Dua perempuan Indonesia masuk di daftar 'BBC 100 Women 2016'

JAKARTA, Indonesia - Setiap tahunnya, jaringan penyiaran asal Inggris, BBC, selalu merilis daftar 100 perempuan yang dianggap sukses menginspirasi sekaligus membawa perubahan. Keseratus wanita ini berasal dari seluruh penjuru dunia.

Tahun ini, Indonesia patut berbangga karena terdapat dua nama perempuan Indonesia yang masuk ke daftar 100 BBC Women 2016.

Daftar yang dirilis BBC pada Senin, 21 November lalu ini, mencantumkan nama dua perempuan Indonesia yakni Kartika Jahja (36) dan Dwi Handa (23).

Dalam rincian profil singkat, BBC menyebut Kartika sebagai penyanyi sekaligus aktivis kesetaraan gender di Indonesia. "Penyanyi sekaligus pencipta lagu yang memperjuangkan kesetaraan gender lewat lagu-lagunya," tulis BBC.

Kartika dikenal sebagai vokalis dan pencipta lagu di grup Tika & The Dissidents yang memang aktif menyuarakan isu gender dan seksualitas beberapa tahun belakangan. Tika bersama Tika & The Dissidents meliris lagu berjudul Tubuhku Otoritasku yang dimuat di album Merah pada Maret lalu.

Tika menulis album tersebut karena melihat banyaknya kekerasan seksual yang dialami perempuan Indonesia. Belum lagi soal aturan, stigma dan standar kecantikan yang dibebankan pada diri dan tubuh perempuan.

Sementara Dwi Handa dikenal sebagai sosok popular di Instagram karena kreasi fashion hijab yang sering dibagikannya. Lewat blog, Instagram dan YouTube, Dwi sering membagian tips fashion yang menjadi favorit para perempuan berbusana muslim.

Dwi Handa dikenal karena popularitasnya di Instagram yang kerap membagi tips dan pengalaman tentang fashion hijab. Foto dari akun Instagram Dwi Handa.

Dwi Handa dikenal karena popularitasnya di Instagram yang kerap membagi tips dan pengalaman tentang fashion hijab. Foto dari akun Instagram Dwi Handa.

Bersama beberapa rekannya, Dwi juga membentuk Hipster Hijabis. "Melalui akun Instagram, Hipster Hijabis telah menjadi inspirasi fashion Muslimah yang kerap duduk di barisan pertama fahsion show bergengsi," tulis BBC.-Rappler.com.