Bermodalkan 2.500 hektar tanah, Delia siap membangun Taman Hutan Hujan Tropis

JAKARTA, Indonesia – Didasari keprihatinan tersebut, Delia yang dikenal sebagai desainer perhiasan ini pun memutuskan untuk menyumbangkan lahan pribadinya seluas 2.500 hektar untuk dijadikan Taman Hutan Hujan Tropis.

"Sebagai salah satu bentuk sumbangsih untuk negara yang saya cintai ini, saya siap untuk mendonasikan lahan pribadi untuk konservasi. Mimpi besar saya adalah, kita dapat membangun Taman Hutan Hujan Tropis pertama di Indonesia, yang kelak dapat dinikmati oleh generasi berikutnya," kata Delia Von Rueti di Majapahit Penthouse, Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Rabu, 23 November.

Hutan hujan tropis yang dikenal sebagai paru-paru dunia, diketahui menyumbang 40 persen produksi oksigen untuk dunia, terutama di Pulau Kalimantan.

Di Muara Teweh, sekitar 7 kilometer dari Bandar Udara Baringin, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah menjadi lokasi lahan yang akan disumbangkan Delia untuk gerakan konservasinya.

Lahan ini akan ditanami oleh berbagai macam pepohonan kayu keras yang bisa tumbuh cepat di hutan tropis Kalimantan Tengah seperti kayu Ulin dan Meranti. Lahan juga akan ditanami buah dan tanaman keras seperti manggis, nangka, tamarin, flamboyan hingga kemuning.

"Saya ingin menjadikannya sebagai taman paling indah dan diharapkan dengan tumbuh dan berbuahnya pohon-pohon ini, para satwa akan kembali ke habitatnya karena tersedia banyak buah yang bisa mereka makan," kata Delia.

Dengan mimpi yang dimilikinya itu, dia pun saat ini menjalankan misi bertajuk Love & O2 yang merupakan panggilan untuk mencintai bumi.

Melalui Love & O2 ini, Delia juga melahirkan kampanye1 T-shirt for 1 Tree Movement untuk membangun Taman Hutan Hujan Tropis impiannya.

T-shirt yang dijual di Plaza Indonesia dan website Love & O2  untuk gerakan ini didesain sendiri oleh Delia dan dijual dengan harga Rp 100 ribu

Seluruh hasil penjualan t-shirt akan digunakan untuk penanaman dan pemeliharaan Taman Hutan Hujan Tropis ini. Sejauh ini sudah terjual 135.000 t-shirt.

Selain itu, akan diadakan juga event car free day hingga pameran foto yang melibatkan artis-artis yang bersukarela mengikuti gerakan ini, seperti Teuku Zacky, Titi DJ, Aming, Evelyn, Titi Rajo Bintang, Chelsea Islan, Luna Maya hingga Baim Wong.

Namun bagi Delia, yang terpenting bukanlah membeli baju desainnya, tetapi dia mengajak semua orang untuk menanam pohon di manapun mereka berada.

"My message is let's go out of our house, look around, di mana, ya, kita bisa nanemin 3 atau 4 pohon," kata Delia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Love & O2 dan gerakan 1 T-shirt for 1 Tree Movement ini, Anda dapat mengunjungi www.loveando2.love.-Rappler.com.