Buku kuliner Gorontalo menangkan penghargaan dunia

JAKARTA, Indonesia — Buku masakan Indonesia, secara spesifik dari Gorontalo, meraih penghargaan Best in the World - Gourmand WorldCook Book Award 2016 untuk kategori masakan dari Asia.

Trailing the Taste of Gorontalo, demikian judul buku ini, adalah sebuah buku kecil berbahasa Inggris yang berisi kumpulan tulisan dan gambaran wisata kuliner dari Provinsi Gorontalo.

Cikal bakal tulisan ini dari pengalaman 16 orang yang mengikuti perjalanan Kelana Rasa Gorontalo di bawah panduan Arie Parikesit. Tak berhenti sampai di situ, para penduduk asli yang tentunya sangat khatam dengan kelezatan kuliner dan alam daerahnya, juga turut menyumbang pengetahuan mereka.

Akhirnya, terkumpul 24 tulisan, 57 buah foto, 9 resep masakan, dan 10 testimoni dari tokoh pariwisata dan kuliner. Sebut saja Chef William Wongso, Putri Indonesia Pariwisata 2010 Alessandra Khadijah Usman, serta Elena Aniere dari Slow Food International.

Direktur Eksekutif World Food Travel Association Erik Wolf juga menyumbang dua tulisan tentang informasi terkini wisata kuliner global, yang dapat menjadi rujukan bagi pelaku usaha kuliner di Indonesia.

Panduan wisata

Tak hanya masakan, buku cetakan Omar Niode Foundation ini juga memasukkan area wisata seperti surga penyelam di Teluk Tomni, Pulau Saronde yang memiliki pemandangan menakjubkan, serba-serbi pasar tradisional di Gorontalo, blusukan di pasar ikan, dan menara “Eiffel” di Gorontalo.

Ada juga panduan untuk street food, seperti jagung lokal milu pulo yang manis, kopi Pinogu yang menjadi kegemaran Ratu Belanda Wilhelmina, serta proses pelestarian makanan di sana.

“Gorontalo adalah daerah dengan pemandangan alam permai dan ragam kuliner yang segar dan legit. Namun belum menjadi destinasi wisata kuliner yang populer,” kata Ketua Omar Niode Foundation Amanda Katili Niode. Buku ini adalah salah satu upaya untk mengangkat kuliner Gorontalo supaya dikenal di kancah global.

Tahun ini, ada 209 negara bersaing dalam 92 kategori yang meliputi buku masak dan budaya pangan, serta 29 kategori untuk wine dan minuman. Trailing the Taste of Gorontalo sendiri harus bersaing dengan buku dari Iran, Malaysia, Maladewa, Singapura, dan Thailand di kategori Asian Cuisine from Asian Books yang kemudian dimenanginya. —Rappler.com