ditunda setelah bus yang ditumpangi para pemain Dortmund terkena ledakan bom, Rabu (12/4). Foto oleh Patrik STOLLARZ / AFP

JAKARTA, Indonesia (Update) — Duel Borussia Dortmund kontra AS Monaco yang sedianya digelar di Signal Iduna Park pada Rabu dinihari tadi terpaksa ditunda lantaran insiden ledakan bom yang terjadi sesaat sebelum pertandingan dimulai.

BBC melaporkan ada tiga bom yang meledak, satu di antaranya mengenai bus yang sedang ditumpangi para pemain Dortmund yang sedang dalam perjalanan menuju stadion.

Akibat ledakan ini, pemain bek Marc Bartra dilaporkan terkena serpihan kaca. Ia segera dilarikan ke rumah sakit terdekat. Pemain Spanyol ini harus menjalani operasi untuk mengambil pecahan kaca di pergelangan tangan kanannya.

“Kami semua terkejut. Saya berharap Marc bisa pulih secepatnya,” kata Kapten Dortmund Marcel Schmeizer seperti dikutip dari laman resmi klub.

 

Sampai saat ini belum diketahui apakah bom tersebut sengaja diledakkan ketika pemain Dortmund lewat atau tidak. Otoritas kemanan setempat masih menyelidiki ledakan ini. 

Otoritas keamanan setempat mengatakan mereka menemukan selembar catatan di dekat lokasi ledakan. Isi catatan berupa klaim pertangungjawaban atas ledakan tersebut. Namun tak disebutkan siapa penulis catatan itu. Saat ini polisi masih menelisik keaslian catatan tersebut.

"Latar belakang (serangan) sedang diselidiki secara menyeluruh. Penyelidikan didasarkan pada dugaan pembunuhan," kata Jaksa Penuntut Umum Sandra Lucke seperti dikutip dari ESPN FC.  

Yang pasti ledakan ini membuat pertandingan Borussia Dortmund kontra AS Monaco ditunda sehari. Pertandingan akan digelar pada pukul 18.45 sore waktu setempat di stadion yang sama.—Rappler.com