Hasil undian grup cabang sepak bola di SEA Games 2017

SEA Games akan dimulai pada 19 Agustus mendatang namun keterangan lebih lanjut mengenai jadwal pertandingan sepak bola belum diumumkan.

Sempat menuai protes

Sebelum disepakati, sistem pengundian yang diterapkan oleh tuan rumah Malaysia, sempat menuai protes dari negara anggota lainnya. Keluhan juga disampaikan tim nasional Indonesia. 

Sebelumnya, dalam aturan yang lama, sebagai tuan rumah Malaysia membebaskan tim nasionalnya untuk memilih penempatan grup sesuai keinginan mereka. Sontak, negara anggota ASEAN langsung melayangkan protes. 

Dewan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) kemudian menyampaikan surat keberatan resmi kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), selaku penanggung jawab turnamen sepak bola di seluruh kawasan Asia termasuk Sea Games. AFC sempat berkonsultasi dengan Komite Olimpiade Malaysia dan diambil keputusan untuk mengubah regulasi pengundian grup sesuai dengan skema yang lazim diterapkan, yaitu mempertimbangkan status tuan rumah dan juara Sea Games 2015. 

Keputusan itu disambut baik oleh pihak Indonesia. 

"Kami menyambut baik dan menghormati keputusan Komite Olimpiade Malaysia. Semoga, itu membuat tidak ada lagi polemik dan pelaksanaan cabang olah raga Sea Games 2017 berjalan baik dan sukses," ujar manajer timnas U-22 Indonesia, Endri Irawan melalui keterangan tertulis pada Selasa kemarin. —Rappler.com