5 hal tentang aktor Sir Roger Moore

JAKARTA, Indonesia - Dalam perjalanan karier aktingnya, aktor asal Inggris, Sir Roger Moore, dikenal karena kiprahnya sebagai James Bond di tujuh judul film yang berbeda. 

Selama memerankan James Bond, Sir Roger Moore memukau dunia. Maka ketika berita soal kematiannya diumumkan keluarga, dunia tersentak. Sir Roger Moore meninggal dunia di usia 89 tahun setelah menyerah dari penyakit kanker yang menyerangnya. Sir Roger Moore menghembuskan napas terakhirnya di Swiss.

Seperti apa perjalanan hidup dan karier Sir Roger Moore? Simak lewat 5 fakta di bawah ini.

Memulai karier sebagai figuran

Sir Roger Moore lahir pada14 Oktober 1927 dengan nama Roger Georger Moore, di pinggiran kota London, tepatnya wilayah Stockwell. Roger lahir sebagai anak tunggal. Ayahnya bekerja sebagai polisi dan Roger menjalani masa kecil yang bahagia.

"Aku tidak pernah macam-macam. Sebagai anak kecil dari Stockwell, aku biasa melihat layar televisi dan berkhayal. Siapa yang menyangka, bahwa akhirnya aku jadi bagian dari dunia mengagumkan tersebut," ujar Roger di autobiografinya berjudul My Word Is My Bond.

Uniknya, Roger justru memulai kariernya sebagai figuran di era 40-an, sebelum akhirnya meneruskan kuliah di Royal Academy of Dramatic Art. Akting pertamanya adalah sebagai pemeran pembantu di tahun 50-an.

Karier di televisi

Sebelum dikenal berjaya di layar lebar memerankan tokoh James Bond, Roger Moore sebenarnya memulai kariernya di layar kaca. Ia pertama kali berakting di televisi di sebuah serial Inggris berjudul The Saint.

Di serial ini, Roger memerankan tokoh petualang yang lihai berbicara dan tampan bernama Simon Templar.

Di era 70-an, Roger pun ikut membintangi serial kriminal berjudul The Persuaders. Di serial ini, ia berakting bersama Tony Curtis.

Era James Bond

Di autobiografinya, Roger menyebut bahwa sebenarnya ia sudah mulai ditawari peran sebagai James Bond di tahun 1967. Tapi baru di tahun 1973 ia akhirnya memenangkan peran tersebut. Saat itu, Roger sudah berusia 45 tahun. Roger menggantikan posisi aktor Sean Connery.

Debut Roger sebagai James Bond dimulai di film Live and Let Die. Untuk peran di film ini, Roger rela menurunkan berat badan, berolahraga rutin dan memotong rambutnya.

Setelah debutnya, karier Roger sebagai James Bond berlanjut hingga ke enam film berikutnya yakni The Man With the Golden Gun (1974), The Spy Who Loved Me (1977), Moonraker (1979), For Your Eyes Only (1981) dan Octopussy (1983). Yang terakhir adalah film A View to a Kill yang rilis tahun 1985. Saat pensiun dari peran sebagai James Bond, Roger berusia 57 tahun.

Roger juga sekaligus memegang rekor sebagai aktor yang paling banyak berperan di film James Bond. Kata Roger, ia paling suka berperan di film The Spy Who Loved Me. Sementara di film A View to a Kill, ia tidak terlalu menikmati aktingnya bersama aktris Grace Jones. 

Setelah pensiun dari James Bond, Roger mengaku sangat menyukai sosok James Bond yang diperankan oleh juniornya, Daniel Craig. "Daniel adalah yang paling keren, selanjutnya Sean (Connery)," ungkapnya salam sebuah wawancara.

Aktif terlibat di pekerjaan sosial

Setelah menepi dari dunia akting dan hiburan, di masa tuanya, Roger banyak menghabiskan waktunya dengan melibatkan diri di pekerjaan sosial dan amal. Beberapa tahun belakangan, Roger dikenal sebagai Goodwill Ambassador UNICEF. Ia banyak terlibat di kegiatan amal untuk mengumpulkan dana untuk membantu anak-anak yang kekurangan.

Karena pencapaiannya di dunia akting dan sosial, Roger Moore mendapatkan gelar ksatria dari Kerajaan Inggris tahun 2003. Selain dengan UNICEF, Roger juga aktif berkampanye menolak produksi foie gras.

Berjuang melawan kanker

Roger adalah salah satu bintang film yang hingga masa akhir hidupnya menikmati kemewahan sebagai selebriti kelas dunia. Ia menetap di rumah mewah di Swiss dan French Riviera. Roger pun menghembuskan napas terakhirnya di Swiss.

Tahun 1993, ia pernah menjalani operasi kanker prostat. Tahun 2003, ia mulai mengenakan alat pacu jantung dan tahun 2013 ia didiagnosa menderita diabetes.

Selama hidupnya, Moore menikah empat kali dan dikaruniai 3 anak: 2 anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Tiga anak Roger adalah hasil pernikahan dengan aktris Italia, Luisa Mattioli yang dinikahinya tahun 1969 dan lantas bercerai tahun 1996. Terakhir, ia menikahi Kristina Tholstrup, perempuan asal Swedia, tahun 2002.

-Rappler.com