Ganda campuran baru, Tontowi/Gloria, siap bertanding di Malaysia Masters

JAKARTA, Indonesia — Akan ada yang berbeda dalam turnamen bulu tangkis Malaysia Masters 2017 yang dimulai pekan ini.

Pasalnya, peraih medali emas ganda campuran Olimpiade Rio 2016 lalu, Tontowi Ahmad, tidak berpasangan dengan Liliyana Natsir. Owi, sapaan akrabnya, akan bertandem dengan pasangan baru, Gloria Emanuelle Widjaja.

Meski demikian, pasangan baru atlet ganda campuran Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengaku optimistis menghadapi laga perdana mereka dalam turnamen Malaysia Masters 2017.

"Kami ingin bermain sebaik mungkin. Kami juga tidak menetapkan target terlalu tinggi karena kami pasangan baru dan masih dalam tahap penjajakan," kata Tontowi, pada Senin, 16 Januari.

Tontowi/Gloria menempati posisi unggulan 6 dalam turnamen tingkat grand prix gold yang akan berlangsung di Kota Sibu, Sarawak, Malaysia pada Selasa, 17 Januari, hingga Minggu, 22 Januari.

Gloria mengatakan penampilannya bersama Tontowi itu butuh penyesuaian aspek nonteknik permainan seperti komunikasi ketika pertandingan.

"Kami sudah berlatih sejak Desember. Kami hanya perlu menghafal kebiasaan masing-masing di lapangan. Saya juga perlu menambah kepercayaan diri," kata Gloria.

Ia mengatakan ingin membuktikan kemampuan permainannya ketika berpasangan dengan Tontowi di Malaysia. "Saya punya target pribadi untuk meraih gelar juara karena sudah mendapatkan kesempatan bermain dengan mas Owi," kata Gloria.

Pasangan Tontowi/Gloria akan menghadapi ganda campuran India, Reddy B. Sumeeth/Ashwini Ponnappa, dalam pertandingan putaran pertama turnamen berhadiah total 120 ribu dolar AS itu pada Rabu, 18 Januari.

Pelatnas PBSI memasangkan Tontowi dengan Gloria menyusul kondisi Liliyana Natsir yang belum siap tampil akibat cedera lutut pada November 2016. Liliyana, atau akrab disapa Butet, tengah menjalani proses pemulihan cedera.

Selain Tontowi/Gloria, pelatnas PBSI juga mengirim pasangan lain pada nomor ganda campuran Malaysia Masters 2017 yaitu Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti. —Rappler.com