Harry Styles bersinar di film perdananya

JAKARTA, Indonesia — Tak sedikit bintang pop yang berusaha memperluas karier mereka ke dunia akting layar lebar. Tapi tidak banyak yang berhasil mencuri perhatian penonton. Tapi berbeda dengan yang dialami Harry Styles.

Personel One Direction ini nampaknya sukses menyuguhkan akting terbaiknya di film perdanya yang pernah dibintanginya berjudul Dunkirk, garapan sutradara Christopher Nolan.

Di film yang ber-budget besar ini, Harry berperan sebagai tentara Inggris yang masih remaja, yang berusaha melarikan diri dari wilayah utara Prancis di tahun 1940, saat tentara Jerman mendorong Sekutunya ke laut.

"Penampilan Harry sangat luar biasa. Dia layak mendapatkan peran itu," kata Christopher Nolan mengomentari akting Harry. Tak hanya Christopher, sejumlah kritikus film pun memuji akting pria berusia 23 tahun ini.

Sebelum memulai debut aktingnya, Harry sempat berlatih bersama kru stuntman sebelum adegan perang yang didasarkan dari peristiwa nyata, di mana 338 ribu tentara Inggris, Prancis dan Kanada dievakuasi usai serangan selama 9 hari yang kemudian dikenal dengan peristiwa Miracle of Dunkirk

Pertaruhan besar

Di film ini, Harry beradu akting dengan beberapa kator besar lainnya seperti Cillian Murphy, Kenneth Branagh dan Mark Rylance. Menurut aktor Jack Lowden yang juga berperan di film ini, Harry bersama aktor pendatang baru lainnya seperti Fionn Whitehead dan Tom Glynn-Carney tampil luar biasa.

"Di lokasi syuting film seperti ini, kamu bisa saja memilih dua tiga orang yang salah dan semua bisa runyam. Tapi Christopher Nolan berani mempertaruhkannya dan ternyata berhasil."

Kata Harry, pengalamannya saat syuting cukup berat. Ditambah lagi, keputusan Christopher Nolan yang tidak mau menggunakan special effect. Semua adegan diambil di lokasi sesungguhnya dengan armada perang asli dari Perang Dunia II. Harry pun sempat mengaku cuaca ekstrim di lokasi syuting menambah berat pengalamannya berakting.

Tentara muda

Harry berperan sebagai Alex, satu dari segerombolan tentara muda yang berjuang bertahan di Dunkirk. "Alex memiliki kekhasan sendiri. Dia lebih keras dari teman-temannya. Dia suka dianggap keras dan tangguh tapi di saat yang sama, dia merasa takut." kata Harry.

Untungnya, Harry yang lahir dan besar di Inggris cukup familiar dengan kisah Dunkirk saat ia masih duduk di bangku sekolah. "Tapi karena sejarah itu tidak terlalu membanggakan Inggris, maka seringkali momen itu terlupakan dan hanya diceritakan sekilas saja."

Christopher Nolan sendiri mengaku tidak mengenal Harry dan kariernya yang cemerlang di dunia musik saat ia mengaudisinya. "Anak-anak saya bicara banyak tentang Harry, tapi aku tidak sadar bahwa dia seterkenal itu. Kami mengaudisi banyak wajah baru dan Harry memang layak mendapatkan peran ini."

—dengan laporan AFP/Rappler.com